Weekly Shonen Jump saat ini sedang mempersiapkan sebuah perayaan yang berbeda bagi salah satu seri manga yang muncul di majalah mereka, One Piece, dimana serinya akan mencapai chapter 1000 di awal 2021 mendatang. Untuk merayakan pencapaian tersebut, Shonen Jump dikabarkan sudah mempersiapkan sebuah chapter crossover spesial dari One Piece, yang mana dalam chapter tersebut kita akan melihat seluruh karakter utama dari semua seri manga yang muncul di Shonen Jump.

Ini artinya Senku dari Dr. Stone, Deku dari My Hero Academia ataupun Asta dari Black Clover akan muncul dalam chapter tersebut. Karena itulah, chapter ini bisa dibilang akan menjadi salah satu momen yang paling epik dalam sejarah industri komik ataupun manga. Menanggapi hal ini banyak diantara fans yang membandingkannya dengan film crossover produksi Marvel Studios, Avengers: Infinity War dan Endgame.

Para fans, melalui sosial media Twitter, menyebutkan bahwa kedua film crossover tersebut tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan crossover One Piece ini. Sementara, para fans lainnya mengaku tidak sabar karakter favorit mereka akan berkolaborasi dengan para kru Topi Jerami. Ini tentunya bukan hanya menjadi pesta perayaan bagi One Piece, ini juga menjadi momen bagi seri-seri yang kurang populer untuk mendapatkan sorotan dari para fans.

 

One Piece sendiri pertama kali melakukan crossover dengan seri lain pada 2006 lalu, dimana serinya berkolaborasi dengan Dragon Ball Z, yang berjudul Cross Epoch. Dalam ceritanya, para karakter dari kedua seri ini berlomba untuk bisa datang ke sebuah pesta yang diadakan oleh Shenron. Kemudian crossover kedua terjadi pada 2011 dimana One Piece berkolaborasi dengan Toriko, One Piece x Toriko: The True Food! Devil Fruit!!

One Piece juga kembali berkolaborasi dengan Toriko untuk seri animenya pada 2013 lalu, namun saat itu bukan hanya dua seri saja yang berkolaborasi melainkan tiga seri sekaligus. Kolaborasinya sendiri kemudian diberi judul Dream 9 Toriko x One Piece x Dragon Ball Z Super Collaboration. Kemudian Shonen Jump juga sempat memberikan kesempatan mangaka lainnya untuk membuat sebuah spinoff dari karakter One Piece.

Misalnya pada 2018, penulis dan artist dibalik seri Food Wars!, Yuuto Tsukuda dan Shun Saeki, membuat sebuah spinoff one-shot yang menghadirkan koki dari kelompok bajak laut Topi Jerami, Sanji, dengan judul Shokugeki no Sanji. One-shot ini bersetting tepat sebelum arc baratie, dan ceritanya sendiri berfokus pada sosok Sanji yang  harus menghadapi kritikus makanan yang bahkan tidak mau menghabiskan makanan di piringnya.

Pada September kemarin, Boichi, artists dari seri Dr. Stone, membuat sebuah spinoff untuk Portgas D. Ace. Spinoffnya sendiri berjudul One Piece: Episode A, mengadaptasi chapter pertama dari novel ringan One Piece: Ace’s Story. Boichi memberikan gambaran dari sisi lain Ace, dimana dia juga memiliki sisi kebebasan layaknya Luffy. Kita juga melihat koneksinya dengan Masked Deuce dan berbagai hal lainnya yang jarang diperlihatkan di manganya. Kita nantikan saja ya Geeks akan seperti apa, crossover terbesar dalam sejarah manga ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.