Arc Wanokuni memang menjadi salah satu arc yang besar dalam seri One Piece, dengan banyaknya kejutan yang ditampilkan dalam ceritanya. Mulai dari tentang kisah masa lalu Kozuki Oden sampai pada kisah mengenai asal usul Laugh Tale, menjadi hal yang membuat arc Wanokuni menjadi luar biasa. Dan elemen mengejutkan lainnya adalah ketika dua Yonko membentuk sebuah aliansi.

Seperti yang kita ketahui, Luffy dan para kru Topi Jerami diperlihatkan memiliki masalah dengan dua dari empat kaisar lautan yang ada, Kaido dan Big Mom. Luffy sebelumnya membuat kegaduhan dan kekacauan saat berusaha menyelamatkan Sanji dari tangan Big Mom. Inilah yang membuat Big Mom dendam terhadap Luffy. Luffy kemudian menjalin aliansi dengan Law untuk mengalahkan Kaido, yang sudah membuat Wano menderita.

Big Mom sendiri kemudian pergi ke Wano untuk mengejar Luffy, yang mana justru membuatnya bertemu dan bertarung melawan Kaido. Namun, dengan mereka memiliki tujuan yang sama, akhirnya Kaido menawarkan kerja sama dengan membentuk aliansi bersama Big Mom. Kabar ini membuat semua orang terkejut, bahkan pihak angkatan laut pun melihat potensi bahaya besar dari hal ini.

Read Manga One Piece - Chapter 1011 - Read Manga Online - Manga Catalog №1Dan memang terbukti, mereka berdua menjadi tim yang tidak terkalahkan. Inilah alasan mengapa Kidd meminta untuk memisahkan mereka berdua, agar jauh lebih mudah untuk dihadapi. Namun, chapter 1011 kemarin memperlihatkan bagaimana aliansi mereka mungkin sudah tidak ada lagi. Sebelumnya kita melihat bagaimana Promotheus berhasil menyalamatkan Big Mom yang hampir jatuh ke laut.

Kemudian kita melihat bagaimana Big Mom menciptakan Homies yang baru bernama Hera, yang jauh lebih kuat dan mengerikan. Ini merupakan bagian dari permintaan Promotheus terhadap Big Mom seperti diperlihatkan di chapter 1010, sebagai cara untuk menggantikan Zeus. Serangan dahsyat Big Mom, Fulgora, membuat dirinya sendiri, juga Kidd dan Killer, harus terjatuh ke istana Kaido.

Kidd dan Killer sendiri terjatuh ke lantai 3 sedangkan Big Mom terjatuh ke lantai 2. Di lantai 2 sendiri Big Mom kemudian bertemu dengan Tama, Nami, dan Usopp yang sedang menunggangi Komachiyo dan sedang dikejar-kejar oleh Page One. Disaat Big Mom merasa marah ketika bertemu dengan Usopp dan Nami, namun Big Mom langsung berubah menjadi sosok yang baik ketika Tama menyapanya.

Read Manga One Piece - Chapter 1011 - Read Manga Online - Manga Catalog №1Semua kengerian dan kegilaan dalam diri Big Mom menghilang dihadapan Tama. Sikapnya yang ramah justru mendominasi Big Mom saat itu. Menurut Promotheus, hal itu disebut sebagai “Mother Mode,” sebuah “sistem” dalam tubuh Big Mom yang hanya akan muncul ketika dia bertemu dengan anak kecil di bawah 10 tahun. Big Mom kemudian mengucapkan terima kasih karena sudah membantunya ketika dia kehilangan ingatannya di Okobore Town.

Sayangnya, Tama kemudian mengatakan bahwa Okobore Town sudah tidak ada lagi semenjak wilayah tersebut diserang dan dibakar oleh anak buah Kaido. Mendengar hal itu, Big Mom marah besar dan kembali menjadi sosok mengerikan. Dia marah terhadap anak buah Kaido yang sudah menghancurkan tempat tinggal orang-orang yang sudah menolongnya.

Pada saat itu, Page One meminta Big Mom untuk menangkap Tama dan yang lain. Namun, Big Mom justru menyerang Page One, sambil mengatakan bahwa di dunia bajak laut pun masih ada yang namanya balas budi atau prinsip kehormatan. Di panel terakhir diperlihatkan bagaimana Ulti hanya bisa terdiam melihat kengerian yang dilakukan oleh Big Mom tersebut.

Hal ini memunculkan sebuah spekulasi bahwa bisa jadi aliansi yang terbangun diantara Kaido dan Big Mom akan hancur atau batal. Memang, anak buah Kaido yang melakukan perusakan dan pembakaran wilayah Okobore Town. Namun, Big Mom sendiri meyakini bahwa itu mungkin adalah perintah dari Kaido. Inilah yang kemudian membuat Big Mom berpikir ulang mengenai aliansinya.

Masih belum diketahui apakah ini juga artinya Big Mom akan “berkhianat” dari Kaido, megingat Kaido sendiri sudah mengetahui apa maksud dan tujuan dari Big Mom. Tergantung dari bagaimana perkembangan ceritanya nanti, bisa jadi ini akan menjadi pertarungan antara Luffy vs. Kaido vs. Big Mom. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.