Para fans dari One Piece tahu bahwa Zoro bukan seorang ahli pedang biasa. Zoro memiliki tekad yang sangat kuat, dan juga kemampuan fisik yang luar biasa. Yang unik dari sosok Zoro adalah dia tidak menggunakan teknik satu atau dua pedang saja, melainkan tiga pedang atau santoryu. Teknik ini membuat Zoro menggunakan dua pedang di kedua lengannya, dan satu pedang lainnya di bagian mulutnya.

Sebagai salah satu karakter terkuat dan ahli pedang terbaik, Zoro tentunya tidak sembarangan memiliki pedang. Koleksi pedangnya memiliki kekuatan atau sejarah yang mendalam. Saat ini Zoro memiliki tiga buah pedang, yaitu Wado Ichimonji. Pedang ini adalah pedang yang termasuk dalam kategori Meito atau pedang legendaris. Pedang ini diberikan oleh ayah Kuina yang sekaligus adalah gurunya, Shimotsuki Koushiro.

Wado Ichimonji adalah pedang pertama yang dimiliki oleh Zoro sebelum dia memulai petualangannya menjadi seorang ahli pedang terbaik di dunia. Pedang lainnya yang Zoro miliki juga masuk kategori Meito yaitu Sandai Kitetsu, Yubashiri, Shusui, dan Enma. Namun, saat ini Zoro hanya memiliki Sandai Kitetsu, Wado Ichimonji, dan Enma.

Sebelum menerima Enma, Zoro dulu pernah memiliki pedang Black Blade yaitu Shusui. Pedang tersebut diketahui adalah milik dari Ryuma, sosok samurai legendaris Wano. Namun, setelah bertemu dengan Hiyori dan Kawamatsu, serta dijelaskan mengenai seberapa pentingnya pedang Shusui bagi penduduk Wano, akhirnya Zoro mau menukar Shusui dengan pedang Enma seperti diperlihatkan di chapter 955.

Namun, ada hal menarik yang diperlihatkan oleh Oda Sensei mengenai tiga pedang Zoro ini. Seperti yang kita ketahui, One Piece saat ini sedang merayakan pencapaian besar mereka yang berhasil merilis 1000 chapter. Untuk menyambut pencapaian tersebut, Oda Sensei merilis sebuah gambar sampul yang spesial dalam gambar sampul tersebut terlihat Nami, Zoro, dan Luffy dalam pakaian bajak laut.

Zoro sendiri tetap dengan ciri khasnya, yaitu menyimpan tiga buah pedang di bagian pinggangnya. Yang membuat gambar tersebut berbeda – khususnya mengenai Zoro – adalah adanya kemungkinan pedang tersebut adalah pedang yang akan dimiliki oleh Zoro pasca arc Wano. Salah seorang fan melihat lebih detail dari pedang-pedang tersebut.

Selain Wado Ichimonji dan Enma, ada satu pedang yang cukup menarik yang akan dimiliki oleh Zoro yaitu Shusui. Bukankah seharusnya satu lagi pedang Zoro adalah Sandai Kitetsu? Bukankah pedang Shusui sudah diberikan kepada Wano? Lalu, apa maksudnya gambar sampul tersebut? Perlu dicatat ya Geeks bahwa ini masih sekedar spekulasi atau teori, sehingga kebenarannya belum pasti.

Asumsi bahwa satu pedang lainnya adalah Shusui, didasari oleh bagian gagang pedangnya yang terlihat sama dengan gagang pedang Shusui. Jika kemudian memang Shusui kembali ke tangan zoro, lalu apa artinya? Satu hal yang pasti adalah para penduduk Wano – khususnya Hiyori dan Gyukimaru – mungkin pada akhirnya akan memberikan kepercayaannya kepada Zoro.

Setelah melihat dan mengetahui bagaimana perjuangan Zoro di pertempuran Onigashima, akan membuat Gyukimaru berpikir ulang mengenai Zoro. Dia mungkin akan menganggap bahwa Zoro adalah sosok yang memang pantas memegang Shusui. Dan yang lebih jauh lagi, mungkin dia menganggap bahwa Zoro adalah sosok Ryuma kedua. Menarik tentunya jika kemudian hal tersebut memang benar terjadi, karena artinya Zoro akan memiliki tiga pedang kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.