Seri manga Boruto: Naruto Next Generation saat ini sudah selesai dengan arc Isshiki Otsutsuki yang banyak membuat fans tegang dan bersedih. Para fans sendiri kini bersiap untuk sesuatu yang akan datang selanjutnya. Pertarungan melawan Isshiki sendiri menyebabkan Naruto dan Sasuke harus kehilangan sumber kekuatan mereka, yaitu Kurama dan Rinnegan, yang mana hal ini membuat Konoha menjadi sangat terbuka untuk diserang.

Setelah berhasil pulang dari pertarungan yang melelahkan, Kawaki dan Boruto akhirnya kembali bertemu dan berbincang. Mereka berdua menyadari bahwa ancaman masih belum akan berhenti datang setelah kematian Isshiki. Keduanya bahkan merasa perlu untuk meningkatkan kekuatan mereka agar menjadi lebih kuat, demi melindungi Konoha dari serangan Otsutsuki lain ataupun serangan lainnya.

Boruto sendiri menyadari bahwa Konoha sekarang rentan diserang setelah sang ayah harus kehilangan kekuatan terbesarnya, yang membuatnya tidak bisa lagi menjaga Konoha secara maksimal. Namun, yang menjadi masalah besar bagi Boruto kemudian adalah dia masih memiliki tanda Karma di tubuhnya – yang merupakan segel Karma dari Momoshiki.

mangaread.org

Mengetahui hal ini, Kawaki sendiri melontarkan sebuah rencana yang besar dan berbahaya. Seperti diceritakan di chapter 56 kemarin, segel Karma Boruto tersebut sangat berbahaya jika kemudian dia lepas kendali – seperti yang terjadi kepada Sasuke. Berdasarkan hal tersebut, akhirnya Team 7 untuk sementara diistirahatkan. Itulah keputusan yang dibuat oleh Shikamaru.

Berbicara mengena segel Karma, Kawaki sendiri memiliki rencana untuk menolong Boruto lepas dari segel Karma miliknya. Menurut Kawaki, Boruto mungkin bisa lepas dari segel Karma dengan membuat wadahnya sendiri. Kawaki dan Boruto berteori bahwa dengan adanya segel Karma di dalam diri mereka, membuat mereka mampu melakukan apa yang biasa dilakukan oleh para Otsutsuki, termasuk membuat tanda Karma terhadap “wadah” mereka sendiri.

Dengan begitu, mereka kemudian bisa tumbuh di tubuh yang baru. Simpelnya, semua itu adalah pertukaran tubuh: Momoshiki akan mengambil ali tubuh Boruto dan Boruto sendiri akan kehilangan kesadarannya, tapi Boruto sendiri akan mampu muncul di tubuh yang lain seperti halnya para Otsutsuki lainnya. Pertanyaannya kemudian bagaimana mereka menemukan sosok yang cocok untuk menjadi wadah bagi segel Karma?

mangaread.org

Kawaki memiliki jawaban untuk hal ini. Sosok tersebut adalah Code, Inner Kara terkahir dan juga rencana cadangan dari Isshiki. Dia adalah wadah Isshiki yang tidak sempurna, berbeda dengan Kawaki. Berdasarkan penuturan Kawaki, dia dan Code dulunya sama-sama pernah menjalani ritual Karma oleh Isshiki. Dari sejumlah anak, hanya dia dan Code yang selamat.

Meskipun selamat, Code tidak bisa menjadi wadah sempurna bagi segel Isshiki Otsutsuki. Hanya Kawaki yang kemudian terpilih. Tapi, walaupun Code bukanlah wadah sempurna, ritual tersebut membuat kekuatan Code meningkat tajam. Bahkan, disebutkan bahwa Code adalah cyborg yang sangat kuat dan mengerikan. Menurut Kawaki, dia adalah lawan yang tidak ingin dihadapi oleh Boruto.

Masih belum diketahui apakah rencana atau strategi tersebut bisa berhasil, karena seperti yang dijelaskan oleh Amado, masih ada banyak hal yang belum diketahui tentang Karma. Namun, rencana Kawaki ini tentunya tidak bisa dianggap sebelah mata. Bukan tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana Boruto dan Kawaki akan melakukannya.

Pertanyaan lainnya adalah apakah Code akan dengan sukarela melakukannya? Atau justru Code akan menolak karena tidak mau menjadi wadah Otsutsuki lain? Code sendiri memiliki misi besar saat ini, seperti menangkap Boruto dan Kawaki. Sehingga mungkin dia menolak tawaran itu. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi dengan rencana ini, dan bagaimana kemudian mereka berdua akan mewujudkan rencana tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.