Dikenal sebagai raja korup, Avalo Pizzaro yang berasal dari South Blue ini merupakan kapten dari kapal keempat kelompok bajak laut Blackbeard. Sebelum bergabung dengan Blackbeard, dia sempat dikurung di penjara Impel Down level 6, seperti beberapa kru lainnya seperti Sanjuan Wolf. Itu artinya, kehadiran Pizzaro sudah tidak lagi diinginkan oleh angkatan laut dan Pemerintah Dunia karena dia dianggap sebagai ancaman serius.

Memang, tidak dijelaskan secara spesifik apa yang membuat sosok Avalo Pizzaro kemudian dikurung di penjara Impel Down level 6, yang artinya pihak Pemerintah Dunia tidak menginginkan keberadaannya dan ingin dia dihapus dari sejarah. Namun, bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan julukan sebagai raja korup ketika dia masih berkuasa dulu.

Ada beberapa teori mengenai masa lalu Avalo sebagai penguasa. Pertama, dia merupakan penguasa di sebuah kerajaan di wilayah North Blue. Avalo kemudian bertindak sewenang-wenang dan menggunakan semua hal dan kelebihan yang dia miliki untuk kebutuhan pribadinya, alias dia gunakan untuk keperluannya sendiri. Dan hal ini menjadi alasan mengapa para penduduk atau rakyatnya kemudian menggulingkan Avalo dan menyerahkannya kepada Pemerintah Dunia dan angkatan laut.

user uploaded imageTeori yang kedua adalah Avalo dulunya adalah pemimpin di wilayah Zou. Avalo memiliki penampilan seperti halnya binatang, khususnya kucing. Hal ini diketahui dari apa yang dia ucapkan di hampir seiap kalimat yang dia ucapkan. Di setiap akhir kalimat, Avalo selalu menambahkan kata “nyan” yang berarti mengeong dalam bahasa Jepang. Hal ini juga diucapkan oleh Nekomamushi.

Namun, karena sikapnya yang sewenang-wenang, akhirnya Avalo berusaha untuk digulingkan. Para penduduk Zou kemudian meminta bantuan Pasukan Revolusi untuk mengkudeta Avalo, dan akhirnya rencana tersebut berhasil dan kemudian dia pun dipenjara di Impel Down. Berada di level 6 dan mampu menjadi bagian dari kru Blackbeard, memberikan petunjuk bahwa dia adalah sosok yang kuat.

Sayangnya, sejauh ini Oda masih belum memperlihatkan bagaimana dia bertarung dan seberapa kuat kemampuan Avalo. Satu-satunya momen yang memperlihatkan kemampuan Avalo adalah ketika di peristiwa Marineford dia mampu menahan serangan Gura Gura milik Whitebeard. Hal ini memberikan petunjuk bahwa Avalo memiliki kekuatan dahsyat. Tapi, apakah kekuatannya sekuat Yonko? Mungkin tidak.

user uploaded imageBagaimana dengan kekuatan buah iblis? Seperti halnya kekuatannya yang lain, masih belum diketahui apakah Avalo Pizzaro memiliki kemampuan buah iblis atau tidak. Dan sayangnya, sampai sejauh ini tidak ada hal sekecil apapun yang bisa menjadi petunjuk. Namun, terdapat teori yang menyebutkan bahwa Pizzaro mungkin akan (atau sudah) memiliki buah iblis bertipe Zoan.

Melihat sosoknya yang mirip dengan kucing dan juga titelnya sebagai “raja korup” menjadi petunjuk bahwa mungkin Avalo akan memiliki buah iblis Zoan berwujud singa. Sama seperti halnya Zoan milik Rob Lucci, Zoan singa milik Avalo juga akan sangat mengerikan, brutal, dan cepat. Sejauh ini, kelompok Blackbeard memang masih penuh misteri. Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan menghadirkan penjelasan mengenai kekuatan Avalo dan yang lain sebelum cerita One Piece selesai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.