Sosok Kaguya Otsutsuki mungkin sudah tidak asing di telinga para fans Naruto. Dia adalah sosok Otsutsuki yang dihadapi oleh para shinobi di seluruh dunia, dalam perang besar shinobi keempat. Kaguya sendiri pada saat itu berniat untuk membuat dunia berada dalam genggamannya, dan membuat semua manusia tewas. Beruntung, trio dari Team 7 berhasil menghentikannya.

Kaguya sendiri sebelumnya sempat disegel oleh kedua anaknya, Hamura dan Hagoromo, karena dianggap membahayakan bumi dan manusia. Mereka menyegel sang ibu dengan menggunakan chibaku tensei, dan kemudian memindahkannya ke dimensi lain. Namun, dengan menggunakan jasa Zetsu dan tubuh Madara, akhirnya Kaguya berhasil kembali muncul, sebelum Team 7 kembali berhasil menyegelnya.

Meskipun sosok Kaguya sekarang sudah tidak lagi menjadi sorotan utama dengan adanya sosok Otsutsuki lain, seperti Isshiki, namun para fans sendiri masih menganggap sosok Kaguya relevan dengan situasi sekarang di seri Boruto: Naruto Next Generation. Terdapat sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa Kaguya mungkin bisa menjadi tambahan kekuatan untuk menghadapi ancaman baru yang lebih kuat.

CBR.com

Seperti yang kita ketahui, Isshiki pada akhinya berhasil dikalahkan setelah sebelumnya dia menjadi ancaman yang berbahaya dan serius bagi dunia shinobi. Sayangnya, kematian Isshiki harus dibayar dengan mahal. Sasuke harus kehilangan Rinnegannya dan Naruto harus kehilangan Kurama. Dengan kata lain, kekuatan dari shinobi Konoha – dan khususnya dunia shinobi – berkurang sangat banyak.

Pemiliki segel Karma, seperti Boruto dan Kawaki, mungkin memang bisa membantu. Namun, mereka masih belum bisa mengendalikannya. Mereka masih terlalu muda juga untuk bisa mengendalikan Karma dalam diri mereka. Maka, Naruto dan juga seluruh shinobi lainnya membutuhkan bantuan kekuatan. Selain bantuan dari shinobi desa lain, bantuan yang diperkirakan bisa berguna adalah bantuan dari Kaguya Otsutsuki.

Dalam chapter 55 diperlihatkan bahwa dunia shinobi kini menghadapi ancaman baru yaitu Code, Inner Kara terakhir yang dianggap spesial. Bukan tanpa sebab, kekuatannya disebut-sebut sangat luar biasa. Dia berhasil bertahan hidup dari ritual Karma, yang mana biasanya membuat manusia normal akan tewas. Memang, masih belum diketahui seberapa besar level kekuatan dari Code.

Manhuanelo.com

Lalu, mengapa Kaguya? Bukankah Kaguya pernah menjadi musuh bagi para shinobi? Memang, Kaguya pernah menyerang bumi dan para shinobi, tapi itu bukanlah alasan dia menyerang bumi. Seperti diperlihatkan dalam cerita, Kaguya menyerang bumi karena dia muak dengan sifat manusia yang selalu saling membenci dan berusaha saling membunuh satu sama lain.

Kaguya sebenarnya sangat mencintai bumi. Itulah mengapa dulu dia berbagi chakra miliknya dengan manusia. Dia bahkan merasakan jatuh cinta dan memiliki anak. Otsutsuki yang lain hanya memikirkan bagaimana caranya bisa memusnahkan semua manusia dan memberikannya kepada pohon suci dan Jyuubi.

Meskipun Kaguya sempat menganggap keinginan dari Naruto untuk menciptakan perdamaian di bumi sangat naif, namun pada akhirnya semua bangsa bersatu, saling membantu untuk tumbuh dan berkembang, yang mana itu sebenarnya adalah impiannya sedari dulu. Kaguya mungkin bisa melihat apa yang sudah dilakukan Naruto, pasca dia mengalahkannya. Dan kembali, jika Naruto yang berbicara atau yang melakukannya, mungkin Kaguya akan mau membantu mereka melawan ancaman yang ada.

Cultture.com

Kaguya tidak pernah suka dengan klan Otsutsuki, dan Naruto dan Sasuke bisa manfaatkan itu untuk membantu menjaga planet ini. Dengan kekuatan yang dimiliki Naruto dan Sasuke, serta adanya segel Karma yang membuat seorang Otsutsuki untuk bisa bangkit kembali, ada banyak cara yang bisa dieksplor serinya unttuk bisa membangkitkan kembali Kaguya dan menebus kesalahannya.

Kaguya merupakan seorang villain yang sangat tragis dimana dia tidak tahan dan sangat membenci rasa permusuhan dan juga kebencian yang ada di dalam diri manusia. Namun, dengan generasi Boruto yang juga ikut berjuang, rasanya cukup untuk meyakinkan Kaguya bahwa manusia sekarang sudah tidak seperti dulu, dan juga Karma menjadi bukti bahwa klan Otsutsuki memang jahat. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Kaguya memang akan bangkit kembali dan membantu Naruto. (Featured Image: wall.alphacoders.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.