Dalam cerita One Piece, Eiichiro Oda menghadirkan banyak sekali karakter yang muncul di ceritanya. Mulai dari karakter yang konyol, serius, penuh misteri, semuanya ada dalam cerita ini. Dengan besarnya dunia One Piece serta ceritanya, rasanya wajar jika kemudian One Piece memiliki segudang karakter di ceritanya. Namun, entah disengaja atau tidak tapi ada beberapa karakter yang memiliki kemiripan dengan karakter lainnya.

Misalnya sosok Monkey D. Luffy yang mirip dengan Gol D. Roger. Hal ini mungkin sengaja dilakukan, karena seperti yang kita tahu, salah satu tema yang juga diangkat dalam seri ini ini adalah tentang “meneruskan warisan”. Selain kedua karakter ini ternyata ada juga karakter yang memiliki “kesamaan” dengan Luffy yaitu Eustass Kidd.

Twitter.com

Banyak fans yang berpendapat bahwa Kidd dan Luffy memiliki banyak sekali kemiripan. Ada juga yang mengatakan bahwa Kidd sengaja diciptakan untuk menjadi rival bagi Luffy, seperti halnya Gaara dan Naruto dalam cerita Naruto. Meskipun secara sifat mereka berbeda, Luffy dan Kidd memang sengaja diperkenalkan untuk saling mengisi karakter masing-masing.

Oda Sensei kemudian membuktikan bahwa memang ada banyak paralel atau kesamaan antara Luffy dan Kidd selama di arc Wano ini. Bagaimana Oda Sensei menggambarkan Luffy dan Kidd di sepanjang serinya memang sangat jelas menunjukan kesamaan dari kedua karakternya. Pertama, mereka sama-sama memiliki mimpi untuk menjadi seorang raja bajak laut dan menemukan One Piece.

Kedua, Luffy dan Kidd sendiri sudah pernah menghadapi dua Yonko selama mereka berada di New World. Kidd pernah bertarung melawan Shanks dan Kaido, sedangkan Luffy bertarung melawan Kaido dan Big Mom. Keduanya juga sama-sama merupakan pengguna dari ketiga jenis Haki, termasuk Conqueror Haki yang sangat langka.

Rjwriting.ink

Kemudian yang keempat, Luffy dan Kidd sama-sama pernah bertarung dan mengalahkan Sweet General dari kelompok bajak laut Big Mom. Kelima, Kidd dan Luffy sama-sama memiliki wakil kapten atau orang kepercayaan yang sangat kuat dalam hal kekuatan fisik. Kidd memiliki Killer dengan teknik sabitnya yang luar biasa. Dan Luffy memiliki Roronoa Zoro, sang calon ahli pedang terbaik di dunia.

Terakhir, Mereka berdua sama-sama menolak untuk menyerah dengan keadaan saat mereka berada di penjara tambang Udon. Hal itu bukan membuat mereka lemah, namun justru membuat mereka semakin bersemangat untuk menghabisi Kaido. Dan saat ini, Luffy dan Kidd – serta Zoro, Law, dan Killer – sedang berada di atap istana Kaido, bertarung melawan dua Yonko kuat Big Mom dan Kaido.

Luffy dan Kidd adalah dua karakter yang memiliki banyak kesamaan, namun cara pendekatan mereka yang berbeda. Kidd lebih senang melakukan semuanya dengan kekerasan, sedangkan Luffy justru sebaliknya. Itulah mengapa Luffy lebih banyak menarik simpati orang-orang yang akhirnya mau membantunya. Hal inilah yang tidak ada di dalam diri Kidd. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana aksi mereka di pertarungan puncak arc Wano ini.

Featured image: comicbook.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.