Kita tahu naga (dragons) adalah sesuatu yang sangat penting dalam cerita One Piece. Ryuma pernah membunuh seekor naga – meskipun bukan bagian dari cerita canon One Piece. Ada juga orang/karakter yang mampu berubah menjadi naga dengan menggunakan buah iblis. Tapi, ada apa sebenarnya antara naga dan cerita One Piece? Mengapa naga menjadi sesuatu hal yang penting?

Bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan para kaum bangsawan di Mary Geoise. Para kaum bangsawan keturunan pendiri Pemerintah Dunia, menganggap diri mereka adalah naga, tepatnya naga langit (celestial dragons). Simbol mereka adalah seekor naga. Para kaum bangsawan tersebut memaksa Dr. Vegapunk untuk membuat sebuah naga buatan. Naga buatannya sendiri bisa kita temukan di Punk Hazard.

Dragon No. 13 adalah naga buatan yang berhasil diciptakan oleh Vegapunk setelah puluhan kali dia mencoba untuk membuat naga tersebut. Bahkan, buah iblis buatan Vegapunk yang gagal juga ada kaitannya dengan naga. Pemilihan nama ‘naga langit,’ simbol yang mirip kaki naga, penciptaan naga, dan penciptaan buah iblis naga, menjadi empat poin penting yang menunjukan bahwa kaum naga langit sepertinya memang sangat terobsesi dengan naga.

Sampai saat ini, memang masih belum diketahui secara jelas apa alasan mereka begitu terobsesi dengan naga. Dan obsesi inilah yang kemudian “mempertemukan” Vegapunk dan Pemerintah Dunia dengan Kaido. Dalam chapter 1007 kemarin kita mendapatkan sebuah informasi penting dari anggota CP-0 yang ada di Onigashima, bahwa Kaido sempat menjadi subyek penelitian dari Vegapunk.

Seperti yang kita ketahui, buah iblis merupakan salah satu sumber kekuatan yang banyak dicari oleh orang-orang, termasuk Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Mereka rela melakukan apapun untuk mendapatkan kekuatan dari buah iblis. Eiichiro Oda sendiri masih belum memberikan penjelasan mengenai asal usul dari buah iblis tersebut. Kita tidak tahu darimana asalnya, apakah memang ada pohon yang menghasilkan buah iblis, siapa yang membuatnya, dan masih banyak pertanyaan lainnya mengenai buah iblis ini.

Meskipun begitu, Dr. Vegapunk adalah satu-satunya orang yang diketahui berusaha untuk menciptakan atau meniru kemampuan dari buah iblis. Dia melakukan banyak sekali penelitian tentang hal tersebut. Sampai kemudian suatu hari dia mendapatkan subyek uji coba yang tidak diduga, yaitu Kaido. Geeks mungkin juga sudah mengetahui, bahwa selama hidupnya Kaido pernah ditangkap dan disiksa berkali-kali oleh pihak angkatan laut.

Hal inilah yang memunculkan spekulasi para fans bahwa Dr. Vegapunk kemudian memanfaatkan Kaido sebagai sumber penelitiannya. Vegapunk mencoba mencari tahu darimana asal kekuatannya, dan bagaimana dia bisa mendapatkan hal tersebut. Hasil penelitian tersebut kemudian coba dijadikan sebagai dasar untuk pembuatan buah iblis buatan.

Salah satu anggota CP-0 menjelaskan bahwa Vegapunk dulu menggunakan lineage factor atau DNA milik Kaido untuk membuat buah iblis buatan, yang mana sayangnya hal tersebut gagal untuk dilakukan. Buah iblis buatan tersebut kemudian ditinggalkan begitu saja di Punk Hazard oleh Vegapunk, karena sudah dianggap gagal. Sempat ada diskusi juga di kalangan fans mengenai kegagalan dari Punk Hazard dalam menciptakan buah iblis tersebut.

Kita melihat bagaimana Momonosuke berhasil menjadi “tiruan” dari Kaido setelah dia memakan buah iblisnya. Yang menjadi pertanyaan kemudian mengapa Vegapunk menganggap buah iblisnya gagal? Apa kira-kira yang akan terjadi jika Vegapunk mengatakan bahwa buah iblis buatan tersebut berhasil? Untuk saat ini semuanya masih menjadi misteri.

Yang menarik juga adalah Kaido diperkirakan menjadi subyek penelitian tentang asal usul Oars. Selain tentang buah iblis, Vegapunk juga mencoba mencari tahu tentang asal usul Oars dari sosok Kaido. Memang, ada spekulasi bahwa Kaido memiliki kemiripan atau bahkan bagian dari Oars jika dilihat dari tanduk di kepalanya, yang mirip dengan Little Oars, Jr. dan Oars.

Spekulasi lainnya menyebutkan bahwa sama seperti Chopper, dulu Kaido adalah naga yang kemudian memakan buah iblis sehingga dia berubah menjadi manusia. Sayangnya, untuk penelitian Oars ini, masih belum ada penjelasan dari Oda Sensei. Apakah memang Kaido merupakan bagian dari Oars? Atau justru dia adalah seekor naga yang berubah menjadi manusia? Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan lebih jelasnya di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.