Meskipun pada awalnya Kawaki diperkenalkan sebagai seorang villain yang menghancurkan Konoha, seri Boruto sudah merubah semua situasi dan kondisi tersebut secara drastis semenjak Kawaki mulai diadopsi oleh Naruto dan juga Konoha. Kawaki bukan lagi sosok jahat yang mengancam Konoha – meskipun Shikamaru masih menaruh curiga terhadapnya – tetap dia sekarang adalah saudara bagi Boruto.

Kawaki juga sekarang sudah berubah menjadi sosok yang sangat mengidolakan Naruto dan memandang Naruto sebagai penyelamatnya. Hal ini tentunya memunculkan pertanyaan besar, bagaimana kemudian dia bisa kembali menjadi jahat di masa yang akan datang, bertarung melawan Boruto dan menghancurkan Konoha. Apalagi, sekarang Isshiki Otsutsuki sudah tewas.

Yang menarik adalah meskipun cerita di manganya masih cukup jauh untuk mengungkapkan fakta dibalik hal tersebut, ceritanya sendiri menghadirkan sebuah aspek besar dari rivalitas Naruto dan Sasuke seperti diperlihatkan di chapter 55 kemarin. Hal tersebut tentunya semakin membuat penasaran para fans, bagaimana bisa kemudian Kawaki berubah menjadi sosok jahat di masa depan.

Manganelo.io

Di akhir chapter 55, Kawaki menjelaskan kepada Boruto yang ketakutan untuk menggunakan segel Karmanya, bahwa dia akan selalu berada disamping Boruto. Dia akan membantu Boruto untuk menghilangkan segel Karma yang ada di dalam tubuhnya. Pernyataan tersebut seolah membalikan apa yang selama ini diperkirakan oleh para fans tentang Kawaki.

Chapter 55 sepertinya menjadi titik perubahan besar dalam diri Kawaki, yang asalnya dia merupakan karakter jahat dan diperkirakan akan menjadi villain yang ditakuti, justru sekarang dia menjadi seorang pahlawan, sosok yang sama dengan Naruto ketika dia berada di usianya. Seperti yang kita ketahui, Naruto sejak dahulu selalu berusaha untuk menyembuhkan dan mengembalikan Sasuke, tidak peduli apapun yang terjadi.

Yang unik adalah ketika Kawaki banyak diprediksi mengisi peran Sasuke di seri Boruto, namun dia justru memperlihatkan sebaliknya. Kawaki justru terlihat seperti Naruto, sedangkan Boruto yang justru sekarang menjadi sosok “Sasuke” dimana dia selalu berusaha untuk mengendalikan dan memahami kekuatan besar dan gelap yang ada di dalam tubuhnya. Boruto sendiri senang dengan tawaran dari Kawaki, yang mana hal ini tidak terjadi kepada Sasuke saat Naruto berusaha menyelamatkannya.

Twitter.com

Mendengar bagaimana Kawaki begitu gigih untuk menemani dan membantunya melewati semua membuat Boruto pun mengatakan hal yang sama kepada Kawaki. Ketika mereka tiba di Konoha, Boruto sempat mengatakan bahwa selama dia berada di samping Kawaki, dia merasa bisa melakukan segalanya. Dengan semua hal yang terjadi antara Kawaki dan Boruto, hal itu seolah mengingatkan kita bahwa selalu ada harapan untuk merubah semuanya.

Keberadaan Naruto dan Sasuke diantara mereka juga seolah memang sengaja dihadirkan oleh Masashi Kishimoto, agar para fans melihat persamaan dua generasi shinobi yang berbeda, dengan cerita yang sama. Apa yang terjadi kepada Boruto dan Kawaki seolah menjadi cerminan dari apa yang terjadi kepada Naruto dan Sasuke dulu. Mungkin, peristiwa di masa depan dimana Kawaki dan Boruto bertarung di Konoha juga menjadi cerminan dari pertarungan terakhir Sasuke dan Naruto. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks! (Featured Image: Wallpaperaccess.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.