Salah satu bagian yang menarik dari sebuah seri seperti One iece adalah memunculkan teori atau spekulasi terhadap berbagai misteri yang ada di dalam cerita atau karakter yang masih belum terpecahkan. Diantara sekian banyak misteri dalam cerita One Piece, salah satu yang paling menarik dan banyak didiskusikan oleh para fans adalah arti dari tekad D (Will of D).

Di sepanjang seri One Piece, para fans mulai lebih banyak diperkenalkan lagi karakter-karakter yang memiliki nama “D” di tengah namanya. Dalam salah satu kolom SBS Volume 8, salah seorang fan pernah bertanya kepada Oda Sensei tentang apa kepanjangan atau arti dari “D” di dalam nama Monkey D. Luffy. Oda Sensei kemudian memberikan jawaban yang jelas.

Aku tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Aku tidak bisa menjawab… belum saatnya. Tolong baca saja ‘D’ dan jangan berpikir terlalu dalam tentang arti nama tersebut untuk sekarang.

Otakulegion.com

Momen pertama kali huruf “D” tersebut bukan hanya sekedar hiasan belaka muncul ketika Dr. Kureha bertemu dengan kelompok Topi Jerami di Drum Island. Kureha lebih senang menyebut nama raja bajak laut dengan nama aslinya, Gol D. Roger, dan Kureha sendiri mengatakan pada Chopper bahwa dia akan mengalami banyak petualangan besar menanti karena “Tekad D masih akan terus hidup.”

Misteri tentang inisial tersebut masih belum bisa dispekulasikan secara penuh, namun ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi petunjuk. Kita tahu bahwa nama “D.” bisa diwariskan. Kita bisa melihat hal ini di keluarga Monkey. Karakter lainnya yang juga mendapatkan warisan nama “D” adalah Portgas D. Ace, Portgas D. Rogue, Trafalgar D. Water Law, Marshall D. Teach, dan Rocks D. Xebec.

Mereka yang memiliki tekad D biasanya memiliki sebuah “ciri khas” yaitu mereka akan tersenyum menjelang kematiannya. Roger sendiri tersenyum saat eksekusinya dilakukan. Saul tersenyum kepada Robin snelum Aokiji membekukannya. Ace tersenyum di tangan Luffy saat dia tewas akibat terkena pukulan magma Sakazuki. Banyak yang kemudian berasumsi bahwa semua kematian tersebut ada kaitannya dengan “Tekad D.” dan mereka semua tidak takut atau tidak menyesali kematiannya.

Quora.com

Sering kali mereka yang mewarisi tekad tersebut dicap sebagai pemberontak terhadap pihak Pemerinah Dunia. Yang menarik adalah tidak semua yang mewarisi nama D tersebut berkaitan dengan bajak laut. Sejauh ini ada dua nama dari angkatan laut yang memiliki nama D di tengah-tengahnya, Jaguar D. Saul dan Monkey D. Garp. Satu orang penduduk biasa juga memiliki nama ini – Portgas D. Rogue. Sisanya adalah Pasukan Revolusi atau bajak laut.

Para karakter tersebut biasanya diperlihatkan tidak sejalan dengan Pemerintah Dunia atau memberontak. Misalnya Garp yang tidak pernah setuju dengan aturan angkatan lut menjadi “mainan” bagi kaum naga langit. Garp sendiri tidak pernah mau mengisi jabatan Admiral, karena dia tahu resikonya. Jaguar D. Saul justru membantu penduduk Ohara ketika Buster Call terjadi dan rela tewas demi melindungi Robin.

Menurut penjelasan Corazon alias Rosinante, mereka yang memiliki nama “D.” dianggap sebagai musuh bagi para kaum naga langit, musuh dari para tuhan/dewa. Apapun itu, yang pasti perselisihan antara kaum naga langit dan para klan “D.” sudah berlangsung sejak lama dan mungkin ada kaitannya juga dengan abad yang hilang.

Arti sebenarnya dari D. sendiri masih menjadi misteri, dan meskipun Luffy mungkin tidak peduli akan hal itu, ada orang lainnya yang peduli terhadap hal ini. Dia adalah Nico Robin dan juga Law. Law sendiri sudah berjanji kepada Rosinante untuk mencari tahu apa sebenarnya makna dari nma tersebut. Apakah sebenarnya arti dari D. ada di Poneglyph yang ada di Laugh Tale? Kita nantikan saja ya Geeks mudah-mudahan Oda akan menjawab semua misteri tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.