Kaido saat ini adalah merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece. Dia adalah salah satu dari empat kaisar lautan atau Yonko, dan juga merupakan bekas salah satu kru kelompok bajak laut legendaris Rocks D. Xebec. Kaido memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, dimana hampir tidak ada senjata yang bisa melukai atau membunuh Kaido.

Nilai buruan Kaido sendiri saat ini berada di angka 4,611,100,000 Belly. Angka tersebut saat ini menjadi yang tertinggi, setelah Whitebeard dan Roger tewas. Dengan apa yang sudah dia lalui saat ini, Kaido tentunya sudah banyak melakukan pertarungan. Meskipun ada banyak pertarungan berhasil dia menangkan, namun ada juga pertarungan yang membuat Kaido kalah.

Kaido vs Kelompok Roger dan Angkatan Laut

Seperti yang disebutkan di atas, Kaido merupakan salah satu kru dari kelompok bajak laut Rocks D. Xebec. Kelompok bajak laut ini pernah terlibat dalam pertarungan dahsyat di sebuah wilayah bernama God Valley. Ini adalah pertarungan yang legendaris, dimana mereka harus ditaklukan dengan menggabungkan dua kekuatan berbeda dari kelompok bajak laut Roger dan angkatan laut.

CBR.com

Ini menjadi bukti seberapa mengerikan dan dahsyatnya kekuatan dari Rocks D. Xebec dan krunya.  Namun, sayangnya Kaido dan yang lain harus kalah dalam pertempuran tersebut. Akibatnya Rocks harus tewas dan kelompoknya pun bubar. Mereka yang dulu menjadi kru Rocks mulai membangun nama mereka sendiri, termasuk Kaido.

Kaido vs Kozuki Oden

Tiga tahun setelah pertarungan melawan Gecko Moria dan pasukannya, Kaido kemudian harus menghadapi Kozuki Oden dan sembilan orang pengikutnya yang disebut Nine Red Scabbards. Pertarungannya sendiri berlangsung selama beberapa hari, dan dalam pertarungan ini kita melihat bagaimana kemampuan dan kekuatan dari Kozuki Oden begitu dahsyat.

Comicvine.gamespot.com

Geeks mungkin heran mengapa pertarungan melawan Oden masuk dalam daftar, mengingat Kaido menang pada saat itu. Memang, Kaido memenangkan pertarungan tersebut namun hal itu dikarenakan Kaido berbuat “curang.” Kurozumi Higurashi berhasil mengalihkan perhatian Oden, sebelum kemudian Kaido mengalahkannya. Jika hal itu tidak terjadi, Kaido rasanya akan kalah di tangan Kozuki Oden. Kita bisa lihat juga bekas luka di pinggang hasil tebasan Enma dan Ame no Habakiri.

Kaido vs Shanks

Pertarungan puncak antara Whitebeard dan pihak angkatan laut nyatanya memancing banyak orang untuk ikut terlibat. Hal ini diperlihatkan dengan kemunculan Shanks di akhir pertempuran. Kedatangan Shanks bukanlah untuk bertarung – meskipun mereka juga siap melakukannya – tapi mereka datang untuk menghentikan semuanya, mengingat ada banyaknya korban jiwa yang jatuh.

masrana.com

Yang menarik adalah seperti dijelaskan para pasukan angkatan laut lainnya, sebelum tiba di Marineford, Shanks sebenarnya sempat bertarung melawan Kaido. Shanks mencoba menahan Kaido yang mencoba membunuh Whitebeard. Pertarungannya sendiri tidak diperlihatkan di ceritanya, dan kita tidak tahu siapa yang menang secara pasti. Tapi, jika melihat Shanks yang mampu ke Marineford dengan cepat tanpa terluka, menandakan bahwa Kaido kalah dan memilih untuk mundur.

Kaido vs Big Mom

Setelah banyak dispekulasikan, akhirnya Big Mom bertemu dengan Kaido di Onigashima setelah dia pingsan akibat Brachio Bomb dari Queen saat berada di penjara Udon. Big Mom lalu dibawa ke Onigashima dan kemudian bertemu dengan Kaido. Pertarungan pun akhirnya tidak terelakan. Keduanya saling serang dan pertarungan tersebut menggetarkan seluruh Onigashima.

Comicbook.com

Karena Big Mom sama kuatnya seperti Kaido, dia pun bisa menahan semua serangan kaido dengan mudah. Meskipun pertandingannya berujung imbang, namun secara teknik bisa disimpulkan bahwa kemampuan Big Mom sedikit di atas Kaido. Keputusan Kaido yang memutuskan untuk berhenti dan mengajaknya bekerja sama, banyak diasumsikan sebagai bentuk “sadar diri” dari Kaido bahwa dia tidak akan menang.

Kaido vs Angkatan Laut

Dalam cerita masa lalu Kaido dijelaskan bahwa Kaido sudah lelah dengan hidupnya. Dia selalu menginginkan untuk mengakhiri hidupnya. Namun, usaha tersebut selalu gagal. Dia pernah melompat dari ketinggian 10.000 meter, tapi Kaido justru hanya sakit kepala saja dan efeknya justru gempa terjadi dengan sangat kuat. Hal inilah yang membuat Kaido frustasi.

onepiecegold.com

Diceritakan juga bahwa Kaido pernah ditangkap, disiksa, dan dieksekusi beberapa kali oleh pihak angkatan laut. Sebagai seorang Yonko, tentunya tidak mudah menangkap Kaido. Apalagi kekuatannya sangatlah dahsyat. Entah karena Kaido menyerahkan diri atau ada alasan lain, ini bisa dianggap sebagai kekalahan dari Kaido.

Featured image: youtube.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.