Eiichiro Oda adalah kreator dari seri One Piece dan merupakan sosok yang sudah menggambar manganya selama lebih dari 23 tahun. Kejeniusan Oda Sensei dalam meramu berbagai formula cerita, sering kali diakui oleh para fansnya. Dan berkat kejeniusan tersebut, serinya menjadi seri terpopuler di dunia dengan berbagai prestasi cemerlang lainnya yang sudah diraih sejauh ini.

One Piece sendiri kemarin sudah merayakan pencapaian terbesar mereka sejauh ini, yaitu mampi merilis 1000 chapter – dan masih akan terus bertambah. Selama lebih dari dua dekade ini, Oda Sensei banyak memberikan pernyataan atau pesan terhadap para fans yang berkaitan dengan serinya. Dan berikut adalah berbagai hal yang pernah diucapkan Oda Sensei mengenai serinya.

One Piece Akan Tamat Dalam Lima Tahun

Sortie.news

One Piece bisa dipastikan sudah mendekati cerita akhirnya saat ini, dengan kemungkinan 70-80% ceritanya sudah ditampilkan. Eiichiro Oda sendiri sempat menyebutkan di tahun 2019 bahwa perjalanan Luffy akan segera berakhir dan Oda Sensei sendiri ingin mengakhirinya dalam waktu lima tahun kedepan. Entah apakah Oda Sensei memang pada akhirnya akan mampu menyelesaikan ceritanya dalam lima tahun atau tidak memang masih belum diketahui, namun para editornya sendiri yakin bahwa memang sangat memungkinkan bagi Oda untuk menyelesaikan semuanya dalam lima tahun.

Oda Sensei Sudah Tahu Bagaimana Cerita Akhirnya

Eiichiro Oda dikenal karena kemampuan meramu ceritanya dan berbagai rencana jangka panjang yang sudah dia siapkan, dan kemudian diaplikasikan ke dalam ceritanya. Hal ini tidak berbeda tentang bagaimana cerita akhir dari serinya. Berdasarkan informasi yang diketahui baru-baru ini, Oda Sensei dipastikan sudah mengetahui bagaimana akhir cerita dari seri One Piece sejak awal serinya dirilis.

vox.com

Meskipun sangat sulit tentunya menebak apa yang sudah dia rencanakan, mengetahui bagiamana cara Oda Sensei mengeksekusi setiap idenyan, membuat para fans tentunya tidak sabar untuk mengetahui apa yang akan terjadi di akhir nanti. Para fans pun banyak yang mencoba menerka-nerka apa yang akan kemungkinan terjadi di ujung ceritanya.

One Piece Adalah Harta Karun Asli

Salah satu pertanyaan dan misteri terbesar dalam seri ini adalah apa sebenarnya One Piece? Pertanyaan tersebut sudah muncul sejak serinya dimulai. Para fans pun banyak berspekulasi dan berteori mengenai apa dan bagaimana bentuk dari One Piece. Ada yang mengatakan bahwa One Piece adalah Poneglyph terakhir, persahabatan yang terikat, dan sebagainya.

Viciados.net

Namun, dalam wawancara dengan kreator dari Chibi Maruko-Chan, Momoko Sakura, Oda menjelaskan dan mengkonfirmasi bahwa One Piece adalah benar-benar sebuah harta karun nyata atau memang terlihat bentuk fisiknya. Menurut Oda Sensei, rasanya tidak adil bagi kelompok Topi Jerami yang sudah berjuang keras menuju Laugh Tale namun tidak mendapatkan apa-apa di akhirnya.

Oda Sensei Tidak Akan Mengubah Cerita Akhir

Sudah sejak lama, muncul sebuah “mitos” yang berkembang di kalangan para fans One Piece. Kabarnya, Eiichiro Oda akan selalu mengubah rencana cerita akhir dari seri One Piece demi bisa menghindari berbagai spekulasi dari para fans. Disebutkan juga bahwa Oda selalu memantau berbagai forum atau situs para fans, mencari tahu jika ada salah satu fans berhasil menebak ceritanya dengan tepat.

