Menghadirkan berbagai plot twist yang luar biasa merupakan salah satu hal yang menjadi keahlian dari Eiichiro Oda. Oda Sensei sering kali memunculkan sesuatu yang tidak diduga oleh para fans, atau bahkan sering kali juga mematahkan berbagai teori dan spekulasi para fans terhadap sesuatu. Contohnya adalah buah iblis yang dikonsumsi oleh Kaido.

Selama ini, para fans menduga – dan meyakini – bahwa Kaido adalah pemakan buah iblis Mythical Zoan Ryu Ryu no Mi, dimana dia mampu berubah menjadi naga. Namun, di chapter 999 kemarin kita akhirnya tahu bahwa buah iblis yang dikonsumsi Kaido bukanlah Ryu Ryu no Mi melainkan Uo Uo no Mi, yang mana Uo sendiri adalah salah satu jenis ikan. Tentunya ini sangat jauh berlainan dari dugaan para fans.

Yang juga masih menjadi misteri dan spekulasi para fans adalah apakah Kurozumi Orochi benar-benar sudah tewas. Seperti yang diperlihatkan di arc Wano, Orochi adalah sosok yang merebut kekuasaan Wano dari tangan Sukiyaki, dan juga sosok yang sudah membunuh Oden. Orochi begitu bernafsu untuk meraih kekuasaan sehingga dia rela melakukan apapun.

Hal itu terjadi sekitar 20 tahun lalu, sebelum Luffy tiba di Wano. Wilayah Wano yang tadinya aman sentosa, berubah menjadi wilayah yang penuh sengsara akibat dibawah kepemimpinan Orochi. Pasalnya, Orochi merubah Wano menjadi sebuah wilayah industri senjata. Semua warga dipaksa untuk bekerja tanpa henti. Jika tidak, mereka akan mendapatkan hukumannya.

Myonepiecemanga.com

Orochi sendiri tidak sendiri dalam menjalan aksinya. Dia dibantu oleh Kaido. Mereka membuat kesepakatan yang menguntungkan satu sama lain. Namun, ironisnya, dalam penyerbuan pasukan aliansi Luffy ke Onigashima kita mengetahui bahwa Kaido ingin merubah Wano menjadi Onigashima baru. Dan Kaido sendiri merasa sudah tidak membutuhkan jasa Orochi lagi – sedari awal Kaido hanya memanfaatkan Orochi.

Tanpa basa-basi Orochi pun kemudian ditebas kepalanya oleh Kaido. Diperlihatkan bahwa Orochi tewas dengan bagian kepalanya yang terlepas dari tubuhnya. Inilah yang kemudian membuat para fans penasaran, apakah Orochi memang benar-benar sudah mati atau merupakan salah satu trik dari Oda Sensei lainnya? Bukan tanpa alasan para fans berpikir bahwa kematian Orochi hanya sementara.

Orochi diketahui mengkonsumsi buah iblis Yamata no Orochi, yang membuatnya bisa berubah menjadi ular berkepala delapan. Inilah yang menjadi poin pertanyaannya. Karena Kaido sudah memotong salah satu kepalanya, bukankah kemudian Orochi masih bisa tetap hidup dengan kepala yang lain? Pertanyaan tersebut terus muncul sampai chapter 1003 kemarin mengkonfirmasi kematian Orochi.

Quora.com

Dalam salah satu momen, kita melihat bahwa ternyata organisasi Cipher Pol Zero (CP-0) ada di Onigashima. Mereka berada di ruangan Black Maria. Salah satu anggota dari agen CP-0 menyatakan “kesedihannya” karena pesta jamuan yang mereka hadiri berubah menjadi arena pertempuran. Dan yang paling parah adalah rekan mereka, Orochi, harus tewas.

Ini seolah menjadi konfirmasi “resmi” bahwa Orochi memang dipastikan sudah tewas, dan mungkin tidak akan kembali hidup meskipun dia memiliki buah iblis. Anggota dari CP-0 tentunya tahu betul kekuatan sekutunya tersebut – termasuk Kaido. Karena itu, ketika mereka berbicara bahwa Orochi sudah tewas, maka artinya besar kemungkinan Orochi memang tidak akan kembali dalam cerita.

Sosok Orochi memang menjadi salah satu villain yang menarik di sepanjang serinya, dan ada yang berharap bahwa bukan Kaido yang membunuhnya melainkan Red Scabbards, Zoro, atau bahkan Hiyori/Momonosuke. Hal ini dikarenakan mereka memiliki dendam pribadi terhadap Orochi atas kematian seseorang yang dekat dengan mereka.

Mungkin apa yang dilakukan oleh Kaido bisa “mewakili” apa yang mereka inginkan, sehingga mereka tidak perlu repot-repot mengotori tangan mereka untuk membunuh Orochi. Tugas tersebut sudah selesai, dan dendam mereka sudah terbalaskan. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Orochi seharusnya tidak dibunuh oleh Kaido?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.