Rinnegan dan Sharingan adalah dua dari tiga Doujutsu atau jutsu mata yang paling berbahaya dalam cerita Naruto. Kedua Doujutsu ini merupakan Kekkei Genkai yang sangat mengerikan yang hanya bisa dimiliki oleh beberapa orang saja. Tapi, diantara keduanya mana yang paling kuat?

Sharingan: Menirukan Jutsu

Salah satu kekuatan besar yang bisa dilakukan oleh pengguna Sharingan adalah kemampuan untuk menirukan jutsu milik siapapun. Doujutsu ini memang diketahui bisa melihat berbagai teknik ninjutsu, genjutsu, dan taijutsu. Kemudian, jika mau, penggunanya bisa menirukan berbagai jutsu tersebut dalam “versi” yang sama dengan aslinya.

Contoh paling nyata adalah kemampuan menirukan jutsu yang dilakukan oleh Kakashi, sehingga dia memiliki julukan ‘Kakashi si peniru.” Tapi, ada beberapa batasan yang dimiliki doujutsu ini. Pengguna tidak bisa mempraktikan teknik yang melebihi kemampuannya. Kekkei Genkai dan teknik rahasia juga termasuk aspek yang tidak bisa ditirukan oleh Sharingan.

Rinnegan: Kekuatan Six Path

Rinnegan disebut-sebut sebagai mata dari Six Path dan kekuatannya juga sangat luar biasa. Pengguna Rinnegan akan diberikahi kekuatan yang disebut sebagai Six Paths Power. Kemampuan ini terbagi menjadi enam path yang berbeda, masing-masing path memiliki kekuatan super yang spesial bagi penggunanya. Menggunakan kekuatan Rinnegan, alur atau path tersebut juga bisa digunakan oleh tubuh berbeda dari penggunanya. Contoh nyatanya adalah Pain dan Obito.

Sharingan: Memiliki Kemampuan Genjutsu

Selain bisa menirukan kekuatan jutsu musuh, pengguna Sharingan juga bisa mengaktifkan atau mempraktikan berbagai jenis teknik Genjutsu. Para anggota dari klan Uchiha banyak ditakuti oleh banyak penduduk dari desa lain atau shinobi lain, berkat kemampuan Genjutsu mereka yang sangat kuat dan dahsyat. Contoh nyatanya adalah kemampuan Genjutsu yang dilakukan oleh Sasuke kepada Sakura.

Bahkan, mereka yang memiliki kemampuan Mangekyo Sharingan jauh lebih baik dalam mempraktikan teknik Genjutsu ini dan bisa membuat musuh yang mereka lawan terjebak dalam Genjutsu tersebut selama berhari-hari, bahkan sampai berbulan-bulan.

Rinnegan: Menguasai Hidup dan Mati

Mungkin kekuatan terbesar dari Doujutsu Rinnegan adalah kemampuan penggunanya untuk bisa menguasai kematian dan kehidupan. Dengan menggunakan Doujutsu ini, jiwa dari seseorang bisa dikeluarkan dalam beberapa detik saja. Itulah mengapa Doujutsu ini sangat berbahaya. Tapi, tentunya bukan itu saja kemampuan yang dimiliki Rinnegan.

Rinnegan juga memiliki kemampuan untuk bisa membangkitkan kembali mereka yang sudah mati. Mungkin, karena inilah Rinnegan disebut sebagai Doujutsu pengendali kehidupan dan kematian seseorang.

Sharingan: Membaca Gerakan Musuh

Dari ketiga Doujutsu, mungkin bisa dibilang Sharingan adalah kekuatan dan kemampuan yang paling berguna dalam pertarungan jarak dekat. Bukan hanya doujutsu ini bisa melihat berbagai jenis Jutsu, tapi juga membantu penggunanya untuk membaca kecepatan, gerakan, dan pola serangan musuh secara lebih baik.

Rinnegan, meskipun sangat kuat, nyatanya tidak bisa berbuat apa-apa dan tidak membantu penggunanya kecuali Six Paths of Pain digunakan, yang mana kemampuan ini bisa memberikan pandangan 360 derajat. Sebuah penglihatan yang sempurna. Namun, selain dari pada hal itu, Sharingan jauh lebih baik.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.