Siapa yang tidak kenal dengan sosok Silvers Rayleigh. Dia adalah mantan tangan kanan dari Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Sosoknya sangat tersohor, bahkan para bajak laut generasi baru pun mengenal sosok Rayleigh. Tapi, seperti yang dia ucapkan ketika Luffy berada di Sabaody, dia sekarang hanyalah seorang tukang cat kapal. Dia sudah pensiun sebagai seorang bajak laut.

Sosok Rayleigh dikenal karena kekutannya. Dia diketahui memiliki kemampuan untuk bisa mengendalikan ketiga Haki. Dan dalam kemampuan bertarung pun, Rayleigh tidak memiliki masalah sama sekali. Bahkan, Garp sendiri mengakui butuh banyak pasukan angkatan laut untuk sekedar menangkap Rayleigh. Hal ini menunjukan betapa kuat sosok Rayleigh.

Berbicara mengenai Rayleigh, selain menjadi mantan wakil raja bajak laut, dia juga dikenal sebagai guru dari Luffy berkat keahlian menggunakan Haki miliknya. Luffy berlatih selama dua tahun di Rusukaina, meningkatkan kemampuannya sampai pada tahap seperti sekarang. Namun, selain ahli dalam menggunakan Haki, Rayleigh juga dikenal sebagai sosok yang ahli dalam kemampuan lainnya seperti menggunakan pedang.

Hal ini bisa diketahui saat Kizaru menyerang Sabaody, ketika Luffy dan kru Topi Jerami selesai menjalani latihannya dan bersiap untuk pergi menuju tempat selanjunya. Rayleigh menggunakan pedang untuk menghadapi Kizaru dan memberikan peringatan kepada angkatan laut untuk tidak melewati batas yang sudah dia buat. Dan Rayleigh sendiri mengatakan bahwa dia sudah sangat lama tidak menggunakan pedang.

Ada teori yang mengatakan bahwa Rayleigh merupakan mantan ahli pedang terbaik di dunia, sosok yang memang sangat kuat dalam hal berpedang. Dan teori lainnya menyebutkan bahwa Shanks dulu sempat dilatih oleh Rayleigh. Bahkan, bukan hanya Shanks, Mihawk pun dispekulasikan merupakan mantan murid dari Rayleigh. Jika hal ini benar, maka hal tersebut bisa menjelaskan dua hal.

Pertama, hubungan atau koneksi atau relasi yang terbangun antara Mihawk dan Shanks. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Shanks dan Mihawk adalah rival abadi. Mihawk akan terus mencari keberadaan Shanks untuk bertarung, dan menentukan siapa pemenang diantara mereka. Namun, kita tidak pernah tahu secara pasti bagaimana rivalitas mereka terbentuk.

Dengan teori bahwa Mihawk dan Shanks pernah menjadi murid dari mentor yang sama, maka koneksi diantara mereka bisa dirasa masuk akal. Mungkin mereka dulunya adalah murid dari Rayleigh yang saling bersaing, layaknya dalam berbagai cerita. Yang kedua adalah bekas luka di mata kiri Zoro. Ada kemungkinan bahwa luka pada mata kiri Zoro dan juga luka di mata kanan Rayleigh berasal dari satu alasan yang sama, akibat latihan Observation Haki.

Setelah perang besar di Marineford, kita tahu bahwa Zoro menjadi murid dari Mihawk. Mihawk pastinya mengajari zoro banyak hal, termasuk tentang Observation Haki dan meminta Zoro untuk melatihnya. Mihawk sendiri mengetahui tentang teknik Observation Haki ini setelah dia melihat tekniknya dari Rayleigh. Lalu, mengapa Mihawk tidak memiliki bekas luka di matanya?

Hal ini kemungkinan dikarenakan Mihawk tidak melatih Observation Haki miliknya. Mihawk sudah memiliki teknik matanya sendiri, seperti yang diperlihatkan di perang Marineford. Meskipun dia tidak mempelajari Observation Haki, namun Mihawk masih tetap memberikan pelajaran tersebut kepada Zoro, dan itulah mengapa Zoro kemudian memiliki bekas luka. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Mihawk memang bekas murid Rayleigh?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.