Selalu menarik untuk menebak bagaimana akhir dari sebuah cerita. Dalam cerita One Piece sendiri, banyak fans mencoba berspekulasi bagaimana akhir dari petualangan Luffy nanti. Salah satu spekulasi yang paling populer adalah Luffy dan kru Topi Jerami akan bertarung menghadapi sosok misterius Im Sama. Seperti yang diketahui, Im sama adalah pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia.

Im sama posisinya jauh di atas Gorosei, dan masih belum diketahui bagaimana wujud atau rupanya dan juga bagaiamana level kekuatannya. Namun, jika melihat jabatannya yang jauh lebih tinggi dari Gorosei, bisa kita simpulkan bahwa memang Im Sama memiliki peran yang sangat penting dan kekuatan yang dahsyat. Jika memang begitu bagaimana kemudian Luffy akan bisa menghadapi Im Sama?

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari Oda Sensei adalah bagaimana dia selalu memasukan unsur-unsur yang mendalam terhadap setiap karakter. Pertarungan Luffy melawan Im Sama, kemungkinan besar bukan hanya sekedar pertarungan antara yang baik dan yang jahat. Seorang villain yang baik dan menarik adalah bukan hanya sekedar bagaimana mereka tidak setuju atau berlawanan dengan sang protagonis.

theanimespoiler.com

Seorang villain yang menarik juga harus memiliki level moral dalam karakternya. Luffy sendiri ingin mengeksplor dunia dan berteman dengan sebanyak mungkin orang. Dalam peran Marineford, Mihawk mengatakan bahwa kekuatan terbesar dari Luffy adalah mampu membuat orang lain – bahkan musuhnya – menjadi temannya, atau mau mendukungnya. Dengan kata lain, Luffy mampu untuk membuat semua orang bersatu.

Disaat Im ingin semuanya terkotak-kotakan atau terbagi-bagi, Luffy justru menginginkan kebebasan. Perbedaan ideologi dan juga pandangan ini akan menjadi sumber konflik dengan Im. Im mungkin akan mencoba menyadarkan Luffy bahwa dunia sudah rusak secara alami dan semua sistem sengaja dibuat/muncul pada akhirnya jatuh ke tangan yang salah. Akan selalu ada orang yang harus duduk di atas kepmimpinan.

Luffy pun tidak senang dengan hal itu, dan dia akan membuktikan bagaimana semua yang menjadi pandangan dari Im adalah salah. Dia akan menunjukan bagaimana kekuatan dari persatuan dan kebebasan akan menghancurkan semua hal yang berkaitan dengan opersi atau kekuasaan. Lalu, bagaimana Luffy akan mengumpulkan kekuatan yang sejalan dengan pikirannya?

Dalam cerita One Piece, terdapat lima kelompok yang muncul dan memberikan pengaruh. Kaum naga langit, angkatan laut, Shichibukai, Yonko, dan bajak laut. Masing-masing memiliki “peran” dalam cerita. Misalnya kaum naga langit adalah mereka yang berkuasa, bajak laut adalah penjahat, dan angkatan laut adalah mereka yang berusaha menghentikan upaya bajak laut.

Aminoapps.com

Terdapat juga delapan ras yang kemungkinan menjadi ras utama di cerita One Piece. Ras tersebut adalah manusia, duyung, raksasa, dan sebagainya. Dengan mengumpulkan delapan ras yang ada, semua bajak laut, organisasi, dan/atau negara-negara yang siap menolak  atau menentang keberadaan Pemerintah Dunia akan bergabung dan menjadi kekuatan besar bagi Luffy.

Belum lagi, Pemerintah Dunia pun memiliki musuh bebuyutan yaitu klan D. Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Dunia dulunya adalah gabungan dari 20 kerajaan yang ada yang kemudian bersatu untuk menyerang dan menghancurkan kerajaan kuno. Meskipun belum ada konfirmasi apapun, kemungkinan kerajaan kuno ini adalah rumah bagi klan D.

Dan seperti yang sejauh ini sudah diperlihatkan dalam cerita, Klan D adalah musuh bagi para “dewa” atau dalam hal ini adalah kaum naga langit. Kemungkinan di akhir cerita One Piece, kita akan melihat bagaimana seluruh “keturunan” dari klan D akan bergabung bersama Luffy, bertarung menghadapi Pemerintah Dunia dan Im Sama.

Sejauh ini memang belum banyak klan D yang diketahui, kurang lebih baru sekitar 10 orang yang sudah muncul dalam cerita. Tapi, seperti yang diungkapkan oleh Doflamingo bahwa klan D saat ini sedang bersembunyi di berbagai wilayah. Bukan tidak mungkin ketika waktunya tiba, mereka akan kembali muncul dan bangkit serta mengembalikan semangat D (Will of D) yang selama ini padam.

Momen ketika Luffy menemukan One Piece dan berhasil mengungkapkan rahasia dunia kepada semua orang, momen itulah yang menjadi titik balik bagi semua orang, dengan menyadari bahwa selama ini mereka semua sudah ditipu oleh rekayasa Im Sama. Jika ini memang benar terjadi, tidak diragukan lagi Luffy akan menghadirkan aliansi paling besar dan paling epik yang pernah ada di serinya. Kita nantikan saja ya Geeks cerita pertempuran terbesar di One Piece ini terjadi.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.