Ada yang mengatakan bahwa Luffy mewarisi semangat atau tekad dari Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Ada yang mengatakan bahwa Luffy adalah sosok yang akan memenuhi janji dari Joy Boy. Monkey D. Luffy sepertinya muncul sebagai karakter yang menjawab ramalan kuno, tentang munculnya sebuah kekuatan baru yang akan mengguncang dunia.

Seperti yang kita ketahui bahwa klan D adalah klan yang banyak ditakuti oleh orang-orang, bahkan Pemerintah Dunia pun menganggap mereka adalah ancaman berbahaya. Banyak teori mengatakan bahwa menghilangnya para klan D ini memang sengaja dilakukan, karena kerajaan-kerajaan dulu merasa terancam dengan keberadaan mereka yang diketahui memiliki pengaruh yang sangat besar.

Klan D sendiri dipercaya akan kembali muncul dan menunjukan taring mereka di mata dunia One Piece. Selain itu, klan D juga dipercaya akan kembali memunculkan “badai” besar. Sosok Monkey D. Luffy dipercaya sebagai orang yang akan mengembalikan kejayaan klan D dan juga dialah yang akan menghadirkan badai besar ke seluruh dunia. Hal ini sudah mulai dibuktikan oleh Luffy seperti saat perang di Marineford atau saat Luffy berhasil masuk dan keluar dari Impel Down.

Berbicara mengenai ramalan, saat ini One Piece sedang berada di arc Wanokuni. Arc Wanokuni disebut-sebut sebagai arc paling besar dalam seri One Piece untuk saat ini, dan sejauh ini memang terbukti. Dalam arc ini kita diperlihatkan bagaimana Kaido begitu berkuasa terhadap wilayah Wano. Kekuasaan dan kekuatan Kaido begitu dahsyat bahkan sosok Kozuki Oden pun tidak mampu mengalahkannya.

Upaya perlawanan Oden berujung pada kematiannya yang dilakukan dengan cara dieksekusi di depan orang banyak. Namun, sebelum Oden tewas dia sempat mengatakan bahwa akan ada sebuah kekuatan kuat yang muncul 20 tahun lagi. Kekuatan kuat tersebut akan berhasil mengalahkan Kaido dan membawa kedamaian kembali ke Wano. Dan seperti yang para fans duga sosok tersebut adalah Luffy.

Hal ini dikonfirmasi oleh Yamato di chapter 999 kemarin, saat dia berbincang dengan Shinobu dan Momonosuke. Sambil membahas tentang Ace, Yamato menegaskan bahwa kedatangan Luffy ke Wano bukanlah sebuah kebetulan semata. Itu adalah takdir, karena ada banyak sekali bajak laut kuat di duni One Piece. Namun, yang berhasil dan mau membantu Wano hanyalah Luffy, sosok yang banyak diramalkan akan membawa badai baru.

Tapi, sepertinya kebenaran ramalan tentang Luffy bukan hanya itu. Yamato juga menjelaskan bahwa Luffy memiliki nama D di tengahnya, sambil melihat buku catatan Oden. Kita belum mengetahui banyak apa sebenarnya isi buku catatan tersebut, selain cerita saat dia berhasil menuju Laugh Tale, bertemu Roger, dan menulis tentang akan datangnya kekuatan baru 20 tahun lagi.

Bisa jadi, Oden juga menulis apa yang dia ketahui atau apa yang dia lihat dari Poneglyph yang ada di Laugh Tale. Atau mungkin dia mengetahui rahasia lainnya, seperti kebangkitan klan D. Itulah mungkin alasan mengapa Kaido dan Orochi sangat menginginkan buku catatan Oden. Selain ingin mengetahui bagaimana caranya menuju Laugh Tale, mereka juga ingin mengetahui rahasia tentang dunia ini berdasarkan apa yang diketahui oleh Oden.

Ini juga mungkin alasan mengapa Yamato sangat menantikan kedatangan Luffy dan mau bekerja sama dengannya. Yamato tahu bahwa Luffy adalah sosok yang dimaksud oleh Oden dalam buku catatannya dan juga dari apa yang diungkapkan oleh Ace. Saat ini, Luffy akan membuktikan apa yang disebutkan dalam buku catatan tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks hal apa lagi yang akan mengejutkan para fans mengenai sosok Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.