Negara Wano atau Wanokuni merupakan setting utama dari arc Wano yang sedang berjalan saat ini dalam manga One Piece. Wano merupakan wilayah yang unik, karena mereka sangat tertutup dari dunia luar. Hampir tidak ada akses informasi dari luar menuju Wano ataupun dari Wano menuju luar. Semua itu dikarenakan posisi Wano yang berada di atas sebuah air terjun yang sangat deras arusnya.

Karena Wano adalah negara tertutup, maka kebudayaan serta hampir semua kehidupan disana sangat tradisional. Di wilayah tersebut samurai, ninja, dan sebagainya masih aktif dan masih ada. Jumlah mereka juga sangat banyak. Alasan mengapa Wano ditutup, seperti dijelaskan dalam ceritanya, adalah karena perbatasan mereka ditutup demi menyambut kekuatan besar. Tepatnya adalah penerus dari Joy Boy.

Karena wilayah ini tertutup dan juga informasi tentang wilayah tersebut sangatlah minim, tidak banyak yang diketahui tentang Wano khususnya kekuatan mereka. Inilah yang menjadi alasan mengapa Sakazuki melarang angkatan laut untuk pergi ke Wano. Seperti yang dia katakan, mereka tidak tahu sekuat apa para samurai, berapa jumlah mereka, dan sebagainya.

Twitter.com

Meskipun begitu, mereka sendiri mengakui bahwa para samurai di Wano sangatlah kuat. Dan hal tersebut dibuktikan di chapter 1007 kemarin. Sebelumnya, di chapter 1006 diperlihatkan bahwa hampir semua samurai yang menjadi bagian dari aliansi Luffy panik karena Chopper masih belum berhasil meracik obat penawar untuk virus Ice Demon.

Diantara para samurai yang panik tersebut, hanya ada satu orang yang masih tetap tenang. Dia adalah Hyogoro sang bunga (Hyogoro the flower). Hyogoro menjadi bukti bagaimana kekuatan samurai Wano yang sebenarnya. Dia berhasil menahan efek dari virus Ice Demon dengan mengendalikan dirinya untuk tetap berpikir positif dan tenang.

Belum lagi, Hyogoro harus melawan serangan dari musuh. Tepatnya dia harus mendapatkan serangan dari samurai kelompok Mimawarigumi, yang merupakan bagian dari kelompok bawahan Orochi. Di chapter 1006 diperlihatkan bagaimana sosok Hyogoro, yang tadinya bertubuh kecil, kemudian berubah menjadi besar dan sangat kuat.

ibb.com

Hyogoro mampu menghancurkan semua pasukan Mimawarigumi dengan sangat mudah. Semuanya nampak tidak berdaya. Di chapter 1007 kemudian kita melihat efek dari kekuatan Hyogoro. Kita melihat ekspresi dari Apoo yang takjub sekaligus ketakutan melihat kekuatan dari Hyogoro. Dia juga kaget karena Hyogoro mampu menahan efek Ice Demon.

Tapi, yang menarik adalah pernyataan dari X-Drake. Drake menyatakan bahwa, “akhirnya aku tahu mengapa seluruh dunia sangat menakuti Wano.” Itu artinya reputasi Wano – dan para samurainya – sudah diperhitungkan sejak lama. Hanya saja, karena tidak banyak penduduk Wano yang keluar dari wilayahnya, semua cerita tersebut menjadi seolah terdengar seperti dongeng.

Namun pada akhirnya Drake membuktikan bahwa reputasi tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Para samurai Wano memanglah sangat kuat dengan kemampuan mereka. Kozuki Oden, Hyogoro, dan Red Scabbards menjadi bukti bahwa para samurai Wano adalah kekuatan yang patut diperhitungkan. (Featured Image: pinterest.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.