Geeks mungkin pernah mendengar istilah “Komandan Pertama Yonko” atau Yonko First Commander dalam cerita. Biasanya, istilah tersebut diberikan kepada mereka yang memang menjadi sosok kepercayaan/tangan kanan dari Yonko tersebut. Istilah tersebut juga digunakan sebagai tolok ukur untuk kekuatan dari para karakter. Misalnya karakter A memiliki kemampuan yang sama dengan seorang komandan Yonko.

Hal itu, tanpa kita sadari, justru membuat ekspektasi tinggi terhadap karakter tertentu. Misalnya sosok King dan Queen yang diprediksi memiliki kekuatan yang dahsyat. Atau Marco yang sempat dianggap lemah oleh sebagian fans. Pertanyaanya kemudian apakah memang ada istilah komandan pertama Yonko tersebut? Jika Geeks perhatian secara detail dan mendalam, sebenarnya Oda Sensei tidak pernah memberikan istilah atau merujuk pada hal tersebut.

Istilah tersebut bisa dibilang diciptakan oleh komunitas, yang artinya para fans sendiri yang membuat istilah tersebut. Oda Sensei tidak pernah mengelompokan King, Marco, Benn Beckman, Katakuri, atau bahkan Zoro sebagai sosok komandan pertama Yonko. Mereka juga memiliki kekuatan yang berbeda, dan itu yang paling penting.

Twitter.com

Ada delapan kru bajak laut yang diakui kemampuannya saat ini, dan mereka terbagi menjadi dua kelompok. Pertama adalah kelompok yang kecil namun memiliki para kru yang dahsyat. Mereka adalah kelompok Rocks, Roger, Rambut Merah, dan Topi Jerami. Masing-masing anggota kru memiliki dinamisme masing-masing dalam hal kekuatan.

Dalam kelompok tersebut kita melihat bagaimana sosok kapten dan wakil kapten hampir tidak ada bedanya. Oda Sensei sering menggambarkan mereka berdua sebagai sosok duo terbaik, misalnya Roger dan Rayleigh, Shanks dan Benn Beckman, atau Luffy dan Zoro. Rasanya kita tentu sepakat bahwa memang tidak ada jarak yang terlalu jauh dalam hal kekuatan dari nama-nama itu.

Kemudian kelompok kedua adalah mereka yang memiliki jumlah kru paling banyak dan memiliki perbedaan kekuatan yang sangat jelas. Kelompok bajak laut Whitebeard, Blackbeard, Big Mom, dan Beasts menjadi contoh nyata dari hal ini. Kita bisa melihat bagaimana perbedaan kekuatan antara sang kapten dan bawahannya, serta krunya, begitu terasa.

Whitebeard memanggil Marco dan para komandan divisi lainnya sebagai anaknya, Big Mom selalu memandang rendah anak-anaknya, dan menganggap Katakuri tidak memiliki kekuatan yang sama dengannya. Blackbeard tidak pernah peduli dengan para krunya dan dia hanya peduli terhadap kekuatan. Sedangkan Kaido adalah sosok yang memang memiliki perbedaam kekuatan yang jelas dengan para krunya. Belum lagi, Kaido menerapkan sistem Meritokrasi yang artinya siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk mengisi sebuah posisi.

Berdasarkan penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa ada dua kelompok besar bagaimana Oda Sensei menggambarkan sebuah kru bajak laut, dan istilah komandan pertama Yonko atau seterusnya tidak pernah ada di manganya, dan hanya istilah yang dibuat para fans. Mungkin saja itu sengaja dibuat untuk mengklasifikasikan siapa sosok yang lebih dekat kekuatannya dengan para Yonko.

Featured image: youtube.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.