Setelah cukup lama dinantikan oleh para fans, akhirnya Titan Shifter terakhir yang ditunjukan di seri anime Attack on Titan yaitu War Hammer Titan akhirnya muncul di musim keempat. War Hammer Titan merupakan salah satu dari sembilan Titan Shifter atau Titan Ymir yang ada. Sama halnya seperti Titan Shifter lain, War Hammer Titan juga memiliki keunikan yang menarik.

War Hammer Titan sendiri diperkenalkan di episode enam, ketika Eren menunjukan form Attack Titan miliknya dan menyerang Liberio. Dalam episode tersebut kita melihat bagaimana Eren bertarung melawan War Hammer dan cukup kesulitan menghadapi segala kemampuannya. Namun, pada akhirnya Eren tahu bagaimana mengalahkan War Hammer Titan. Mungkin diantara Geeks ada yang kurang begitu mengenal Titan ini, dan berikut adalah beberapa hal menarik mengenai War Hammer Titan.

Sama Seperti Founding Titan

Maksud sama disini adalah bukan dari bentuk atau ukuran atau kekuatannya. Namun, sama disini adalah bagaimana kekuatannya diwariskan. Seperti yang dijelaskan di episode awal musim keempat, War Hammer Titan sudah sejak ratusan tahun lalu hanya dimiliki oleh satu keluarga saja, yaitu keluarga Tybur. Berbeda dengan pewaris Titan lainnya yang memiliki pewaris yang berbeda.

Vigiato.net

Hal ini sama dengan kekuatan Titan dari Founding Titan, dimana pewarisnya selama ini adalah keturunan dari keluarga Fritz alias Reiss sebelum kemudian kekuatannya dicuri oleh Grisha Yeager dan diwariskan lagi kepada Eren Yeager. Keluarga Tybur berhasil menjaga kekuatan War Hammer Titan dari generasi ke generasi. Tidak ada keluarga lain yang berhasil mewarisi kekuatan War Hammer Titan selain keluarga Tybur – namun Eren kemudian meminum darah pewaris kekuatan Titan tersebut di episode 7.

Memiliki Kemampuan Mengeraskan

Pengerasan (hardening) adalah salah satu kemampuan yang sangat penting yang ditunjukan di sepanjang serinya. Annie dan Female Titan miliknya mampu menciptakan sebuah kristal yang sangat kuat, yang menutupi tubuhnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari kejaran dan juga hukuman dari Survey Corps. Seperti yang diketahui, Annie adalah penyusup di organisasi tersebut.

Reddit.com

Selain Annie, pengguna Founding Titan juga bisa melakukan hal yang sama seperti misalnya saat Karl Fritz memerintahkan jutaan Wall Titan untuk saling berdempetan dan kemudian mengeraskan dirinya, menjadi tiga tembok besar yang melindungi penduduk Paradis. Namun, untuk masalah teknik pengerasan, War Hammer Titan jauh lebih kuat dibandingkan yang lain.

Bukan Di Pundak

Geeks mungkin sudah mengetahui bahwa cara yang paling umum untuk membunuh Titan adalah dengan menyerang bagian lehernya, terutama di bagian leher belakang. Kita banyak melihat para pasukan Survey Corps menghabisi Titan yang ada dengan memutari badan mereka dan kemudian mengincar bagian leher belakang. Mereka kemudian akan menebas bagian tersebut dan akhirnya Titan terebut mati.

CBR.com

Namun, War Hammer Titan berbeda dengan Titan lainnya. Eren menyadari hal ini ketika semua serangan yang diarahkan kepadanya selalu gagal. Di episode 6 kemarin akhirnya Eren menyadari bahwa pemilik kekuatan Titannya tidak berada di dalam Titan tersebut, melainkan di tempat terpisah. Eren kemudian melihat bahwa adik dari Willy Tybur berada di bawah tanah, dan mengeraskan bagian tubuhnya.

Adik Willy Tybur

Entah sengaja atau tidak, Hajime Isayama selama ini tidak pernah memberikan nama terhadap pewaris kekuatan War Hammer Titan. Pewaris dari kekuatan War Hammer Titan ini dikenal dengan sebutan adik dari Willy Tybur (Willy Tybur’s Sister). Yang unik adalah selama ini dunia tidak pernah tahu bahwa dialah yang menjadi pewaris dari kekuatan dari War Hammer Titan.

Youtube.com

Bahkan, keluarga dari Tybur sendiri tidak ada yang mengetahui siapa sebenarnya pemiliki kekuatan War Hammer tersebut. Yang mereka ketahui hanyalah salah satu dari mereka merupakan pewaris War Hammer Titan. Di episode sebelumnya, kita melihat bagaimana Willy seolah-olah menjadi pewaris sebenarnya. Namun, kita baru mengetahui fakta sebenarnya setelah Willy dimakan oleh Eren.

Menjadi Milik Eren

Episode 7 kemarin menjadi puncak pertarungan antara Eren dan adik Willy Tybur. Di episode sebelumnya, Eren akhirnya berhasil mengetahui dimana posisi tubuh aslinya – yang ternyata ada di bawah tanah. Eren sendiri kemudian berusaha untuk menghancurkan kristal yang menyelimuti tubuh adik Willy tersebut. Namun, kristalnya begitu keras dimana justru gigi Attack Titan yang hancur.

Duniagames.com

Eren kemudian berhasil menghancurkan kristal tersebut setelah melihat bahwa kuku dari Jaw Titan mampu merusak kristalnya. Disaat Jaw Titan sudah tidak sadarkan diri, Eren kemudian memaksa Jaw Titan menghancurkan kristal tersebut, yang mana akhirnya berhasil dan tubuh adik Willy Tybur sendiri hancur. Darahnya kemudian diminum oleh Eren, yang mana artinya Eren kini memiliki kekuatan dari War Hammer Titan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.