Kemunculan klan Otsutsuki menjelang akhir series Naruto, membuat banyak kemungkinan baru yang bisa terjadi dimana series sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, sejauh ini sudah cukup berhasil mengeksplor hal tersebut. Salah satu kekuatan dalam ceritanya yang cukup banyak menarik perhatian adalah sebuah tanda yang disebut sebagai Karma.

Karma sendiri saat ini sudah menjadi pusat cerita di series Boruto, dengan adanya beberapa karakter yang memiliki tanda ini, salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto. Karma memang memberikan kekuatan kepada mereka yang memilikinya, tapi itu sebenarnya adalah sebuah parasit yang mana tubuh mereka bisa diambil alih kapan saja. Dan sepertinya Orochimaru bisa menjadi kunci untuk menghilangkan segel Karma tersebut.

Seperti yang diperlihatkan di chapter 56 kemarin, Kawaki dan Boruto sekarang sudah mulai memahami sedikit banyaknya tentang Karma. Hal tersebut karena mereka bertemu langsung dengan sosok Momoshiki dan mendapatkan sedikit penjelasan dari hal tersebut. Belum lagi Kawaki mendapatkan penjelasan dari Amado tentang Karma.

mangaread.org

Di chapter tersebut, Kawaki menjelaskan kepada Boruto tentang adanya proses ritual pemberian segel Karma kepada banyak anak-anak. Mereka semua diperlihatkan dibungkus di dalam sebuah kantung plastik, dan Karma pun mulai dimasukan ke tubuh mereka. Dari sekian banyak anak, hanya mereka yang cocok dengan segel Karma yang bisa bertahan. Kawaki adalah salah satu diantaranya.

Namun, selain Kawaki, ternyata ada sosok lainnya yang diceritakan berhasil selamat yaitu Code. Memang, Code tidak berhasil menjadi wadah bagi Isshiki, namun dia tetap memiliki kekuatan dari Karma. Inilah yang kemudian menjadi rencana besar dan berbahaya milik Kawaki untuk menghilangkan segel Karma yang ada di tubuh Boruto.

Apakah segel Karma bisa dihilangkan? Pertanyaan tersebut memang masih belum diketahui jawabannya, karena sampai sejauh ini baru Kawaki yang berhasil menghilangkan segelnya, itupun karena Karma dalam tubuh Kawaki digunakan untuk reinkarnasi Isshiki. Tapi, ada kemungkinan bahwa segel Karma bisa dihilangkan dan butuh orang lain untuk bisa melakukannya. Dan Kawaki sendiri berencana menggunakan tubuh Code sebagai wadah bagi Boruto.

Comicbook.com

Jika kemudian rencana ini berjalan, Kawaki dan Boruto rasanya butuh bantuan dari pihak lain. Dan dalam hal ini tidak ada sosok yang lebih mengenal berbagai segel selain Orochimaru. Orochimaru memang dulu adalah villain dari Konoha. Bahkan, dia hampir berhasil menghancurkan Konoha dan membunuh Sarutobi.

Namun, Orochimaru kemudian berubah dimana dia menjadi sosok yang baik. Naruto memang belum mempercayai Orochimaru menjadi baik 100% tapi, dia menyambut perubahan sikap tersebut dengan mengizinkan Orochimaru tinggal di sekitar Konoha dan membiarkan Mitsuki masuk akademi ninja Konoha.

Orochimaru merupakan sosok yang memberikan segel kutukan kepada Sasuke dulu. Dan berdasarkan informasi yang ada, segel kutukan memiliki konsep yang sama dengan segel Karma milik Otsutsuki. Dengan teknologi dan pengetahuan yang dia miliki, Orochimaru rasanya bisa berusaha untuk menghilangkan segel Karma dari tubuh Boruto sebelum terlambat.

Wattpad.com

Mungkin Orochimaru tidak akan bekerja sendiri. Bisa jadi, mantan ilmuwan Kara, Amado, juga akan membantu Orochimaru untuk menjalankan misi tersebut. Lagipula, peran penting dari Orochimaru terhadap serangan Otsutsuki sudah pernah disebutkan oleh Shikamaru dalam anime Boruto episode 72, dimana menurut Shikamaru, Orochimaru melakukan penelitian terhadap klan Otsutsuki.

Kesimpulannya, Dengan Orochimaru yang sudah sejak lama melakukan riset tentang Otsutsuki, maka ada kemungkinan juga dia melakukan riset tentang Karma. Kita memang tidak pernah tahu sudah sejauh mana penelitian Orochimaru tersebut, namun jika ada peluang meskipun kecil tentunya harus kita manfaatkan. Orochimaru mungkin dulu adalah musuh Konoha, tapi sekarang dia adalah harapan bagi Konoha (dan dunia shinobi).

Naruto, Shikamaru, Sasuke, dan yang lain mungkin tidak akan setuju dengan rencana tersebut dan menganggap rencana tersebut sebagai rencana yang gila. Namun, Boruto sama keras kepalanya seperti sang ayah. Artinya, mungkin Boruto akan bergerak sendiri bersama Kawaki untuk menghilangkan segel Karma tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.