Dunia dalam cerita Attack on Titan saat ini sedang dalam kondisi genting dimana jutaan Titan sedang bergerak ke arah mereka. Hal tersebut disebabkan oleh peristiwa Rumbling yang diawali oleh Eren Yeager. Eren sendiri memulai peristiwa Rumbling karena dia sudah muak dengan semua kejahatan dan berbagai hal lainnya yang dilakukan oleh manusia, khususnya mereka yang ada di luar pulau Paradis.

Eren menaruh dendam besar terhadap mereka karena apa yang terjadi dalam hidupnya. Eren harus kehilangan ibunya akibat serangan Titan, yang ternyata sudah menjadi rencana dari Marley untuk menghancurkan Paradis dengan membuat para Titan masuk ke wilayah di balik dinding. Banyak juga hal-hal mengerikan lainnya akibat pertempuran dengan bangsa Marley.

Dengan menggunakan kekuatan Founding Titan dan dengan adanya peran dari Zeke Yeager, yang memiliki darah kerajaan, akhirnya Eren pun bisa memulai proses Rumbling. Rumbling sendiri adalah sebuah peristiwa dimana pengguna Founding Titan, memerintahkan jutaan Titan untuk meratakan manusia dan menghancurkan semua hal yang menjadi hambatan.

Reddit.com

Para pasukan aliansi – Survey Corps dan Warrior Unit – saat ini mencoba untuk menghentikan upaya dari Eren. Mereka mencoba meledakan bagian belakang kepala Eren. Jika melihat unggahan dari Hajime Isayama tentang “panel terakhir” dari serinya, sepertinya memang manusia berhasil menang melawan para Titan. Eren kemungkinan juga berhasil dikalahkan dan tewas.

Namun, apa yang akan terjadi kepada dunia jika kemudian justru para Titan yang menang? Bagaimana jika pasukan aliansi tidak berhasil mengalahkan Eren? Dunia pastinya akan sangat berbeda jika itu terjadi. Perdamaian antara Marley dan Eldian rasanya sulit untuk terwujud, jika melihat apa yang terjadi di chapter 136 kemarin dimana pasukan Eldian yang tadinya hendak membantu, justru malah dianggap memberontak oleh pasukan Marley.

Dunia pasti akan sangat kacau dan jauh lebih mengerikan, karena para Titan sekarang sudah bukan lagi hanya ada di pulau Paradis tapi juga di seluruh belahan dunia. Hampir tidak ada tempat yang aman, karena semua tempat atau wilayah sudah rata dengan tanah. Populasi di dunia juga kemungkinan tidak akan sebanyak dulu, karena akan ada banyak korban jiwa.

Satu-satunya tempat yang masih aman adalah pulau Paradis. Mereka dipisahkan oleh laut, sehingga setidaknya mereka aman dari serangan para Titan. Kita memang belum tahu bagaimana nasib Eren, namun dengan asumsi Eren masih hidup, dia mungkin akan kembali ke Paradis dan menjaga wilayah tersebut dari serangan musuh. Lalu, bagaimana dengan para Titannya?

Comicbook.com

Eren mungkin akan memilih untuk membiarkan para Titan tersebut berkeliaran, meratakan berbagai tempat di belahan dunia lain. Para penduduk Paradis mungkin akan sedikit aman karena tidak ada lagi Titan di wilayah mereka – ditambah juga ada Eren. Dengan tidak adanya tembok yang menghalangi mereka, artinya wilayah mereka juga semakin luas dan lebih banyak hal yang mungkin bisa dieksplor.

Masih belum diketahui memang apa saja potensi yang ada di Paradis, namun yang pasti mereka setidaknya akan sedikit lebih maju dibandingkan sebelumnya. Mereka mungkin akan mengenal hal-hal yang sebelumnya belum pernah mereka rasakan. Bagaimana dengan Eren? Bisa dipastikan akan ada dua kubu yang muncul di Paradis, mereka yang mendukung Eren dan tidak.

Sebagian yang masih menaruh dendam, pastinya akan berpikir bahwa Eren adalah pahlawan. Namun, bagi orang-orang yang tidak sejalan, mungkin akan menganggap Eren sebagai monster. Bukan tidak mungkin jika Mikasa pada akhirnya akan “menyerah” terhadap Eren, dan juga rekan-rekannya yang lain yang tidak sejalan dengan ide dari Eren.

Kita tentunya berharap bahwa semuanya akan berakhir dengan baik, karena dipenuhi oleh teror dari makhluk mengerikan bukanlah hal yang menyenangkan. Dan juga adanya resolusi dari perselisihan selama ratusan tahun antara Marley dan Eldian. Apakah manusia akan bisa bertahan? Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!

Featured image: wallpaperaccess.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.