Chapter 957 di seri manga One Piece yang berjudul “Ultimate,” menjadi salah satyu chapter paling fenomenal di sepanjang sejarah serinya. Chapternya sendiri dirilis di arc Wanokuni antara babak kedua dan babak ketiga. Dalam ceritanya kita sedikit melihat sejarah yang sudah sejak lama dikubur oleh Pemerintah Dunia, juga memperlihatkan ancaman apa yang harus dihadapi oleh dunia di masa yang akan datang. Lalu, apa saja hal-hal atau informasi yang muncul di chapter 957? Berikut adalah ulasannya.

Memperkenalkan Special Science Group

Dalam One Piece Chapter 957, untuk pertama kalinya senjata baru dari angkatan laut yang disebut sebagau Special Science Group (SSG) disebut di ceritanya. Sejauh ini, tidak banyak informasi yang diungkapkan mengenai kelompok tersebut, tapi mereka adalah sebuah unit yang dibuat untuk menggantikan sistem sebelumnya yaitu Shichibukai. Itu artinya mereka memiliki kekuatan yang luar biasa.

Opgt.it

SSG sendiri kemungkinan besar berada dibawah kendali Dr. Vegapunk dan juga Sentomaru, karena unit ini juga memiliki keterkaitan dengan proyek Pacifista. Menurut Issho sendiri, unit ini cukup bisa dipercaya. Namun, masih belum diketahui apa arti ucapan Issho tersebut, apakah bisa dipercaya untuk menghancurkan bajak laut? Menguasai dunia?

Diperkenalkannya Kelompok Rocks

Kelompok bajak laut paling kejam dan mengerikan di dunia, Rocks, sempat diperkenalkan di chapter 957 oleh Sengoku. Menurut Sengoku, kelompok bajak laut Rocks sangat kuat dan sempat menguasai lautan karena kru-kru mereka sangatlah luar biasa. Geeks mungkin mengenal Big Mom, Kaido, Whitebeard, atau Shiki, yang mana ternyata mereka pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut tersebut.

Worstgen.alwaysdata.net

Kapten dari kelompoknya sendiri bernama Rocks D. Xebec. Kelompok bajak laut ini tidak ragu untuk menghabisi sesama rekan atau anak buahnya. itulah alasan mengapa kelompok ini diisi hanya oleh para kru yang memang memiliki kekuatan. Kelompok Rocks kemudian dibubarkan di peristiwa God Valley.

Beehive Island Adalah Markas Mereka

Heshero.com

Beehive Island pernah disebut beberapa kali di sepanjang serinya. Pertama kali pulau ini disebut dalam arc Long Long Island dan kemudian pulau ini diperlihatkan menjadi markas bagi Blackbeard alias Marshall D. Teach. Menariknya, di masa lalu, pulau Beehive ini merupakan markas dari kelompok Rocks, dimana para krunya dulu berkumpul di pulau tersebut. Hanya mereka yang kuat yang kemudian ikut berpetualang bersama Rocks.

Ada Empat Kaisar Laut

CBR.com

Sebelum peran Marineford pecah, Yonko sendiri terdiri dari Whitebeard, Big Mom, Kaido, dan Shanks. Selain Shanks, ketiga Yonko tersebut dulunya adalah bagian dari kelompok Rocks. Namun, dulu, mereka tidak sekuat seperti di era kejayaannya. Mereka dulu hanyalah kru atau bawahan dari Rocks. Namun, setelah mereka berpisah dan mulai membangun nama mereka sendiri, dari situlah perkembangan kekuatan mereka mulai tumbuh. Dan pada akhirnya ketiga orang tersebut menjadi kaisar lautan.

Rocks Adalah Musuh Bebuyutan Roger

Wattpad.com

Rocks D Xebec tentunya adalah sosok karakter yang sangat kuat, karena mampu menjadi kapten di sebuah kelompok bajak laut yang berisi para bajak laut terhebat. Menurut Sengoku, kekuatan dari Rocks cukup untuk membuat Gol D. Roger kerepotan, menjadikannya musuh yang paling berat yang pernah dia hadapi. Roger sendiri dalam petualangannya pernah bertarung melawan Garp, Shiki, bahkan Whitebeard, namun Rocks disebut-sebut sebagai lawan yang paling kuat diantara semuanya.

