Bajak laut Kaido dikenal sebagai salah satu kelompok bajak laut terkuat dalam cerita One Piece. Jumlah armada mereka mencapai lebih dari 30.000 orang, yang terdiri dari beberapa kelompok atau divisi. Contohnya adalah waiters, gifters, pleasures, Flying Six, dan terakhir adalah All-Stars. All-Stars sendiri adalah tangan kanan langsung dari Kaido, yang berjumlah tiga orang.

Mereka adalah King, Queen, dan Jack. Ketiga karakter tersebut juga adalah yang terkuat di kelompok Beasts, di bawah Kaido. Dan diantara mereka bertiga, King disebut-sebut sebagai yang terkuat, yang kemudian disusul oleh Queen, dan Jack. Sejauh ini kita masih belum melihat bagaimana kekuatan King dan Queen yang sebenarnya. Namun, benarkah kemudian Queen jauh lebih baik dari Jack?

Worstgen.alwaysdata.net

Jika dilihat secara sekilas, mungkin Queen memang lebih superior dibandingkan Jack, khususnya dalam hal kecerdasan. Queen dikenal sebagai ilmuwan paling cerdas di kelompok Beasts. Sedangkan Jack lebih mengandalkan kekuatan fisiknya. Meskipun begitu, di chapter 1007 kemarin kita melihat bagaimana Queen sudah “gagal” sebagai salah satu kru terkuat Kaido. Bahkan, bisa dibilang Jack lebih baik dari Queen.

Dalam penyerangan ke Onigashima yang terjadi sekarang, Queen bukan hanya sukses menginfeksi anak buahnya sendiri dengan virus yang dia ciptakan, Ice Demon. Queen juga harus kehilangan satu-satunya obat penawar dari virus tersebut, dimana Zoro berhasil mendapatkan penawarnya untuk diperbanyak oleh Chopper. Dan puncaknya adalah semua bawahan dari Queen sekarang tidak lagi mau membela Queen setelah apa yang terjadi.

Seperti diperlihatkan di chapternya, setelah Chopper menyembuhkan semua orang – termasuk anak buah Kaido – mereka pun akhirnya berpindah pihak. Dan hal ini bisa dimanfaatkan oleh aliansi Luffy untuk terus menambah keuntungan dari jumlah pasukan. Bagaimana dengan Jack? Jack mungkin tidak lebih kuat atau cerdas dari Queen, namun dia yang lebih mampu berpikir rasional.

Gamek.vn

Jack mampu secara tepat menyimpulkan bahwa suku Minks berbohong dan melindungi Raizo. Jack juga percaya kepada Kanjuro, pada tahapan dimana Queen tidak akan pernah bisa lakukan. Jack percaya terhadap informasi yang disampaikan. Dia juga tahu seberapa penting sosok Doflamingo, sehingga dia membatalkan misi mencari Raizo tanpa penolakan, dan menggeser prioritasnya untuk menyerang pasukan angkatan laut.

Jack menduga bahwa Minks masih hidup di Zou dan mungkin sudah sembuh, tapi tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk bertarung, sehingga dia lebih memutuskan untuk menghancurkan pulaunya. Dan pada saat itu, apa yang dilakukan Jack merupakan sesuatu yang “aman” mengingat Zou tidak akan mampu untuk menyerang balik. Ada satu hal yang sangat kontras antara Jack dan Queen.

Meskipun dia adalah sosok yang brutal, Jack sering kali menunjukan rasa hormatnya terhadap orang-orang yang ada di bawahnya. Dia mau menerima saran dari Hawkins dan bawahannya yang lain, ketika mencoba untuk menenangkan Kaido yang sedang mabk di Wano. Jack bahkan mendengarkan dengan baik saran dari Hawkins, meskipun secara peringkat Hawkins ada di bawahnya.

Pinterest.com

Dan ketika Jack lapor kepada King dan Queen tentang kegagalannya untuk menyelamatkan Doflamingo, dia secara resmi meminta maaf meskipun King dan Queen merendahkannya. Jack memang senang dengan kekerasan, tapi dia tahu bagaimana harus bertindak. Ketika Kaido mabuk dan mulai menghancurkan wilayah Kuri, Jack benar-benar ketakutan.

Meskipun bawahannya mengatakan kepada Jack untuk lari, Jack justru berpikir untuk mencari cara menghentikan Kaido. Alasannya adalah karena para penduduk Kuri adalah aset bagi pabrik senjata mereka. Dan apa yang dilakukan oleh Kaido tentunya akan membuat rugi mereka sendiri. Ketika penyerangan ke Onigashima terjadi, Jack langsung pergi ke posisi dimana Kaido berada.

Berbeda dengan King dan Queen yang sibuk di lantai bawah, dan hanya memperhatikan sekitar, melihat situasi yang terjadi. Jack adalah satu-satunya anggota dari pangkat tertinggi yang langsung melindungi Kaido dan juga melindungi Kaido. Jack bahkan kembali harus menghadapi para suku Minks dengan form Sulongnya. Kaido mengakui kekuatan dan kegigihan dari Jack.

Jack bahkan menyadari bahwa Red Scabbards dan Momonosuke adalah poin moral yang penting bagi musuh, dan keduanya berada dalam posisi yang terbuka, dan karena itulah dia akan memaksimalkan hal tersebut. Jack mungkin tidak selalu berhasil, tapi setidaknya dia selalu berusaha untuk melakukan apa yang benar. Jadi, wajar jika Jack sebenarnya jauh lebih baik dibanding Queen. (Featured image: Amanomon@Deviantart)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.