Monkey D. Luffy adalah sosok yang paling kuat dan paling berpengaruh dalam cerita One Piece. Era terus bergulir dan nama baru mulai banyak muncul di era baru bajak laut. Dulu, nama Rocks D. Xebec menjadi sosok yang berpengaruh bagi seluruh dunia. Saking mengerikannya sosok Rocks, namanya sampai harus dihapus dari sejarah. Kemudian era berganti menjadi era Roger.

Gol D. Roger adalah bajak laut pertama yang diketahui berhasil mencapai Laugh Tale, dan mendapatkan gelar raja bajak laut. Namun, Roger kini sudah tewas setelah dia dieksekusi oleh pihak angkatan laut. Whitebeard, yang menjadi sisa dari generasi lama, pun kini sudah tidak ada lagi. Di era baru ini ada beberapa nama yang memberikan pengaruh di dunia bajak laut, salah satunya adalah Monkey D. Luffy.

Ada beberapa hal besar yang terjadi di dunia ini yang terdampak oleh aksi yang dilakukan oleh Luffy. Salah satu contohnya adalah Luffy – secara tidak langsung – bertanggung jawab atas dibubarkannya sistem Shichibukai. Ada alasan mengapa Luffy menjadi penyebabnya. Pertama, Luffy berhasil mengalahkan tiga bajak laut Shichibukai yaitu Gecko Moria, Crocodile, dan Doflamingo.

Kedua, sebagian besar lainnya – seperti Hancock, Kuma, Jinbe, Mihawk, dan Law – merupakan sekutu secara resmi/tidak resmi dari kelompok Topi Jerami atau Luffy. Contoh lainnya adalah Luffy secara terang-terangan menantang kepada pihak Pemerintah Dunia. Hal ini dibuktikan dengan Luffy yang menyelamatkan Robin dan mendeklarasikan perang di Enies Loby, memukul kaum naga langit, menerobos Impel Down dan kabur, terlibat dalam perang besar di Marineford.

Yang paling baru adalah Luffy “merusak” tatanan dari Yonko. Kehadiran Luffy membuat Big Mom terpaksa harus beraliansi dengan Kaido. Luffy adalah orang yang berhasil membuat Big Mom malu di mata dunia. Luffy juga mampu membuat sebuah aliansi besar – Straw Hat Grand Fleet – dan aliansi besar lainnya di Wano yang menggabungkan berbagai latar belakang – bajak laut, ninja, samurai, Mink – untuk mengalahkan Kaido.

Luffy juga memiliki sosok Shanks yang kemungkinan selalu siap membantu Luffy. Luffy sendiri saat ini dianggap sebagai sosok bajak laut berbahaya, dengan nilai buruan mencapai 1,5 milliar Belly. Angka tersebut membuat Luffy setara dengan seorang Yonko. Bahkan, surat kabar Morgan sendiri membuat istilah bahwa Luffy adalah “kaisar laut kelima.”

Luffy juga saat ini adalah pemimpin dari Worst Generation. Dibandingkan Kidd dan Law, kekuatan Luffy jauh di atas mereka. Sama halnya dengan nilai buruan mereka. Dalam arc Wano sendiri kita melihat bahwa Luffy yang memimpin mereka. Luffy adalah ancaman besar yang harus dihadapi oleh Pemerintah Dunia. Semua hal tersebut membuat Luffy pantas dinobatkan sebagai salah satu protagonis terbaik. Dia selalu aktif untuk merubah orang-orang di sekitarnya dan di seluruh dunia.

Dengan asumsi bahwa Kaido dan Big Mom berhasil dikalahkan setelah Wano, yang mana hal ini sama seperti menghilangnya sistem Shichibukai dimana kekalahan Big Mom dan Kaido akan mempengaruhi keseimbangan dunia, lalu bagaimana dunia akan melihat Luffy saat itu? Setelah Wano, Luffy seharusnya dikenal bukan hanya sebagai sosok yang setara dengan Yonko, melainkan sosok yang jauh lebih hebat dari Yonko.

Namun, kekuatan Luffy tersebut bukanlah dalam hal antar individu. Kekuatan tersebut melainkan adalah bagaimana pengaruh besar Luffy terhadap dunia dan sekitarnya, yang man ini adalah ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Luffy adalah sosok yang akan menghentikan sebuah kekuatan besar, yang mana pihak angkatan laut sendiri tidak berani melakukannya.

Luffy diprediksi akan berhasil menemukan 3 Road Poneglyph dan menjadi sosok yang paling dekat dengan One Piece serta mengetahui rahasia sebenarnya di abad yang hilang. Belum lagi Luffy memiliki keterkaitan dengan Pasukan Revolusi, memiliki koneksi dengan kekuatan dahsyat seperti Rayleigh dan Zunesha.

Hampir dalam setiap peristiwa besar, selalu menempatkan Luffy sebagai faktor utamanya. Mungkin, setelah memberikan gelar “Yonko kelima” surat kabar Morgan akan memberikan Luffy sebutan “calon raja bajak laut baru” dengan semua pencapaian yang sudah dia raih. Dan setelah Wano, musuh Luffy selanjutnya bukan lagi Yonko melainkan Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.