Dikenal sebagai pahlawan angkatan laut, Monkey D. Garp adalah salaj satu anggota angkatan laut yang terhebat di sepanjang sejarah One Piece. Meskipun Garp kenyang akan pengalaman bertarung dan sudah sangat berpengalaman sebagai angkatan laut, posisinya sendiri masih bertahan di wakil admiral. Hal ini dikarenakan dia menolak berbagai promosi yang diberikan.

Bukan tanpa alasan dia menjadi sosok “pahlawan angkatan laut.” Garp pernah menghadapi sosok kuat seperti Don Chinjao, ataupun Rocks D. Xebec. Bahkan, dialah yang menjadi rival dari Gol D. Roger, dimana dia selalu berusaha menangkap Roger. Menjadi sosok legenda, ada beberapa angkatan laut lainnya yang dianggap memiliki kekuatan yang sama dengan Garp. Siapa saja?

Sengoku

Sebelum time-skip terjadi, Sengoku adalah fleet admiral atau pemimpin pasukan angkatan laut, dengan menjadi penerus Kong dan kemudian jabatan itu diberikan kepada Sakazuki. Sengoku adalah salah satu angkatan laut, bersama dengan Garp, yang pernah berhadapan dengan Whitebeard dan juga Roger. Sengoku sendiri saat ini masih hidup, bahkan setelah dia memutuskan untuk pensiun.

Tanpa bantuan buah iblis yang dia milikipun, Sengoku udah punya kekuatan yang sangat besar dan juga kecepatan yang dahsyat. Buktinya adalah dia mampu bertahan dari serangan Haki Haoshoku Luffy. Dia jugalah yang menahan Garp ketika dia hendak bergerak menghabisi Sakazuki, saat dia melihat Sakazuki membunuh Ace.

Fleet Admiral Akainu (Sakazuki)

Sakazuki, atau yang juga biasa disebut Akainu, merupakan kepala markas angkatan laut saat ini menggantikan posisi Sengoku, yang berada di Mary Geoise. Berkat kekuatan buah iblis magmanya, dia berhasil mendapatkan posisi tersebut karena sebelumnya Kuzan juga sempat ditawari posisi ini. Pertarungan diantara mereka terjadi sekitar 10 hari dan sudah mengubah cuaca di wilayah Punk Hazard.

Sakazuki pernah bertarung melawan Whitebeard yang sudah tua pada saat pertarungan besar di Marineford, dan berhasil selamat dari seranganya meskipun dia terluka akibat serangan tersebut. Dengan kemampuan ‘hujan meteor’ miliknya, dia bisa menghancurkan sebuah pulau dengan mudah seperti yang dia lakukan ketika di Marineford. Sakazuki tentunya bisa menjadi lawan tangguh bagi Garp dengan kekuatannya ini.

Aokiji (Kuzan)

Berbeda dengan sebagian besar angkatan laut pada umumnya, Kuzan memiliki pemahaman bahwa angkatan laut tidak perlu menerapkan pemahaman kekuatan hukum yang absolut. Hal itu pula yang membuat Kuzan membenci Sakazuki, karena dia merupakan salah satu perwira tinggi yang menganut paham tersebut. Hal itu pula yang menjadi alasan Sakazuki benar-benar menghabisi seluruh penduduk Ohara di masa lalu.

Kuzan sendiri saat ini sudah menjadi bagian dari bajak laut Blackbeard yang membuat banyak orang terkejut. Kuzan memutuskan bergabung dengan mereka karena dia tidak mau berada di bawah kepemimpinan dari Sakazuki. Kuzan dikenal karena kemampuan esnya, yang mana tentu akan membuat Garp kesulitan dalam sebuah pertarungan.

Admiral Kizaru (Borsalino)

Sesuai dengan jabatan yang dia miliki, Kizaru juga merupakan salah satu petarung terhebat dalam pemerintahan dunia dan juga angkatan laut. Kemampuan fisik Kizaru yang sangat luar biasa ditunjukan dengan refleks gerakan yang sangat cepat. Kekuatan tersebut kemudian ditambah oleh buah iblis yang dia makan yaitu Pika Pika no Mi.

Berkat buah iblis tersebut, dia pun memiliki kekuatan dari elemen cahaya. Artinya dia mampu bergerak secepat cahaya dan menyerang dengan sangat cepat. Semuanya berdasarkan elemen cahaya. Cahaya tersebut juga bisa dijadikan senjata seperti laser, tembakan energi, juga sebuah serangan energi dahsyat yang bisa menghancurkan gedung. Berkat kekuatan ini, Kizaru bisa menghadapi kekuatan Whitebeard ataupun Rayleigh. Dan itu artinya, Kizaru juga bisa saja mengimbangi kekuatan dari Garp.

Admiral Fujitora (Issho)

Fujitora adalah seorang admiral angkatan laut. Meskipun dia sudah tua, tapi dari segi kekuatan dia tidak kalah dengan mereka yang muda. Fujitora sendiri dianggap sebagai salah satu karakter terkuat, dalam struktur Pemerintah Dunia. Dia mengkonsumsi buah iblis Zushi Zushi yang membuatnya mampu untuk memanipulasi gravitasi di lokasi yang dia inginkan.

Fujitora juga bisa menjatuhkan sebuah meteor besar di lokasi atau titik tertentu berkat kekuatan buah iblis tersebut. Meskipun Fujitora tidak bisa melihat, dia masih mampu merasakan serangan lawan. Dia bahkan bisa menahan serangan Doflamingo dan Zoro. Dengan kekuatan dahsyat tersebut Fujitora bisa mengimbangi kekuatan dari Garp.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.