Sudah bukan rahasia lagi jika di musim terakhir di hampir setiap TV series yang penuh dengan adegan aksi, akan memperlihatkan adanya korban jiwa dari para karakter utama yang terlibat dalam cerita. Episode 8 dari seri anime Attack on Titan membuktikan hal tersebut. Dalam episode tersebut para fans harus melihat bagaimana salah satu anggota dari Survey Corps tewas.

Episode 8 dari musim keempat Attack on Titan menjadi episode terakhir bagi Sasha Blouse untuk muncul di ceritanya, dimana dia diceritakan tewas akibat ditembak. Kematian Sasha ini bukan hanya menjadi bukti kemenangan Pasukan Survey atas Marley, tapi juga menjadi “tanda” bahwa di musim terakhir ini bukan tidak mungkin karakter utama dalam ceritanya akan tewas.

Para fans dari AOT mungkin sudah sering melihat bagaimana karakter favorit mereka mampu selamat dari kematian. Armin Arlert pernah diperlihatkan selamat dari kematian, dan itu bukan hanya sekali tapi dua kali. Meskipun begitu, karakter utama lain seperti Bertolt, Ymir, dan Erwin Smith, bernasib lain dimana mereka harus tewas. Namun, kematian Sasha ini bisa dibilang adalah yang paling kejam, bahkan untuk standar cerita dari Hajime Isayama.

Aniradioplus.com

Dalam episode 8, para pasukan Survey Corps akhirnya berhasil kembali ke kapal yang menjemput mereka. Meskipun Reiner berhasil menghentikan Eren untuk memakan Porco Galliard dan menambahkan Jaw Titan ke koleksi kekuatan Titan Shifter miliknya, Eren tetap berhasil mendapatkan kekuatan dari War Hammer Titan dan juga berhasil menyebarkan rasa takut terhadap musuhnya.

Melihat hal itu Gabi berusaha mengejarnya. Meskipun Falco sudah berusaha untuk menghentikan Gabi, bocah perempuan tersebut pada akhirnya menembak mati Lobov dan menggunakan ODM miliknya untuk naik ke pesawat tersebut. Para pasukan Survey sendiri sudah mengendurkan penjagaan mereka karena sudah merasa aman berada di atas pesawat.

Sayangnya, mereka tidak menyadari ada dua anak yang menyusup ke dalam. Tanpa berpikir panjang, Gabi kemudian menembak Sasha dari belakang. Kematian Sasha di episode ini sangat menyayat hati, mengingat sebelumnya kita diperlihatkan momen hangat dari Conny, Jean, dan Sasha yang senang bahwa mereka bisa kembali dengan selamat.

CBR.com

Kematian Sasha mungkin tidak seheroik Erwin dulu. Namun, Attack on Titan berhasil memperlihatkan bagaimana efek yang muncul dari kekerasan dan balas dendam yang tidak berakhir. Kematian Sasha tersebut tentunya merubah hal yang akan terjadi di kemudian hari. Di sisi lain, meskipun Gabi terlalu muda dan keras kepala untuk menyadarinya, apa yang dia lakukan sebenarnya merupakan kejahatan besar, bahkan dilihat dari sudut pandang militer.

Menembak musuh yang sudah mundur bisa dianggap sebagai tindakan pengecut, dan bisa dikatakan itu adalah sebuah aksi pembunuhan. Dan sepertinya sudah terlambat bagi Gabi dan Falco untuk menyadari itu semua, dimana mereka sekarang sudah berada di tangan pasukan Survey dan masih belum diketahui bagaimana nasib mereka nanti.

Kemunculan Gabi dan Falco ini dianggap oleh Zeke Yeager sebagai “salah perhitungan” dalam rencana yang sudah dia buat, dan memberikan petunjuk bahwa Zeke – yang selama ini diperlihatkan ada di pihak Marley – tidak akan membantu kedua anak tersebut. Dengan kata lain, kedua kadet muda tersebut bersiap untuk merasakan apa yang pernah dihadapi oleh generasi lama dulu.

Kematian Sasha tentunya akan terasa berat bagi sebagian fans, dan butuh waktu lama untuk mencerna itu semua. Tapi, di sisi lain, hal itu juga membuka kesempatan bagi karakter baru lainnya yang tidak kalah menarik. Yang pasti, dari episode 8 kemarin kita bisa menarik kesimpulan bahwa para karakter utama dalam cerita juga mungkin akan menemukan takdirnya untuk tewas. Kira-kira siapa lagi karakter utama yang akan tewas di cerita selanjutnya?

Featured image: teahub.io

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.