Setelah sekian lama berlayar dan berpetualang, akhirnya sosok Gol D. Roger berhasil menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece, mengukuhkan dirinya menjadi sang raja bajak laut. Hal ini berkat bantuan besar dari Kozuki Oden, salah satu keturunan klan Kozuki yang mampu membaca Road Poneglyph yang membantu Roger pada akhirnya bisa tiba di Laugh Tale.

Sayangnya, sesampainya di Laugh Tale, Roger dan Kozuki Oden harus “kecewa” karena ternyata mereka terlalu cepat untuk bisa sampai ke Laugh Tale. Yang menarik juga adalah mereka memprediksi bahwa dalam 20 tahun kedepan, akan muncul kekuatan besar dan sosok yang dirasa pantas untuk kemudian mengambil apa yang ada di Laugh Tale, One Piece.

Dan dalam 20 tahun kedepan juga kekuatan besar tersebut diprediksi akan mampu mengalahkan sosok kuat seperti Kaido dan Big Mom, seperti yang diperlihatkan di chapter 1000 kemarin. Yang menjadi pertanyaan dalam hal ini adalah dari mana mereka tahu/mereka bisa memprediksi bahwa dalam 20 tahun kedepan akan muncul sosok kuat? Mengapa mereka bisa memprediksi hal tersebut? Jawaban paling logis tentunya adalah semuanya sudah tertulis di Poneglyph yang ada di Laugh Tale.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah di Poneglyphnya sendiri memang disebutkan waktu secara spesifik – dalam hal ini 20 tahun kedepan setelah mereka mencapai Laugh Tale – kapan sosok tersebut akan datang? Darimana mereka mengetahui bahwa waktunya adalah 20 tahun lagi? Itulah yang sampai sekarang masih menjadi sebuah misteri besar.

Sampai saat ini kita masih belum mengetahui siapa yang menaruh Poneglyph yang ada di Laugh Tale, siapa yang menulis mengenai ramalan bahwa dalam 20 tahun kedepan akan muncul kekuatan baru yang bisa mengubah dunia. Namun, banyak teori yang menyebutkan bahwa sosok tersebut adalah Joy Boy. Salah satu bukti bahwa Joy Boy yang mungkin menulisnya bisa ditemukan di Poneglyph pulau manusia ikan.

Hal ini membuktikan bahwa Joy Boy mungkin memang bisa bahasa kuno sehingga mampu membuat Poneglyph sendiri. Mungkin juga Joy Boy meminta bantuan kepada klan Kozuki, yang diketahui adalah “penemu” dari Poneglyph itu sendiri. Dengan asumsi bahwa Joy Boy yang menulis tentang “ramalan” 20 tahun tersebut, darimana Joy Boy mengetahui mengenai ramalan tersebut?

Mungkin, dulu di Kerajaan Kuno terdapat seseorang yang bisa menebak mengenai apa yang terjadi di masa depan. Dan dia pun meramalkan pada suatu hari akan muncul kekuatan besar yang akan mengubah dunia. Kekuatan besar tersebut akan mampu mengalahkan kekuatan besar lainnya yang berkuasa saat sampai saat ini, yaitu Pemerintah Dunia.

Bisa jadi, sosok yang sama juga memprediksi bahwa di masa depan akan muncul sosok kuat baru dari klan D yang akan kembali menghidupkan semangat D, sosok yang akan membawa badai baru ke seluruh dunia. Inilah mungkin yang kemudian menjadi alasan mengapa sosok Im Sama sangat peduli terhadap sosok Monkey D. Luffy. Mungkin Im sudah mengetahui mengenai adanya ramalan tersebut.

IM Sama Reveals Giant Straw Hat - One Piece - YouTubeSaat pertama kali Im Sama diperkenalkan dalam cerita, dia begitu serius melihat poster buruan dari Luffy. Setelah itu, Im kemudian pergi ke ruang penyimpanan di Mary Geoise dan memperlihatkan sebuah topi jerami raksasa. Banyak fans memprediksi bahwa Im mungkin menyadari bahwa ada koneksi antara Luffy dan Topi Jerami tersebut. Namun, bagaimana jika Im sebenarnya sudah mengetahui fakta atau kenyataan tersebut berdasarkan ramalan yang sudah ada sebelumnya? Dan saat dia melihat Luffy dan mendengar semua beritanya, Im kembali teringat dengan ramalan tersebut.

Selama ini kita tidak tahu banyak mengenai rahasia yang disimpan di Mary Geoise, rahasia yang selama ini dilindungi oleh Pemerintah Dunia. Bagaimana jika salah satu rahasia tersebut adalah salah satu Poneglyph yang berisi ramalan tentang apa yang terjadi di masa depan? Ini mungkin bisa menjelaskan mengapa Pemerintah Dunia sangat menutup erat rahasia tersebut, dan bahkan akhirnya mau mengikuti keinginan Doflamingo yang mengancam akan membocorkan salah satu rahasia mereka.

Untuk saat ini semuanya masih menjadi tanda tanya besar, dan para fans hanya bisa berspekulasi dan berteori. Mungkin ketika Luffy berhasil menuju Laugh Tale, kita akan diberikan penjelasan lengkap mengenai ramalan tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.