Jalan cerita dari seri Attack on Titan benar-benar sangat luar biasa. Banyak hal yang bisa menjadi alasan mengapa Attack on Titan menjadi seri yang harus dilihat ataua dibaca oleh para penggemar manga ataupun animenya. Dalam ceritanya, para fans akan disuguhkan oleh berbagai tragedi dan juga plot twist. Bahkan, sedari awal para fans sudah diajak untuk berspekulasi.

Inilah menjadi salah satu formula mengapa cerita Attack on Titan kemudian meledak dan populer. Dalam sebuah seri, plot twist adalah sesuatu yang membuat ceritanya semakin menarik. Para fans digiring untuk percaya mengenai sesuatu padahal faktanya kemudian berbeda. AoT sendiri memiliki banyak sekali plot twist menarik. Apa saja?

Colossal Titan Menyerang Trost

Serangan dari Colossal Titan terhadap Wall Maria mungkin menjadi kejutan yang luar biasa di awal episode. Para karakter dibuat terpaku dan tidak percaya bahwa ada Titan yang tinggi dan besarnya melebihi para Wall Titan. Colossal Titan kemudian kembali menyerang, namun kali ini menyerang distrik Trost.

Cultture.com

Ketika Eren, Mikasa, dan Armin baru saja menyelesaikan pelatihan dasar mereka dan memperlihatkan sebuah harapan kepada para fans, Colossal Titan kemudian tiba-tiba saja muncul. Serangannya benar-benar tidak diduga, yang mana hal tersebut membuat Eren dan tim lainnya kalah. Jika serangan tersebut tidak berhasil dihentikan oleh karakter lainnya, mungkin para penduduk Paradis sudah banyak yang tewas.

Eren Yeager Ternyata Attack Titan

Sebelum Eren menunjukan dirinya sebagai seorang Titan dalam arc Battle of Trost District, para fans tidak percaya dan tidak memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Titan memiliki kaitan dengan manusia. Terlepas dari bagian tubuh mereka yang terlihat sama, namun para Titan tidak memiliki sikap atau adab.

Aminoapps.com

Ketika seorang Titan berotot muncul untuk menyelamatkan Mikasa, para fans baru percaya bahwa manusia dan Titan memiliki koneksi. Dalam pertarungan di distrik Trost, para fans kemudian dikejutkan oleh fakta bahwa Eren ternyata memiliki kekuatan Titan. Ini menjadi menarik, karena dengan adanya Eren setidaknya para penduduk Paradis memiliki harapan untuk melawan musuh besar mereka.

Female Titan vs Survey Corps

Setelah mengetahui bahwa Eren adalah Titan, para pasukan dari Survey Corps  langsung memberikan peningkatan kepada Eren dengan memasukannya ke tim milik Levi. Dalam usaha untuk mengambil alih kembali Wall Maria, mereka diserang oleh Female Titan yang penampilannya sangat mirip dengan Annie.

Comicvine.gamespot.com

Para fans kemudian mendapatkan jawaban sebenarnya mengenai Female Titan setelah beberapa waktu, namun setelah melihat transformasi Eren di Trost, para fans sendiri rasanya sudah banyak yang memperkirakan atau berspekulasi bahwa itu adalah Annie. Mekipun begitu, fakta ini tetap saja mengejutkan para fans.

Sejarah Grisha Yeager di Marley

Ketika Eren diculik oleh Rod Riess, dia kemudian mengetahui bahwa ayahnya dulu pernah mencuri kemampuan Founding Titan dari keluarga kerajaan sebelum kemudian diberikan kepada Eren. Namun, pada kenyataannya, itu hanyalah sebuah puncak es dari berbagai fakta mengejutkan lainnya yang dimiliki oleh sosok Grisha Yeager.

Heshero.com

Diketahui ternyata Grisha Yeager berasal dari bagian dunia yang lain, dengan kata lain adalah dia berasal dari Marley. Grisha Yeager sengaja “dibuang” ke Paradis, karena dia dianggap sebagai orang yang bertentangan dengan kedaulatan Marley. Rencana Grisha untuk mendapatkan Founding Titan dan menyerahkannya kepada Eren menjadi salah satu hal yang menjadi fokus utama di awal musim. Ketika fakta lainnya terungkap, akhirnya diketahui bahwa selain manusia dan Titan, ada pihak lain yang harus dilawan Eldian yaitu Marley.

 

Reiner dan Bertolt vs Survey Corps

Setelah melihat pertarungan Eren dan Annie, para fans kemudian bertanya-tanya apakah ada pengkhianat lainnya di tubuh Survey Corps. Apakah Titan yang memakan ibu dari Eren juga ada di kelompok Survey Corps? Siapa sebenanya sosok dibalik Armored Titan dan Colossal Titan? Dan jawaban dari pertanyaan itu membuat para fans terkejut.

CBR.com

Fakta sebenarnya kemudian terungkap, bahwa Reiner dan Bertholt adalah Armored Titan dan Colossal Titan. Hal tersebut kemudian dibuktikan dengan keduanya yang bertransformasi di depan mata pasukan Survey. Banyak fans yang menganggap bahwa momen tersebut menjadi salah satu hal yang paling menyakitkan di seri tersebut, mengingat selama ini para fans mengenal Reiner sebagai sosok yang selalu membimbing Eren.

Saudara Eren Ternyata Memiliki Darah Kerajaan

Salah satu momen yang paling emosional dari serinya, selain momen ketika Reiner dan Bertholt menunjukan dirinya sebagai Titan, adalah ketika mengetahui bahwa sosok Titan yang memiliki senyum mengerikan, yang memakan ibu dari Eren Yeager, ternyata adalah mantan istri dari Grisha Yeager, Dina Fritz.

Twitter.com

Seperti namanya, Dina Fritz adalah keturunan dari keluarga Fritz, dengan darah kerajaan mengalir dalam tubuhnya. Dina kemudian memiliki keturunan, yang saat ini memiliki kekuatan Beast Titan, yaitu Zeke Yeager. Fakta bahwa Eren sebenarnya memiliki saudara kandung satu bapak, menjadi hal yang sangat mind blowing. Selain itu, artinya Zeke adalah peluang bagi Eren untuk bisa menggunakan kekuatan Founding Titan sepenuhnya, mengingat Zeke memiliki darah kerajaan. Apakah Zeke akan menjadi sosok yang mengalahkan Eren dan membebaskan manusia?

Krueger Adalah Eren Yang Menyamar

Musim keempat yang sekaligus menjadi musim terakhir bagi Attack on Titan memberikan para penonton kesempatan untuk bisa melihat kehidupan di wilayah Marley. Kita juga diperlihatkan bagaimana cerita dari sudut pandang Reiner dan juga para kandidat Warrior muda. Dalam arc tersebut, salah satu kadet muda pasukan Warrior kemudian bertemu seseorang yang bernama Krueger.

Explica.co

Dia bertemu dengan sosok Krueger tersebut di rumah sakit di wilayah pinggiran Liberio. Krueger terlihat terluka parah dengan bagian matanya yang ditutupi perban, dan sebagian kakinya hilang. Namun, faktanya sosok pria tersebut bukanlah Krueger melainkan Eren Yeager yang sudah “dewasa” setelah empat tahun berlalu. Ini merupakan sebuah plot twist yang menjadi penanda tentang deklarasi perang antara Eldian dan Marley.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.