Aminoapps.com

Namun, pada awal tahun ini, salah satu editor dari Oda Sensei, Isaka, bertanya kepada kepada Oda Sensei apakah dia memang akan atau memiliki rencana untuk mengubah cerita akhir bagi One Piece. Oda Sensei sendiri kemudian menegaskan bahwa dia tidak mau melakukan hal itu. Menurut Oda, seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, dia sudah merencanakan semuanya sejak lama. Tidak peduli jika ada fans yang berhasil menebak dengan tepat, Oda tetap pada pendiriannya.

Oda Rela Mati Demi One Piece

Bagi para fans dari serinya tentu sangat menyukai bagaimana jalan cerita yang disuguhkan. Itulah salah satu alasan mengapa One Piece populer dan dicintai banyak orang. Namun, tidak ada yang mencintai seri ini selain sang kreator sendiri. Kita bisa melihat bagaimana kerja keras dan usaha yang selalu dia curahkan terhadap seri manga ini.

Hiptoro.com

Menurut salah satu editor Oda Sensei lainnya, Kawashima, Eiichiro Oda sangat determinan terhadap seri ini. Dia menyebutkan bahwa Oda Sensei bahkan rela mati demi One Piece. Dalam pertemuan pertama mereka pun, Kawashima menjelaskan bahwa Oda mengatakan padanya untuk “rela mati demi One Piece,” yang mana membuatnya terkejut sekaligus kagum. Ini menunjukan bagaimana Oda begitu cinta dan peduli terhadap karyanya.

Oda Sensei Sering Menangis Sambil Menggambar

Cultture.com

Dalam sebuah wawancara dengan sebuah acara stasiun TV pada Agustus 2020 kemarin, salah satu editor yaitu Naito mengungkapkan bahwa sempat ada keterlambatan pengiriman manuskrip untuk chapter dimana Rebecca bertemu dengan Kryros. Menurut Naito, adegan tersebut membuat Oda bersedih dan akhirnya menangis. Bahkan, Oda sendiri menggambar adegannya sambil menangis. Dan apa yang membuat Oda menangis, bisa dipastikan bahwa itu sangat menyentuh atau sangat sentimental.

Babak Pembuka di Arc Wano Adalah Momen Favoritnya

Quora.com

Meskipun Oda sangat mencintai semua cerita dari seri One Piece, dia pun memiliki satu momen yang menurutnya sangat spesial dan pada 2020 kemarin, para fans pun akhirnya mengetahui apa momen yang menjadi favorit para fans di seri ini. Menurut Oda, adegan atau momen favoritnya adalah momen pembuka dari arc Wanokuni di chapter 909.

Oda Tidak Pernah Mengubah Ejaan Laugh Tale

Harta karun One Piece sendiri diketahui beradadi pulau terakhir, yang dulu dikenal sebagai sebagai Raftel. Bahkan, komik resmi yang dijual di luar Jepang – seperti di Indonesia – bahkan menyebutkan pulau terakhir tersebut sebagai Raftel. Namun, kejutan kemudian muncul ketika film One Piece: Stampede dirilis dan juga chapter 967 di manganya.

CBR.com

Ternyata nama pulau terakhir tersebut bukanlah Raftel, melainkan “Laugh Tale.” Penyebutkan “Raftel” mungkin diakibatkan ejaan dari negara asalnya. Menurut Naito, semua staff yang bekerja bersama dengan Oda sebenarnya sudah tahu mengenai hal ini sejak dari awal ceritanya. Artinya, sedari dulu Oda sebenarnya tidak pernah merubah tulisan dari Laugh Tale. Ini juga menjadi pertanda bahwa cerita dari One Piece memang sudah semakin mendekati akhir.

Arc Wano Berkaitan Dengan Harta Karun One Piece

Piunikaweb.com

Salah satu editor yang dimiliki oleh Oda Sensei, Naito, mengungkapkan pada 2020 kemarin bahwa arc Wanokuni memiliki koneksi yang sangat mendalam dengan chapter terakhir dari seri manganya. Bahkan, disebutkan bahwa arc ini adalah arc yang paling besar dan paling penting di sepanjang serinya untuk saat ini. Naito pun menyebutkan bahwa di arc ini akan muncul sesuatu yang terhubung dengan misteri paling besar di serinya, yaitu “Apa sebenarnya harta karun One Piece tersebut?” Dengan arc Wanokuni yang sudah mencapai puncak cerita, para fans mungkin akan segera mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.