Ketika berbicara mengenai Armament Haki, pada awalnya Haki ini diperlihatkan hanya untuk menyerang dengan melapisi tubuh mereka atau senjata mereka. Namun, kemudian Oda Sensei memperkenalkan berbagai variasi lain dari Armament Haki, seperti halnya Full Body Armament Haki seperti yang diperlihatkan oleh Vergo. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Vergo mampu mengeraskan seluruh tubuhnya, bukan sebagian saja.

Hal inilah yang kemudian membuat tulang kaki Sanji retak, karena memang kekuatan Full Body Armament Haki tidak main-main. Sosok lainnya yang juga menggunakan teknik yang sama adalah Pica di arc Dressosa. Meskipun ada banyak pengguna teknik ini, tidak jarang teknik ini juga tidak terlalu membantu dalam pertarungan besar. Full Body Armament Vergo sendiri tidak mampu bergerak dengan cepat, sedangkan milik Pica tidak ada apa-apanya jika dibandingkan kekuatan Zoro.
Sebagian fans juga beranggapan bahwa Full Body Armament Haki sebenarnya tidak perlu, karena penggunanya hanya perlu fokus pada satu titik saja untuk kemudian bertahan atau menyerang. Luffy sendiri sebenarnya juga memiliki kemampuan tersebut di Gear Empat miliknya, namun Luffy masih sanggup mendapatkan semua “keuntungan” dari kekuatan tersebut.

Masalahnya adalah dengan kekuatan tersebut yang besar, butuh stamina dan energi yang sangat besar. Karena itulah terkadang Luffy tidak bisa bertahan lama dengan kekuatannya tersebut. Semua Gear milik Luffy sedari dulu memang nyatanya harus mengorbankan sebagian stamina atau kekuatannya. Misalnya saat dia menggunakan Gear 3, maka dia akan menciut dalam beberapa waktu. Meskipun begitu, Luffy pada akhirnya selalu berhasil menguasai Gear tersebut dengan mampu menghilangkan “efek sampingnya.”

Banyak fans kemudian beranggapan bahwa Luffy akan membuka Gear terkuatnya yaitu Gear 5, dan di Gear lima ini Luffy akan mengalami peningkatan dari segi kekuatan buah iblisnya (awakening). Bounce House atau kekuatan karet lainnya, banyak diteorikan akan menjadi sumber kekuatan Gear 5. Namun, ada teori lainnya yang menyebutkan bahwa Gear 5 Luffy akan berbasis Haki karena Haki adalah kekuatan yang banyak ada di New World.

Lalu, akan seperti apa Luffy di Gear 5 berbasis Haki dalam teori tersebut? Luffy akan mampu menggunakan Full Armament Body Haki yang ditambah juga kekuatan dari Gear 3 atau 4. Namun, ukuran tubuhnya tidak berubah sama sekali, Luffy tetap pada bentuk aslinya. Menurut pembuat teorinya, Gear 5 yang disebut sebagai “Pressure Man” ini mengkompresi kekuatan Luffy sehingga, tubuh Luffy tetap pada ukuan aslinya, namun dengan kekuatan yang sangat dahsyat.

Gear 5 ini akan sangat mirip dengan Gear 4, namun Luffy sudah lebih bisa menguasainya dan Gear 5 ini akan sangat menguras kemampuan Haki dari Luffy. Luffy pertama akan meniupkan otot atau tulang sampai seukuran Gear 3 atau Gear 4, lalu kemudian Luffy menggunakan Full Body Armament Haki yang akan mengkompresi tubuhnya menjadi kecil. Dengan cara ini, Luffy akan mampu menghasil kekuatan yang sama dengan Gear 4 tanpa perlu mengeluarkan uap atau terlihat seperti karet. Gear 5 ini diyakini akan sangat luar biasa dan mampu membuat Luffy terlihat sangat badass.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.