Sosok Monkey D. Dragon memang masih menjadi pertanyaan besar bagi seluruh fans One Piece. Belum diketahui bagaimana cerita masa lalunya, apa kekuatannya, dan sebagainya. Jika pun ada informasi yang kita ketahui, hanyalah hal umum seperti merupakan pemimpin Pasukan Revolusi, ayah dari Luffy dan anak dari Garp. Selebihnya, masih menjadi misteri.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita masih belum mengetahui lebih banyak mengenai kekuatan dari Dragon. Namun, ada hal “aneh” yang mungkin disadari atau tidak oleh para fans semuanya. Dimanapun dan kapanpun Monkey D. Dragon muncul, pasti ada sesuatu yang aneh dengan cuaca di sekitar, atau bahkan bisa muncul badai.

Hal tersebut kemudian memunculkan pertanyaan apakah semua hal tersebut ada kaitannya dengan kemampuan buah iblis. Berbicara mengenai kemampuan cuaca, kita kembali ke masa lalu tepatnya pada era Roger. Dalam perang Edd War, dimana satu kapal Roger menghadapi ratusan armada kapal perang Golden Shiki, anehnya Roger bisa lolos dari serbuan tersebut.

Pinterest.com

Menurut narasi ceritanya, Roger berhasil diselamatkan oleh sebuah badai besar yang justru membuat armada kapal Shiki hancur. Dan pasca kematian Roger setelah dia dieksekusi oleh angkatan laut, cuaca sempat kembali cerah sebelum kemudian kembali badai datang. Apakah hal itu sebuah kebetulan? Rasanya tidak. Dalam proses eksekusi secara publik tersebut, semua bajak laut yang hadir merupakan sosok bajak laut yang hebat, dan Dragon adalah salah satu diantaranya  – meskipun dia bukan bajak laut.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana jika kemudian Dragon berhasil mendapatkan buah iblis milik Roger setelah dia tewas? Bagaimana caranya? Itulah yang masih menjadi misteri. Portgas D. Rouge sendiri melihat ke arah langit setelah Roger dieksekusi, seolah dia bisa tahu dari cuaca yang ada apa yang terjadi kepada Roger pada saat itu.

Mengapa Dragon Hadir di Proses Eksekusi Roger?

Mengapa Dragon tertarik dengan eksekusi dari sang raja bajak laut? Apakah karena ingin mengambil buah iblis Roger? Diantara wajah-wajah yang terlihat hadir, hanya Dragon yang terlihat sedih, serius, dan sekaligus juga khawatir melihat apa yang terjadi. Berbeda dengan Buggy atau Shanks yang terlihat sedih melihat kaptennya dieksekusi. Hal tersebut kemudian memunculkan pertanyaan besar, yaitu apakah Dragon sudah pernah bertemu dengan Roger sebelum eksekusi atau jauh sebelumnya?

Roger mungkin menganggapnya sebagai anak dari Garp, dan juga sesama pemilik nama D. Karena, seperti yang kita tahu jika Garp dan Roger sudah seperti seorang teman dekat meskipun mereka sebenarnya musuh. Karena itulah keduanya saling percaya satu sama lain, dan artinya bukan tidak mungkin jika Roger dan Dragon memang pernah bertemu sebelumnya.

Gamek.vn

Jika memang mereka pernah bertemu sebelumnya, kemungkinan pembahasan mereka ada kaitannya dengan sejarah dunia dan Poneglyph. Eksekusi Roger oleh angkatan laut, bisa jadi merupakan awal mula Dragon membentuk Pasukan Revolusi. Dragon memang selalu membela kaum yang lemah, dan tertindas apalagi oleh Pemerintah Dunia.

Contohnya adalah ketika dia menolong Sabo, yang hampir tewas karena menolong orang-orang di Grey Terminal yang dibakar oleh para kaum-kaum kaya. Menurut Sabo, seluruh sistem yang ada di dalam peradaban kaum kaya sangatlah rusak. Dalam adegan flashback Reverie dari Vivi, kita melihat bahwa Dragon baru saja ditentukan sebagai manusia yang paling dicari oleh Pemerintah Dunia. Artinya, ketika eksekusi Roger terjadi Dragon masih seorang pria biasa.

Di chapter 100, setelah Luffy tidak jadi dieksekusi oleh Buggy, kita melihat Dragon melakukan monolog dengan kata-kata yang cukup menohok. Kata-kata yang diucapkan oleh Dragon, juga sebenarnya diucapkan oleh Roger. Jadi, kemungkinan besar sebelum eksekusi publik Roger dilakukan mereka berdua sempat bertemu.

image source: pinterest.com

Dragon mungkin tidak banyak tahu tentang keseluruhan cerita abad yang hilang seperti Roger, Rayleigh, atau yang lainnya yang berhasil menuju Laugh Tale. Tapi, Dragon pasti sudah paham dan tahu tentang makna sesungguhnya dari Tekad D. yang pada akhirnya membuat Dragon memulai misi untuk menggulingkan Pemerintah Dunia dan juga ketidak adilan mereka, menuju sebuah keadilan yang sebenarnya dan penuh dengan kebebasan.

Ini juga mungkin menjelaskan mengapa dia memiliki tato Shandia di wajahnya, yang bisa jadi merupakan tanda tentang garis keturunannya sebagai bagian klan D dan Kerajaan Kuno – karena seperti yang kita tahu bahwa kerajaan Shandia merupakan sekutu dekat dari Joy Boy dan Kerajaan Kuno.

Perlu diingat ya Geeks bahwa ini murni hanyalah spekulasi, yang artinya mungkin saja terjadi perbedaan dalam cerita aslinya. Dengan cerita One Piece yang dikabarkan akan tamat dalam beberapa tahun kedepan, mudah-mudahan saja Eiichiro Oda segera mengungkapkan kekuatan sebenarnya dari Dragon. Karena, tentunya akan sangat menarik jika memang kemudian Dragon dan Roger terbukti memang memiliki koneksi satu sama lain.

Featured image: opfanpage.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.