Eiichiro Oda kembali menunjukan kejeniusannya dalam hal menyampaikan detail. Eiichiro Oda memang dikenal selalu memasukan berbagai detail menarik dalam cerita yang disampaikan di seri manga One Piece. Entah melalui pakaian, pola, atau apapun yang bisa ditampilkan di ceritanya menjadi media untuk menyampaikan sesuatu oleh Oda Sensei. Biasanya Oda memberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi atau sedang terjadi di sebuah arc.

Ada banyak spekulasi-spekulasi menarik dari kalangan fans mengenai hal tersebut, dan yang paling baru muncul di chapter 1003 dan 1004. Salah seorang fan di akun Twitter pribadinya, @newworldartur, memberikan sedikit penjelasan mengenai detail yang pastinya banyak dilewatkan para fans. Lalu, apa detail yang dimaksud? Yaitu Kibi Dango milik Otama dan papan permainan Othello yang dimainkan oleh CP-0.

Dalam chapter 1003 kemarin para fans dibuat terkejut dengan kemunculan CP-0 di Onigashima. Mereka ternyata juga diundang dalam pesta jamuan makan Kaido. Mereka saat ini berada di sebuah ruangan bersama anak buah Black Maria. Dalam ruangan tersebut mereka mencoba menganalisis situasi pertempuran melalui papan permainan Othello.

Menurut penjelasan salah satu anggota CP-0 yang namanya tidak diketahui, para pasukan aliansi terjebak oleh pasukan Kaido. Jumlah mereka bahkan tidak sampai setengah dari pasukan Kaido. Sosok tersebut juga menambahkan bahwa untuk bisa membalikan keadaan, mereka harus bisa mengalahkan para eksekutif atau para petinggi seperti halnya trio All-Stars dan Flying Six.

Lalu, apa detail menarik yang muncul di dua chapter tersebut? di chapter 1004 kita melihat Otama mengeluarkan banyak Kibi Dango untuk dimakan para Gifters. Kibi Dango tersebut berwarna putih. Dan yang menarik adalah Kibi Dango tersebut seolah menjadi petunjuk mengenai batu permainan berwarna putih di papan Othello. Kibi Dango tersebut menjadi simbol bahwa itulah hal penting yang dibutuhkan saat ini untuk membalikan keadaan – memperbanyak batu berwarna putih.

Selain Kibi Dango yang menjadi simbol batu permainan berwarna putih dalam papan permainannya, corak dari dua warna dalam permainan tersebut – hitam dan putih – juga diwakili oleh desain karakter Speed di manganya. Untuk versi anime sendiri memang desain warna dari karakter Speed adalah biru muda dan putih. Dan satu hal lagi yang juga dianggap menjadi kejeniusan Oda, yaitu dua corak warna tersebut mewakili dua corak warna mata dari anggota CP-0 yang memberikan penjelasan mengenai situasi di Onigashima.

Pertempuran di Onigashima saat ini sedang berada di puncaknya. Para fans kini tengah menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya. Menarik juga untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh CP-0, apakah mereka akan ikut bertarung? Atau mereka hanya akan tetap memantau situasinya saja. Kita tunggu saja cerita selanjutnya di chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.