Roronoa Zoro merupakan salah satu kru terkuat di kelompok Topi Jerami dan merupakan salah satu ahli pedang terkuat di seri One Piece. Dia adalah karakter yang menguasai teknik penggunaan tiga pedang, dan karena itulah tidak jarang Zoro menggunakan tiga pedang sekaligus dalam sekali pertarungan. Dua pedang di masing-masing tangannya dan satu pedang lainnya di bagian mulut.

Meskipun Zoro memulai semuanya dari awal, tidak tidak pernah berhenti untuk berlatih dan seiring berjalannya waktu, Zoro membuktikan bahwa semua usaha yang sudah dia lakukan tidak sia-sia. Selama petualangannya, Zoro sudah banyak menggunakan pedang yang sangat kuat. Lalu, apa saja pedang terkuat yang pernah digunakan oleh Zoro?

Sandai Kitetsu

Karena memiliki citra yang buruk sebagai sebuah pedang kutukan, pedang ini pada awalnya tidak diperjual belikan oleh Ipponmatsu. Namun, karena Zoro membutuhkannya akhirnya dia pun terus memaksa dengan melakukan tes keburuntungan. Pedang tersebut dilemparkan kepadanya dan Zoro harus merelakan bagian tubuhnya yang manapun bila terkena pedang tersebut.

Cultture.com

Hal menarik dari pedang ini adalah, meskipun Sandai Kitetsu tingkatnya lebih rendah dari Yubashiri, namun daya tahannya lebih kuat. Terbukti sampai sekarang pedang tersebut ada di pinggang Zoro. Di arc Wano ini, Zoro bertemu langsung dengan pembuat pedang Kitetsu yaitu Tenguyama Hitetsu.

Yubashiri

Pedang Yubashiri merupakan salah satu dari 50 pedang dengan kualitas baik atau Ryo Wazamono. Pedang ini diberikan oleh Ipponmatsu dan digunakan ketika dia berada di Loguetown sampai pada cerita di Enies Lobby. Saat Zoro menguji keberuntungannya untuk mendapatkan Sandai Kitetsu, Ipponmatsu memberikan Yubashiri secara gratis karena berhasil melewati “kutukan” Sandai Kitetsu.

Twitter.com

Menurut Zoro, pedang Yubashiri cukup ringan dan tajam, yang mana hal itu membuat Zoro menyukainya. Pedang ini juga diakui lebih mudah diayunkan dan dikendalikan dibandingkan Sandai Kitetsu. Sayangnya, pedang Yubashiri ini harus hancur ketika bertarung melawan salah seorang angkatan laut yang membuat pedang ini berkarat.

Wado Ichimonji

Pedang Wado Ichimonji adalah salah satu dari 21 pedang dengan kualitas terbaik. Sebelum menjadi milik Zoro, pedang ini dulunya merupakan milik Kuina, teman masa kecil Zoro. Sehingga, pedang ini memiliki nilai sentimentil dan historis yang tinggi bagi Zoro. Sejak pertama kali muncul dan bertemu dengan Luffy, Zoro sudah menggunakan pedang ini.

Aminoapps.com

Wado Ichimonji juga memiliki daya tahan yang luar biasa, karena mampu bertahan dari serangan Yoru, pedang milik Dracule Mihawk, yang kualitasnya satu tingkat diatas pedang Wado Ichimonji. Berdasarkan penuturan Tengu, pedang Ichimonji dibuat oleh seorang pembuat pedang terkenal dari Wano yang sudah kabur dari wilayah ini beberapa abad yang lalu. Namanya adalah Shimotsuki Kozaburo.

Shusui

Salah satu pedang legendaris yang pernah digunakan oleh Zoro. Pedang Shusui ini Zoro dapatkan ketika dia terjebak di Thriller Bark. Zoro kemudian bertemu dengan zombie Ryuma, sang dewa pedang. Mereka pun bertarung dan Ryuma harus mengakui keunggulan Zoro. Akhirnya Ryuma pun memberikan pedang Shushui kepada Zoro, dengan mengatakan jika Shusui akan senang dengan majikannya yang baru.

Aminoapps.com

Namun, di arc Wano kemudian terungkap jika Shushui adalah pedang yang dianggap memberikan bencana kepada Wano karena mereka harus kehilangan pedang tersebut. Hiyori pun kemudian memberikan penawaran kepada Zoro untuk mengembalikan Shushui, dan sebagai gantinya dia akan memberikan pedang yang lebih kuat.

Enma

Enma adalah pedang yang diberikan kepada Zoro oleh Hiyori sebagai pengganti Shushui. Enma adalah salah satu pedang yang dimiliki oleh sang penguasa Wano, Kozuki Oden. Hiyori mendapatkan pedang tersebut dari sang ayah, sedangkan adiknya, Momonosuke, mendapatkan pedang Ame no Habakiri. Menurut Hiyori pedang ini sangat dahsyat, bahkan pedang ini adalah satu-satunya benda yang pernah melukai Kaido.

https://wwallpaper-onepeace.blogspot.com/

Ketangguhan pedang ini kemudian diuji oleh Zoro dengan menebas pohon yang ada di tebing. Namun, karena tidak terkendali akhirnya seluruh bagian tebing tersebut yang terkena tebasan tersebut sehingga terbelah. Saking kuatnya pedang ini, Enma benar-benar menyerap tenaga dari penggunananya. Wajar jika Zoro langsung kelelahan ketik memakainya. Namun, di chapter 1002 dan 1003 kemarin kita melihat bagaimana Zoro sudah mampu memberikan ancaman kepada Kaido dengan menggunakan pedang tersebut.

Feature image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.