Sejak dari awal seri One Piece dimulai, Eiichiro Oda hampir tidak pernah membunuh karakter yang muncul dalam cerita, entah itu rival utama dari Luffy atau bahkan hanya sekedar karakter sampingan minor yang tidak banyak berkontribusi dalam cerita. Memang ada beberapa karakter yang tewas, seperti Whitebeard dan Ace, tapi kematian tersebut “dibutuhkan” untuk jalannya cerita.

Kematian Whitebeard menjadi penanda akhir dari era lama dan mulainya era baru. Kematian Ace menjadi pemicu bagi Luffy untuk bisa menjadi lebih kuat. Dalam beberapa wawancara, Oda Sensei sempat memberikan alasan mengapa dia tidak pernah memperlihatkan Luffy membunuh musuhnya. Bagi Luffy, kekalahan jauh lebih menyakitkan daripada membunuh nyawa karakter lainnya.

Kekalahan, bagi mereka yang kalah, sama saja dengan kematian. Membunuh atau menghabisi nyawa mereka tidak ada artinya. Oda Sensei juga pernah menjelaskan bahwa jika seorang karakter harus mati, maka harus dipastikan kematian tersebut akan memiliki dampak besar. Jangan sampai setiap kematian justru akan memunculkan kebangkitan dari karakter tersebut.

Aminoapps.com

Namun, ada hal menarik dalam arc Wanokuni ini. Kaido saat ini adalah musuh yang sedang dihadapi oleh Luffy dan empat Worst Generation lainnya. Seperti yang kita ketahui, Kaido sangat sulit untuk mati atau bahkan terluka. Dia diceritakan sering berusaha membunuh dirinya sendiri namun selalu gagal. Setiap eksekusi terhadap Kaido pun selalu gagal, karena alatnya tidak mampu untuk melukai Kaido.

Kaido sendiri selalu ingin mengakhiri hidupnya. Pertanyaannya adalah apakah Luffy akan membunuh Kaido? Apakah dengan membunuh Kaido akan meneruskan tren Luffy untuk menghancurkan kepercayaan dari musuhnya? Kaido sendiri selalu memulai perang atau selalu menyerang duluan karena dia sudah sangat lelah untuk hidup. Dia sangat ingin tewas dengan menghadapi musuh yang mumpuni.

Itulah alasan mengapa Kaido menghabisi Kurozumi Higurashi karena sudah menganggu jalannya pertarungan antara dirinya dan Kozuki Oden. Dalam kru Topi Jerami sendiri hanya dua orang yang sudah pernah membunuh seseorang, yaitu Zoro dan Nico Robin. Hal ini dikarenakan Zoro dulu adalah pemburu bajak laut dan Robin adalah bagian dari Baroque Works dan dia harus bertahan hidup dari kejaran Pemerintah Dunia.

Youtube.com

Namun, mereka tidak pernah membunuh musuhnya secara terang-terangan atau dengan kata lain tidak diperlihatkan di panelnya. Apakah kemudian Oda Sensei, untuk pertama kalinya, akan membiarkan Luffy membunuh musuhnya atau justru dia akan menyerah “tugas” tersebut kepada Zoro? Atau apakah hal tersebut akan dilakukan oleh Killer atau Law atau Kidd, seseorang yang tidak ragu untuk membunuh karakter lainnya?

Hal ini menarik mengingat Kaido memiliki dua mimpi yang saling bersinggungan. Pertama dia memiliki mimpi untuk tewas dalam menghadapi musuh yang dianggapnya kuat. Sedangkan di sisi lain, dia memiliki impian untuk pergi ke Laugh Tale dan menemukan One Piece. Apakah dengan Luffy membunuh Kaido justru dia menghancurkan mimpinya atau mewujudkan mimpinya?

Oda tentunya sudah memiliki pertimbangan tentang bagaimana nasib akhir dari Kaido nanti, setelah sebelumnya Oda mengatakan bahwa dia masih belum tahu bagaimana Luffy mengalahkan Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks apa kira-kira yang akan dilakukan oleh Luffy di akhir arc Wanokuni ini.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.