Dalam cerita Attack on Titan, kita melihat bagaimana manusia berlomba-lomba untuk mendapatkan kekuatan Titan. Hal ini dilakukan semata-mata demi sebuah kejayaan bangsa mereka. Kita bisa melihat bangsa Eldian ribuan tahun yang lalu, dimana King Fritz sengaja menggunakan kekuatan Titan Ymir Fritz sebagai senjata utamanya untuk memperluas wilayahnya dan menaklukan berbagai kerajaan lain.

Sejak kematian dari Ymir Fritz, kekuatan Titan miliknya kemudian diwariskan kepada sang anak – Rose, Sina, Maria – yang kemudian diwariskan lagi kepada keturunan lainnya. Meskipun ada sebagian yang tetap dipegang oleh satu keluarga – misalnya keluarga Tybur dengan War Hammer Titan – namun ada juga orang lainnya – yang tidak memiliki keterkaitan keluarga atau apapun – yang mewarisi kekuatan Titan tersebut.

Berbicara mengenai pewarisan Titan, ada hal menarik dalam ceritanya. Seseorang bisa memiliki kekuatan lebih dari satu Titan Shifter atau Titan Ymir, dengan syarat orang tersebut berhasil mengalahkan/memakan Titan lainnya. Hal ini bisa kita lihat di sosok Eren Yeager, dimana Eren saat ini memiliki tiga kekuatan Titan sekaligus: Attack Titan, War Hammer Titan, dan Founding Titan.

Quora.com

Memiliki lebih dari satu kekuatan Titan pastinya banyak Geeks yang mungkin bertanya, bagaimana hal itu bisa terjadi? Bagaimana dengan jatah usia penggunanya? Dan apakah kekuatan tersebut bisa kembali diwariskan? Berdasarkan ceritanya, seseorang memang bisa memiliki kekuatan lebih dari satu Titan. Seperti disebutkan di atas, hal itu bisa terjadi selama memang orang tersebut memakan Titan/mengalahkannya.

Contohnya adalah Eren Yeager, yang mendapatkan dua kekuatan Titan sekaligus dari sang ayah, Grisha Yeager. Saat itu, Eren disuntikan cairan tulang belakang Titan yang membuatnya menjadi Mindless Titan dan memakan Grisha. Secara tidak langsung hal tersebut memberikan kekuatan pada Eren. Hal ini berlaku pula terhadap Titan lainnya. Jikapun tidak dimakan, mungkin seseorang bisa meminum darah pemilik Titan, seperti halnya Eren yang meminum darah Adik Willy Tybur.

Bagaimana dengan usianya? Apakah dengan memiliki kekuatan lebih dari satu Titan maka usianya akan bertambah? Seperti yang kita ketahui, pewaris/pemilik kekuatan Titan akan terkena kutukan yang disebut ‘kutukan Ymir’ dimana setelah mereka memiliki kekuatan Titan usia mereka hanya tersisa 13 tahun lagi, dari usia ketika mereka mendapatkan kekuatannya.

Duniagames.com

Misalnya ketika kita mendapatkan kekuatan Titan pada umur 10 tahun, maka kita akan tewas pada usia 23 tahun, mengingat jatah usia kita tinggal 13 tahun lagi. Jika melihat apa yang terjadi kepada Eren, jatah usianya tidak bertambah. Pada tahun 845, usia Eren masih 10 tahun saat disuntikan cairan tulang belakang Titan dan mewarisi Attack dan Founding Titan.

Kemudian pada tahun 850, Eren mengatakan bahwa jatah hidupnya tinggal 8 tahun lagi. Kemudian pada 854, saat dia menyusup ke Liberio, dia mengatakan bahwa usianya hanya tinggal 4 tahun lagi. Lalu, apakah kekuatan tersebut bisa diwariskan? Kembali, kita melihat contoh kasusnya dari Eren. Disebutkan di atas bahwa Grisha sempat menyuntikan cairan tulang belakang Titan kepada Eren.

Setelah berubah menjadi Mindless Titan, Eren memakan ayahnya dan kemudian dia mewarisi kekuatan dua Titan sekaligus. Ini menjadi bukti bahwa kekuatannya memang bisa diawariskan kepada siapapun, selama mereka bisa memakan/mengalahkannya. Mewarisi lebih dari satu kekuatan Titan tentunya akan menjadi beban tersendiri kepada pemiliknya. Seperti halnya pepatah mengatakan, dengan kekuatan yang besar dibarengi juga dengan tanggung jawab yang besar.

Featured image: wallpaperaccess.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.