Eiichiro Oda memang dikenal sebagai salah satu sosok mangaka yang sangat cerdas. Kejeniusan Oda banyak diakui oleh para fans dari One Piece, maupun para mangaka lainnya. Salah satu hal yang membuat Oda sensei jenius adalah bagaimana dia sudah mempersiapkan semuanya, dan terkadang apa yang ingin dia ungkapkan di masa depan sudah diberikan petunjuk sejak jauh-jauh hari.

Hal ini nyatanya juga terjadi para sosok Roronoa Zoro. Ternyata, Oda Sensei sudah merencanakan bahwa dia akan menghadirkan momen dimana Zoro hanya memiliki satu mata saja pada tahun 2000. Hal ini diketahui dalam wawancara yang dilakukan oleh Eiichiro Oda dan Nobuhiro Watsuki, dalam “Rurouni Kenshin Exhibition official artbook” yang sudah dirilis sejak minggu lalu.

Salah seorang fans, @Sandman_AP, membagikan hasil terjemahan dari wawancara tersebut. Menurut hasil terjemahannya, setelah One Piece dirilis (1997-2000), Oda Sensei mengatakan pada Watsuki bahwa Zoro akan menjadi karakter dengan satu mata di masa depan. Setelah mendengar ide dari Oda, akhirnya Watsuki menghilangkan rencana pembuatan karakter protagonis bermata satu yang akan muncul di seri Gun Blaze West.

https://twitter.com/sandman_AP

Hal tersebut dilakukan Wakatsuki demi menghindari situasi dimana beberapa fans mungkin akan beranggapan bahwa Oda Sensei “mencuri” ide dari Watsuki. Watsuki sendiri sempat bertanya kepada Oda Sensei mengapa dia ingin Zoro menjadi sosok karakter bermata satu, namun sayangnya Oda masih belum menjawab pertanyaan tersebut.

Oda sepertinya memang sudah merencanakan secara matang bagaimana Zoro kemudian akan menjadi karakter yang bermata satu. Sayangnya, memang sampai sekarang kita masih belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi kepada mata kiri Zoro. Banyak spekulasi yang mencoba menjawab pertanyaan tersebut, misalnya hal itu terjadi saat latihan bersama Mihawk.

Berdasarkan dari apa yang sudah diperlihatkan di ceritanya, mata kiri Zoro memiliki sebuah kekuatan misterius, yang mirip seperti Conqueror Haki dimana bisa memanipulasi musuh. Contohnya adalah ketika Zoro bertarung melawan Monet atau ketika Zoro menghabisi para samurai tanpa menyentuhnya di Wano. Kita nantikan saja ya Geeks apa kekuatan terbesar dibalik mata Zoro tersebut.

Image featured: wallpapersafari.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.