Mungkinkah Uchiha Sasuke mendapatkan kembali kekuatan terbesarnya, yaitu Rinnegan di cerita yang akan datang dari seri Boruto: Naruto Next Generation? Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar di kalangan para fans saat ini, mengingat Sasuke harus kehilangan Rinnegan miliknya dan juga penglihatannya setelah Momoshiki – yang merasuki tubuh Naruto – menusuk matanya pasca pertarungan melawan Isshiki.

Pertarungan melawan Isshiki bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, dimana mereka harus mengorbankan semuanya. Naruto sendiri harus mengorbankan Kurama, akibat Baryon Mode yang dia aktifkan sebelumnya. Sedangkan Sasuke sendiri harus kehilangan Rinnegan miliknya, meskipun memang Isshiki bukanlah pelakunya, melainkan Momoshiki. Peristiwa ini membuat banyak fans terkejut dan bertanya-tanya tentang masa depan Sasuke.

Di chapter 55 kemarin, Sasuke sendiri mengkonfirmasi bahwa dia sudah kehilangan Rinnegannya untuk selamanya. Pertanyaanya kemudian apakah memang benar Sasuke sudah tidak bisa “diselamatkan” lagi? Apakah ini akan menjadi terakhir kali Rinnegan berada di mata Sasuke? sebenarnya ada banyak teori dan spekulasi yang mencoba menjawab hal ini.

CBR.com

Sebagian fans menjawab bahwa Rinnegan Sasuke bisa dikembalikan dengan adanya bantuan dari tim riset Konoha dan juga Orochimaru. Namun, ada juga fans yang berpendapat bahwa Rinnegan Sasuke akan sulit untuk kembali bangkit. Sebenarnya, pertanyaan besar yang pas untuk saat ini adalah bukanlah apakah Sasuke akan mampu mendapatkan kembali Rinnegannya, melainkan apakah memang Sasuke butuh Rinnegan tersebut.

Perlu diingat, bahwa setiap cerita baru yang muncul di serinya selalu berpatokan terhadap adegan dari flash forward di awal serinya, yang mana memperlihatkan Boruto remaja dan juga Kawaki remaja saling bertarung satu sama lain. Mereka berdua diperlihatkan menggunakan kemampuan Karma mereka dan bertarung, sampai-sampai Konoha rata dengan tanah.

Cerita itulah yang sebenarnya sedang dibangun oleh Masashi Kishimoto saat ini, atau setidaknya Kishimoto sedang membangun cerita yang menuju ke alur cerita tersebut. Dengan demikian, Kishimoto rasanya tidak perlu lagi untuk “membunuh” Naruto dan Sasuke agar Boruto bisa menjadi sosok utama yang bertarung demi Konoha. Dengan Naruto dan Sasuke yang sudah kehilangan sumber kekuatan utama mereka, rasanya masuk akal jika secara perlahan mereka akan “mundur” secara perlahan.

Comicbook.com

Naruto dan Sasuke kemungkinan tidak akan lagi menjadi sorotan utama dari serinya, mengingat Kawaki dan Boruto akan tumbuh menjadi sosok shinobi yang hebat dengan kekuatan yang mereka miliki. Kesimpulannya adalah apakah mata Rinnegan Sasuke bisa disembuhkan atau apakah Sasuke bisa kembali mendapatkan Rinnegan? Jawabannya adalah bisa dan mungkin.

Hanya saja, jika kemudian Masashi Kishimoto mau melakukan hal tersebut rasanya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Namun, besar kemungkinan bahwa Rinnegan Sasuke akan hilang untuk selamanya. Bukan hanya kehilangan Rinnegan untuk selamanya akan menghadirkan dampak yang luar biasa besar dari pertarungan melawan Isshiki, namun juga hal ini bisa menjadi awal bagi Sasuke untuk mundur sebagai karakter utama dan lebih banyak berperan sebagai mentor.

Hal ini juga bisa berlaku kepada Naruto, yang mungkin akan lebih banyak melatih Kawaki dibandingkan Boruto. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Sasuke bisa mengembalikan Rinnegannya di masa depan? Apakah kalian memang ingin melihat hal tersebut? Apakah menrut kalian hal itu memang diperlihat? Kita nantikan saja kelanjutan ceritany di chapter yang akan datang ya Geeks! (Featured Image: comicvine.gamespot.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.