Seri manga Naruto sudah menjadi salah satu manga tersukses dalam sejarah. Serinya sendiri berhasil merilis 699 chapter yang ditulis oleh Masashi Kishimoto. Naruto sendiri berkisah tentang seorang anak kecil, yang berjuang untuk menjadi shinobi terhebat dan bertekad untuk mewujudkan mimpinya yaitu menjadi seorang Hokage. Banyak tanggapan positif muncul untuk seri manga ini.

Cerita di manganya penuh dengan berbagai twist mengejutkan, serta momen-momen memilukan. Berbagai momen menyedihkan, twist mengejutkan, dan berbagai momen yang memunculkan motivasi menjadi poin-poin penting mengapa Naruto banyak diminati oleh para fans. Berbagai twist dan momen menyedihkan tersebut muncul di setiap arcnya. Berbicara mengenai arc, berikut adalah beberapa arc terpanjang di sepanjang serinya.

Misi Penyelamatan Kazekage (37 chapter)

Arc penyelamatan Kazekage alias Gaara ini terjadi di chapter 245 sampai 281. Ceritanya sendiri bermula ketika Naruto akhirnya kembali ke Konoha setelah dua tahun pergi untuk berlatih. Selama dua tahun tersebut, Naruto pergi bersama Jiraiya, mempelajari berbagai teknik baru. Begitu pulang, Naruto langsung bertemu dengan teman-teman lamanya, dan mengetahui bahwa Gaara saat itu sudah menjadi seorang Kazekage.

Comicvine.gamespot.com

Namun, peristiwa mengejutkan muncul dimana Deidara dan Sasori dari kelompok Akatsuki muncul di desa Suna untuk menangkap Gaara. Dengan kemampuan mereka, keduanya mampu mengalahkan Gaara. Setelah mendengar apa yang terjadi, Naruto dan Team Kakashi kemudian langsung pergi ke desa Suna. Naruto benar-benar berusaha menyelamatkan Gaara dari tangan Akatsuki, meskipun sayangnya mereka berdua berhasil mengambil Shukaku.

Lahirnya Jinchuuriki Jyuubi (38 Chapter)

Arc ini berjalan mulai dari chapter 640 sampai 677. Ceritanya sendiri muncul di akhir serinya, dimana pada saat itu diperlihatkan Obito Uchiha menjadi Jinchuriki bagi Jyuubi alias monster ekor sepuluh. Para shinobi kuat Konoha seperti Minato, Sasuke, Naruto, dan Tobirama kemudian bekerja sama mencoba untuk menghentikan Obito dan kegilaannya.

Worldtopbuzz.com

Obito sendiri pada akhirnya berhasil sadar bahwa dia salah, ketika dia kembali mengingat momen-momen bersama Rin dan Kakashi. Sementara itu, Madara kemudian menjadi Jinchuriki bagi Jyuubi selanjutnya. Semua shinobi kemudian saling bersatu untuk menghentikan peristiwa mengerikan tersebut, karena dunia terancam berada di bawah pengaruh Infinite Tsukuyomi. Pada akhirnya Team 7 berhasil menghentikan semua itu.

Serangan Pain ke Konoha (41 Chapter)

Pain pernah menjadi mimpi buruk bagi para penduduk Konoha, seperti diperlihatkan di chapter 413 sampai 453 dimana dia muncul di Konoha dan menyebarkan teror. Pain, yang merupakan anggota Akatsuki terkuat, muncul di Konoha demi mencari Naruto dan mendapatkan Kurama. Sayangnya, saat itu Naruto sedang tidak ada di Konoha. Pain menggunakan Six Paths untuk mengancam para shinobi Konoha demi membocorkan lokasi keberadaan Naruto.

Cultture.com

Naruto sendiri pada akhirnya kembali ke desanya dan bersiap untuk menghadapi Pain. Pain sendiri berhasil membuat Naruto tersungkur ke tanah dan tidak berdaya menghadapi anggota Akatsuki tersebut. Hinata kemudian muncul untuk menyelamatkan Naruto, namun sayangnya Hinata tidak sebanding dengan Pain. Melihat Hinata disakiti, Naruto mulai hilang kendali dan mengeluarkan semua tekniknya. Pada akhirnya, Naruto sendiri berhasil mengalahkan Pain.

Perang Dunia Besar Shinobi Bagian Pertama (44 Chapter)

Arc ini bertindak sebagai permulaan dari perang besar shinobi keempat, dan berlangsung dari chapter 516 sampai 559 di manganya. Dalam arc tersebut diperlihatkan para Shinobi dari seluruh dunia bergabung untuk menghadapi Black Zetsu, dan juga berbagai shinobi mengerikan lainnya yang dibangkitkan kembali dari kematiannya. Para Shinobi yang sudah meninggal seperti Nagato, Itachi, dan Zabuza pun ikut bertarung.

Aminoapps.com

Naruto sendiri pada saat itu tidak berada di medan pertempuran, dia sedang berlatih bagaimana menggunakan chakra Kurama untuk kepentingannya.  Sasuke sendiri baru selesai menjalani operasi, yang mana kemudian dia bisa menggunakan Mangekyou Sharingan. Arc ini sendiri diakhiri dengan kebangkitan Madara Uchiha.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.