Chapter terbaru dari One Piece konfirmasi teori yang berkembang di kalangan para fans mengenai buah iblis buatan milik Momonosuke. Dan dalam chapter terbaru tersebut juga, kita mendapatkan konfirmasi bahwa Kaido merupakan sumber dari semuanya. Seperti yang kita ketahui, buah iblis merupakan salah satu sumber kekuatan yang banyak dicari oleh orang-orang.

Mereka rela melakukan apapun untuk mendapatkan kekuatan dari buah iblis. Namun, Eiichiro Oda sendiri masih belum memberikan penjelasan mengenai asal usul dari buah iblis tersebut. Kita tidak tahu darimana asalnya, apakah memang ada pohon yang menghasilkan buah iblis, siapa yang membuatnya, dan masih banyak pertanyaan lainnya mengenai buah iblis ini.

Salah satu karakter dalam ceritanya, Dr. Vegapunk, berusaha untuk menjawab hal tersebut. Karakter paling cerdas di dunia itu mencoba untuk mencari tahu lebih dalam tentang buah iblis. Dia melakukan banyak sekali penelitian tentang hal tersebut. Sampai kemudian suatu hari dia mendapatkan subyek uji coba yang tidak diduga, yaitu Kaido.

Discoverdiary.com

Geeks mungkin juga sudah mengetahui, bahwa selama hidupnya Kaido pernah ditangkap dan disiksa berkali-kali oleh pihak angkatan laut. Hal inilah yang memunculkan spekulasi para fans bahwa Dr. Vegapunk kemudian memanfaatkan Kaido sebagai sumber penelitiannya. Vegapunk mencoba mencari tahu darimana asal kekuatannya, dan bagaimana dia bisa mendapatkan hal tersebut.  Hasil penelitian tersebut kemudian coba dijadikan sebagai dasar untuk pembuatan buah iblis buatan.

Para fans sebenarnya sudah lama berspekulasi mengenai adanya koneksi antara Kaido dan juga buah iblis buatan Momonosuke. Buah iblis tersebut membuat Momonosuke memiliki bentuk naga yang mirip dengan bentuk dari naga Kaido. Hanya saja naga Momonosuke berwarna merah muda, sedangkan Kaido berwarna biru. Penelitiannya sendiri terjadi di Punk Hazard.

Neverwatchedonepiece.tumblr.com

Kita tahu bahwa Punk Hazard dulunya adalah sebuah tempat milik Pemerintah Dunia untuk melakukan berbagai eksperimen berbahaya, melakukan riset, atau bahkan menjadi tempat untuk menahan dan menyiksa para bajak laut yang berhasil mereka tangkap secara rahasia. Dan kita juga tahu bahwa Kaido dulu pernah ditangkap oleh angkatan laut, disiksa, dan dieksekusi. Namun, semua upaya itu tidak pernah berhasil membunuh Kaido.

Kemudian, muncul spekulasi lainnya bahwa Vegapunk menciptakan buah iblis naga buatan dengan memanfaatkan faktor garis keturunan (lineage factor) alias DNA, sesuatu yang sudah lama dia lakukan dalam risetnya bersama Vinsmoke Judge. Vegapunk kemungkinan melakukan ekstraksi DNA milik Kaido, untuk kemudian menjadi dasar dari terciptanya buah iblis SMILE yang dimakan oleh Momonosuke.

Mangascouts.blogspot.com

Di chapter 1007 kemarin, kita akhirnya mendapatkan konfirmasi mengenai hal itu. Dalam chapternya, kita melihat anggota CPO-0 mulai bercerita tentang masa lalu kaido. Dan salah satu anggota CP-0 menjelaskan bahwa Vegapunk dulu menggunakan lineage factor atau DNA milik Kaido ntuk membuat buah iblis buatan, yang mana sayangnya hal tersebut gagal untuk dilakukan.

Buah iblis buatan tersebut kemudian ditinggalkan begitu saja di Punk Hazard oleh Vegapunk, karena sudah dianggap gagal. Namun, kemudian Punk Hazard mulai ditinggalkan semenjak ada ledakan besar, yang membuat semua penghuninya harus pindah dari sana. Ini juga seolah menjadi sebuah konfirmasi bahwa buah iblis memang bisa dibuat oleh manusia – atau setidaknya menirukan kekuatannya.

Dan berdasarkan penjelasan ini pula, bisa ditarik kesimpulan bahwa DNA memiliki peran penting untuk membuat buah iblis buatan. Apakah artinya semua buah iblis yang ada juga berasal dari DNA seseorang? Darimana sebenarnya asal usul kekuatan buah iblis? Semua pertanyaan tersebut saat ini masih menjadi misteri besar. Kita nantikan saja penjelasan dari Oda Sensei mengenai hal ini di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.