Rasanya tidak perlu diragukan lagi jika One Piece adalah salah satu seri yang populer di kalangan pecinta manga ataupun anime. Selain cerita yang menarik, berbagai karakter yang muncul di serinya pun tidak kalah unik, contohnya adalah Monkey D. Luffy yang merupakan protagonis utama di serinya. Luffy sendiri adalah kapten dari kelompok bajak laut Topi Jerami.

Seperti halnya para karakter Shounen lain, Luffy pun memiliki mimpi besar yang ingin dia capai yaitu menjadi seorang raja bajak laut. Dia ingin mencapai pulau terakhir dan menemukan One Piece. Kepopuleran Luffy sendiri tidak kalah dari serinya. Namun, dibalik popularitas tersebut Luffy dikenal sering kali melakukan berbagai aksi-aksi aneh dan juga nyeleneh. Salah satunya adalah memanggil nama orang lain sembarangan.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Luffy sering kali memanggil seseorang sesuai dengan keinginannya, dan bukan namanya. Hal ini tentunya memancing rasa penasaran para fans mengapa hal itu bisa terjadi. Dan dalam salah satu kolom SBS, seorang fan bertanya mengenai hal ini. Fan tersebut bertanya mengapa Luffy sering kali menyebut orang lain sesukanya, namun tidak dengan para krunya.

Comicbook.com

Oda kemudian menjawab bahwa Luffy adalah sosok karakter yang pada dasarnya tidak peduli terhadap nama orang lain. Dia tidak mau repot-repot mengingat nama orang yang sudah memperkenalkan diri kepadanya. Jadi, Luffy akan memberikan nama atau mengingat sosok tersebut berdasarkan impresinya sendiri dan juga penilaiannya, terlepas orang tersebut suka atau tidak.

Namun, meskipun begitu, Oda menjelaskan bahwa ketika seseorang menjadi kru atau Nakamanya, Luffy perlahan akan mulai mengingat nama mereka. Luffy akan mengingat mereka dan juga namanya, sehingga Luffy akan memanggil nama mereka. Jika melihat sifat Luffy yang sangat polos – bahkan dianggap bodoh – memang rasanya wajar Luffy seperti itu.

Bisa jadi Oda Sensei sengaja melakukan hal itu hanya untuk unsur komedi belaka, karena One Piece adalah salah satu seri yang penuh dengan unsur komedi, apalagi di awal-awal kemunculannya. Bisa jadi juga ini menjadi sebuah petunjuk bagaimana koneksi mendalam terjalin diantara mereka. Butuh waktu dan juga banyak sekali peristiwa yang terjadi sebelum kemudian Luffy benar-benar menganggap mereka sebagai teman dan mengingat nama mereka. (Featured Image: gonzo.moe)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.