Rinnegan: Memberikan Kemampuan Tambahan

Sama dengan kekuatan Six Paths, Rinnegan juga memberikan penggunanya kemampuan spesial seperti Mangekyo Sharingan. Kekuatan unik tersebut berbeda-beda terhadap masing-masing karakter, contohnya, Sasuke Uchiha memiliki kekuatan untuk bertukar dengan objek lain seperti Amenotejikara. Juga kemampuan unik lainnya seperti membuka portal ke dimensi lain.

Lain halnya dengan Sasuke, Madara memiliki keunikan unik yang disebut sebagai Limbo Hengoku. Momoshiki Otsutsuki memiliki kemampuan untuk menyerap ninjutsu dengan kemampuan Rinnegan miliknya dan mengembalikannya beberapali lebih kuat dari yang aslinya.

Sharingan: Kekuatan Mangekyo

Setiap para pengguna Sharingan memiliki potensi untuk lebih meningatkan kemampuannya ke tingkat yang lebih tinggi, yang dikenal sebagai Mangekyo Sharingan. Mata ini bisa dibangkitkan oleh pengguna Sharingan melalui sebuah trauma mendalam akibat kehilangan sosok yang mereka cintai. Mangekyo Sharingan memberikan banyak kemampuan dahsyat kepada para penggunanya. Misalnya adalah Itachi Uchiha. Itachi memiliki kemampuan Amaterasu dan Tsukuyomi. Sedangkan untuk Sasuke, dia memiliki kemampuan Amaterasu dan perilisan api, Kagutsuchi.

Rinnegan: Kebal Terhadap Serangan Tsukuyomi

Dipraktikan sendiri oleh Madara Uchiha dan Kaguya Otsutsuki, Infinite Tsukuyomi merupakan sebuah genjutsu dengan level tertinggi dimana membuat penggunanya bisa membuat seluruh populasi di sebuah planet berada dalam ilusi yang mereka ciptakan. Membuat mereka seolah hidup dan berada dalam dunia mimpi sambil tubuh mereka berubah menjadi White Zetsu.

Doujutsu Rinnegan diketahui menjadi satu-satunya kekuatan yang bisa menahan kekuatan dahsyat dari Infinite Tsukuyomi. Hal ini tentunya sangat luar biasa, bahkan Mangekyo Sharingan pun tidak mampu menandingi atau menahan serangan tersebut.

Sharingan: Susanoo

Kekuatan terbesar yang dimiliki oleh pengguna Sharingan adalah akses kepada kekuatan Susanoo. Kekuatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah membangkitkan Mangkeyo Sharingan di kedua mata mereka. Susanoo sendiri merupakan jutsu untuk menciptakan humanoid raksasa yang terbuat dari chakra penggunanya yang berguna sebagai perlindungan dan alat serang. Jika form yang dimunculkan sempurna, Susanoo cukup kuat untuk menghancurkan beberapa gunung hanya dengan satu tebasan saja, seperti yang diperlihatkan dalam perang besar ninja keempat.

Rinnegan: Akses Untuk Gedo Statue

Berkat Rinnegan, Gedo Statue, atau yang biasa dikenal sebagai monster ekor sepuluh, berhasil dibangkitkan. Selain bisa dibangkitkan, dengan menggunakan Rinnegan, monster tersebut bisa juga dikendalikan. Madara Uchiha dan Obito Uchiha, pernah menggunakan kemampuan ini, dan menjadi jinchuriki dari monster tersebut. Ketika berhasil diaktifkan, level kekuatannya sudah bukan lagi di tingkat manusia.

1
2