Rocks Memiliki Ambisi Paling Besar

Sejauh ini, para fans sudah melihat sosok seperti Roger dan Luffy mendeklarasikan ambisi mereka untuk menjadi raja bajak laut. Meskipun roger pada akhirnya berhasil mewujudkannya, Luffy sendiri masih berjalan untuk mewujudkan hal tersebut. Namun, bisa dipastikan bahwa pada akhirnya Luffy akan mampu mewujudkan mimpinya tersebut.

explica.co

Di sisi lain, Rocks selangkah lebih maju dimana dia bukan hanya sekedar ingin menguasai lautan, tapi juga seluruh dunia, ambisinya sendiri adalah menjadi raja atau penguasa di dunia ini. Dan dengan kekuatan yang dia miliki, serta bantuan dari para krunya, rasanya memang mimpi tersebut bisa saja terwujud.

Sosok Bajak Laut Kuat Lain di Kelompok Rocks

Cultture.com

Seperti yang disebutkan di atas, di kelompok Rocks terdapat tiga orang kru yang kemudian menjadi Yonko atau empat penguasa samudera yaitu Big Mom, Kaido, dan Whitebeard. Namun, bukan hanya mereka kru terkuat dari Rocks. Sengoku juga menyebutkan bahwa Rocks memiliki kru lainnya yaitu Golden Lion Shiki, Wang Zhi, Silver Axe, dan bahkan Captain John. Rasanya wajar jika kemudian Rocks banyak ditakuti olehberbagai pihak.

Peristiwa God Valley

God Valley sendiri merupakan sebuah pulau yang untuk pertama kalinya muncul atau disebutkan di seri One Piece, pada chapter 957. Menurut Sengoku, pulau tersebut merupakan tempat dimana kaum naga langit dan para budaknya muncul untuk alasan yang masih belum diketahui. Disana juga kita melihat Rocks menyerang kaum naga langit tersebut dan pertempuran dengan pihak angkatan laut pun terjadi.

Ninotaku.de

Disana, pihak angkatan laut – yang dipimpin oleh Garp – bergabung dengan kelompok Roger sehingga mereka bisa menghancurkan kelompok Rocks. Rocks kemudian dinyatakan tewas dan anggotanya kemudian bubar dan membentuk jalannya sendiri. Menjadi salah satu “aib” akhirnya Pemerintah Dunia menghilangkan pulau tersebut.

Permainan Kata di Nilai Buruan

Untuk pertama kalinya, nilai buruan dari para Yonko diperlihatkan. Meskipun mungkin secara sekilas nilai tersebut hanyalah angka, tapi sebenarnya ada hal lain dari angka-angka tersebut. Masing-masing nilai buruan memiliki keterkaitan dengan karakternya. Misalnya Shanks yang memiliki nilai buruan sebesar 4,048,900,000 Belly.

Comicbook.com - Page 4Angka “489” sendiri, dalam bahasa Jepang, bisa dibaca “Shanks.” Kemudian Big Mom (4,388,000,000) memiliki angka “88” dalam nilai buruan tersebut, yang bisa berarti “haha” (ibu), atau “baba” (nenek-nenek/wanita tua). Kaido sendiri memiliki angka “110” dari total nilai buruannya (4,611,000,000) yang berarti “Hyakuju (ribuan binatang buas)” yang menjadi julukannya.

Nilai Buruan Tertinggi

CBR.com

Bersama dengan nilai para Yonko, beberapa sosok legendaris di dunia One Piece, seperti Whitebeard dan Roger, juga memiliki nilai buruan yang sangat besar. Whitebeard sendiri memiliki nilai buruan sebesar 5,046,000,000 Belly, sedangkan Roger memiliki nilai buruan 5,564,800,000 Belly. Whitebeard dan Roger saat ini menjadi dua karakter dengan nilai buruan terbesar di dunia. Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa nilai buruan Luffy – dan Blackbeard – akan melampaui nilai tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.