Roronoa Zoro dan Sanji adalah dua anggota bajak laut terkuat dari Topi Jerami. Keduanya sama-sama penting bagi Lutffy dalam melakukan perjalanan untuk menjadi raja bajak laut di One Piece. Mereka berdua adalah petarung hebat dan sering berselisih satu sama lain. Meskipun sering berselisih, tetapi mereka berdua adalah sosok yang loyal dan rela membahayakan nyawa sendiri demi rekan setimnya. Masing-masing dari mereka memang unggul dalam beberapa hal, dan dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang kehebatan Sanji yang membuatnya unggul dari Zoro. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks.

5Bertarung Tanpa Senjata

Sanji adalah salah satu petarung terkuat di bajak laut Topi Jerami bersama dengan Luffy, Zoro, dan Jinbe. Sanji adalah sosok yang jago dalam pertarungan jarak dekat. Di bawah arahan Zeff, Sanji telah belajar bertarung dengan kakinya secara efisien dan ia mengembangkan gaya bertarung yang dikenal sebagai Black-Leg Style. Gaya bertarung tersebut memungkinkan Sanji bertarung melawan musuh kuat tanpa harus menggunakan senjata, dan tidak seperti Zoro yang membutuhkan pedang sebagai senjata utama. Dalam urusan bertarung dengan tangan kosong, Sanji tentunya lebih memumpuni dari Zoro.

4Memiliki Taktik

Anda tidak harus lebih kuat dari lawan untuk memenangkan pertempuran. Kadang-kadang, menggunakan taktik lebih baik dibanding memanfaatkan kekuatan saja, dan itulah yang dilakukan Sanji di saat-saat berbahaya. Selama seri One Piece, Sanji telah berulang kali menyelamatkan kru Topi Jerami dari berbagai masalah berkat pemikirannya yang taktis. Ditempat seperti Little Garden, Alabasta, Skypiea, dan bahkan Enies Lobby, Sanji telah membuktikan bahwa kecerdasannya membuahkan hasil. Zoro meskipun tidak bodoh, tetapi ia masih kalah pintar untuk memikirkan sebuah taktik.

3Kecepatan

Sementara Zoro lebih hebat dalam urusan kekuatan, Sanji di sisi lain memiliki kehebatan yang tidak dimiliki Sanji yaitu dalam urusan kecepatan. Faktanya, Sanji adalah salah satu karakter tercepat di bajak laut Topi Jerami. Mungkin, Sanji hanya dapat dikalahkan oleh Luffy saat ia menggunakan Gear 4th: Snakeman. Kecepatan Sanji sangatlah luar biasa bahkan seorang petarung yang lebih berpengalaman darinya sangat kewalahan. Di dalam air, Sanji juga dapat menggunakan kemampuan Blue-Walk miliknya untuk bergerak lebih cepat daripada manusia ikan. Dengan bukti tersebut, dapat disimpulkan bahwa Sanji memiliki kecepatan yang lebih hebat dari Zoro.

2Observation Haki

Sementara Roronoa Zoro berspesialisasi dalam Armament Haki, Sanji lebih baik dalam Observation Haki. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa Sanji memiliki Observation Haki yang sangat baik, seperti saat Sanji mendengar air mata Tashigi yang menetes dari jarak bermil-mil jauhnya di Punk Hazard. Sanji juga dapat mengetahui Viola berbohong, dan dapat merasakan saat anggota Topi Jerami lainnya berada dalam ancaman. Dia juga bisa merasakan sifat asli Pudding. Dengan bukti-bukti tersebut, maka Sanji memang jauh lebih baik dalam menggunakan Observation Haki, sementara Zoro tidak.

1Kemampuan Stealth

Salah satu keuntungan utama Sanji adalah dia dapat bergerak cepat dan tanpa suara, seperti layaknya seorang ninja atau pembunuh. Ini mungkin karena Sanji adalah keturunan dari keluarga pembunuh dari North Blue, yang dikenal sebagai keluarga Vinsmoke. Selain itu, Raid Suit Sanji memberinya kemampuan untuk berubah menjadi tidak terlihat sama sekali dan meningkatkan kecepatannya secara drastis. Bahkan musuh Sanji pengguna Observation Haki tidak tahu kapan Sanji memukulnya. Zoro di sisi lain tidak akan bisa melakukan stealth karena itu bukan gayanya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/