Kelompok bajak laut Red Hair atau Rambut Merah adalah kelompok bajak laut pertama yang muncul di seri manga One Piece dan kedua di seri animasinya, setelah kelompok bajak laut Alvida. Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah pengaruh besar terhadap perjalanan dan petualangan dari Luffy dan Usopp – Luffy terinspirasi oleh Shanks sedangkan Usopp terinspirasi dari ayahnya Yasopp.

Berbeda dengan kelompok lainnya, kelompok bajak laut Shanks ini tidak memiliki hirarki atau struktur kepemimpinan yang jelas. Namun, yang pasti Shanks dianggap sebagai kapten dan pemimpin kru. Di bawahnya ada tiga sosok kru senior yaitu Benn Beckman, Lucky Roo, dan Yasopp. Semuanya memiliki popularitas masing-masing.

Sedangkan kru sisanya adalah kru bajak laut terkenal yang memiliki kepercayaan besar terhadap Shanks. Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah satunya kelompok bajak laut Yonko yang sejauh ini diketahui tidak ada satupun dari krunya yang memiliki kekuatan buah iblis. Meskipun begitu, kekuatan dari kru bajak laut Shanks diakui oleh Pemerintah Dunia, bahkan Pemerintah Dunia khawatir dan takut jika kemudian kelompok bajak laut Rambut Merah kemudian menggabungkan kekuatannya dengan kelompok Whitebeard.

Bukti kekuatan Shanks lainnya adalah pertarungannya melawan Kaido berlangsung secara singkat, saat perang puncak Marineford terjadi. Dan hanya butuh satu hari bagi Shanks dan krunya untuk berlayar dari New World menuju Marineford. Ketika Shanks datang bersama krunya, dia berhasil menghentikan serangan yang sudah banyak memakan korban. Bahkan, Shanks menyelamatkan nyawa Koby yang hendak dibunuh oleh Sakazuki.

Shanks menahan pukulan magma Sakazuki hanya dengan pedangnya saja – dan satu tangannya. Bahkan, Blackbeard dan krunya yang juga ada di peristiwa tersebut lebih memilih untuk pergi dibandingkan menghadapi Shanks, dan menganggap diri mereka belum siap. Sengoku juga mempercayakan pemakaman Ace dan Whitebeard kepada dirinya.

Menurut pihak angkatan laut – dan juga Vivre Book – kelompok Shanks adalah kelompok bajak laut yang paling seimbang di lautan. Hampir semua krunya memiliki kekuatan yang hampir sama dengan sang kapten. Disebutkan bahwa kelompok ini menjadi kelompok yang sulit untuk dihancurkan – padahal jumlah krunya sendiri hanya sekitar berjumlah 20 orang.

Saat ini, para fans masih menantikan informasi detail tentang Shanks dan kelompoknya. Tidak sedikit teori dan asumsi yang muncul mengenai Shanks. Di chapter 1000 nanti, Oda Sensei memberikan petunjuk bahwa Shanks dan krunya akan mulai bergerak. Mungkin, di chapter tersebut kita akan diberikan detail lengkap mengenai para kru dari Shanks ini. Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.