Ketika Goku pertama kali bertarung melawan Beerus di arc pertama Dragon Ball Super, sudah sangat jelas bahwa meskipun form Super Saiyan God Goku mampu menandingi Beerus, namun sang dewa kehancuran jauh lebih kuat dari Goku. Bahkan Goku harus menyerah dan mengakui kekalahannya. Namun, sejak saat itu Goku terus berlatih dan kekuatannya pun terus meningkat.

Goku kemudian mempelajari teknik lainnya yaitu Super Saiyan Blue. Kemudian baru Goku mempelajari tentang Ultra Instinct. Di akhir arc Galactic Prisoner, diperlihatkan bahwa Goku sepertinya sudah mulai menguasai teknik para Angel dan dewa kehancuran tersebut. Dengan teknik barunya, Goku bahkan mulai bisa bertarung melawan Whis. Lalu, apakah kemudian Goku sekarang bisa mengalahkan Beerus?

Seberapa Besar Kekuatan Goku Dengan Ultra Instinct?

Cerita di Dragon Ball Super memperlihatkan, bahwa meskipun menggunakan Super Saiyan Blue, Goku tetap tidak bisa mengalahkan Beerus. Namun, Goku terus meningkatkan kekuatannya sampai pada batasnya, meningkatkan potensi dalam dirinya. Ketika Goku menghadapi para petarung tangguh lainnya, seperti misalnya saat melawan Jiren, Goku dipaksa harus menggunakan Ultra Instinct.

Zip.news

Ultra Instinct adalah kekuatan yang membuat Goku menjadi ancaman serius bagi Beerus, karena teknik ini sebenarnya adalah teknik yang digunakan oleh para dewa dan Angel di universe Dragon Ball. Menguasai Ultra Instinct, artinya membuat Goku bisa setara dalam hal kekuatan dengan Beerus. Meskipun Whis tetap menang dalam latihan bertarung melawan Goku, namun dia tetap terkejut dengan potensi yang dimiliki oleh Goku.

Whis memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari Beerus, yang mana artinya Goku membuktikan bahwa dia sudah mampu menghadapi seseorang yang jauh lebih kuat dari Beerus. Lagipula, Beerus bukanlah dewa kehancuran yang paling kuat diantara yang lain. Memang, Beerus hampir saja membunuh lima dewa kehancuran lainnya saat arc Universal Survival, namun bukan berarti Beerus menjadi yang terkuat diantara mereka. Artinya, secara teori, Goku bisa mencapai level kekuatan yang sama dengan Beerus dengan latihan yang memadai.

Belum Semua Kekuatan Diperlihatkan Beerus

Perlu diingat bahwa Beerus masih menggunakan sedikit saja kekuatan miliknya saat bertarung melawan Goku dan Vegeta. Ketika Vegeta bertarung melawan Beerus dengan menggunakan kekuatan penuh dari Super Saiyan Blue, beberapa saat setelah Vegeta berhasil menyerangnya, Beerus justru membalikan keadaan dengan sangat mudah.

Meskipun terdapat spekulasi di kalangan fans yang menyebutkan bahwa Super Saiyan Blue Vegito atau Gogeta mungkin akan bisa melampaui kekuatan Beerus, tapi itu belum bisa dipastikan. Hal itu baru sebatas prediksi. Goku juga pernah mengatakan bahwa Broly di puncak kekuatannya mungkin akan lebih kuat dari Beerus. Kembali, itu hanyalah spekulasi dari Goku saja.

Aminoapps.com

Beredarnya banyak rumor dan spekulasi mengenai kekuatan dari Beerus ini dikarenakan kita jarang diperlihatkan bagaimana kekuatan Beerus yang sebenarnya. Dari sepanjang seri Dragon Ball Super, mungkin Beerus baru menggunakan sekitar 70% dari kekuatannya, dan terbukti dengan angka segitupun dia sudah hampir menghancurkan seluruh alam semesta.

Kesimpulannya adalah sampai Beerus menghadapi Goku dengan menggunakan 100% kemampuannya, rasanya masih sulit untuk menentukan siapa yang akan menang antara Beerus melawan Goku. Terlepas dari hal tersebut, Goku saat ini sudah selangkah lebih maju untuk bisa mengalahkan Beerus dibandingkan sebelumnya. Meskipun masih belum diketahui seberapa besar jarak perbedaannya, yang dibutuhkan oleh Goku adalah latihan yang intens dan juga arahan yang baik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.