Geeks mungkin menyadari bagaimana kekuatan Zoro meningkat cukup drastis pasca time-skip. Zoro kini menjadi lebih kuat dengan kemampuan Haki yang dia miliki. Zoro diketahui memiliki kemampuan Armament Haki, dimana Haki tersebut terkadang melapisi pedang yang zoro gunakan dalam pertarungan. Hasilnya tentu sangat luar biasa dimana Zoro mampu menaklukan atau menghancurkan siapapun.

Tapi, bagaimana jika sebenarnya Zoro sudah bisa menggunakan Armament Haki ini sejak dulu, sebelum time-skip terjadi. Menurut salah satu teori yang berkembang di kalangan para fans, ada kemungkinan bahwa Zoro sebenarnya sudah sejak lama menggunakan Armament Haki dalam mengalahkan musuh. Di chapter 939, Hyougoro sempat memberikan penjelasan mengenai Flowing Busoshoku Haki atau Ryou.
Apa yang diungkapkan oleh Hyogoro sama dengan apa yang dulu diungkapkan oleh Koushiro. Berdasarkan penjelasan dari Hyougoro tersebut, teorinya menyebutkan bahwa teknik Ryou ini mirip dengan Armament Haki tingkat lanjut yang digunakan oleh Zoro dulu, ketika menghadapi Mr.1. jenis gelombang kejut dari Advanced Armament Haki ini pertama kali diperlihatkan ketika Sentomaru menahan serangan Luffy tanpa perlu terlibat kontak fisik.

Kemudian, kita juga melihat Rayleigh menggunakan jenis Haki ini. Menurut Rayleigh, teknik ini membutuhkan penggunanya untuk mengalirkan Haki dari seluruh tubuh menuju salah satu anggota tubuh kita, misalnya lengan. Dan hal tersebut akan membuat penggunanya bisa menahan serangan musuh tanpa perlu bersentuhan atau memerlukan banyak tenaga.

Mantan tiga admiral terkuat angkatan laut, Akainu, Kizaru, dan Aokiji, juga diperlihatkan menggunakan teknik ini untuk menahan serangan Whitebeard, yang berusaha menghancurkan panggung eksekusi. Mereka seolah membangun perisai yang tidak terlihat dengan mengkombinasikan ketiga Haki mereka.

Pertanyaanya kemudian bagaimana jika teknik “memotong besi” yang sering diungkapkan dalam ceritanya memiliki kaitan dengan Advanced Armament Haki? Bagaimana jika hal tersebut sebenarnya adalah Armament Haki yang tidak terlihat yang kemudian melapisi pedang seseorang? Hal inilah yang diyakini oleh si pembuat teori, bahwa Zoro memang sudah mempraktikan cara ini sejak lama.

Kemampuan Zoro perlahan mulai meningkat sejak dia berada di Alabasta. Jadi, bisa diasumsikan bahwa sejak di Alabasta sampai di Wano sekarang, sebenarnya Zoro sudah menggunakan teknik Advanced Armament Haki, disadari atau tidak. Dan hal ini kemudian bisa menjelaskan momen ketika Zoro mampu menghancurkan Pacifista Kuma dengan teknik Shishi Sonson.

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Pacifista Kuma adalah lawan yang sangat tangguh, khususnya bagi Zoro sebelum time-skip. Sangat sulit untuk bisa menghancurkan atau mengalahkan Kuma pada saat itu, dan hanya Haki yang bisa membantu Zoro melakukannya. Masih belum diketahui apakah teknik Advanced Armament Haki ini juga berkaitan dengan teknik menahan serangan yang ditunjukan Sentomaru dan Rayleigh.

Dengan mengaplikasikan Haki ke pedang seseorang, maka siapapun akan bisa memotong benda sekeras apapun. Dalam hal ini, dengan melapisi Haki di pedangnya, dia bisa menghalahkan salah satu Pacifista. Pasca arc Wanokuni, besar kemungkinan teknik ini akan semakin kuat dan dahsyat, apalagi Zoro kini memiliki pedang yang pernah melukai Kaido yaitu Enma.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.