Sudah sekitar satu dekade sejak seri Attack on Titan pertama kali dirilis, dan sekarang seri karangan Hajime Isayama ini sudah mendekati titik akhir dari ceritanya. Di sepanjang serinya, ada banyak karakter yang diperkenalkan di ceritanya. Ada sebagian yang tewas, ada juga yang masih bertahan bahkan sampai saat ini. Para fans sendiri penasaran bagaimana cerita akhir dari cerita tentang perjuangan manusia melawan Titan ini.

Namun, yang menjuga menjadi rasa penasaran para fans adalah siapa sosok karakter yang kemungkinan besar tidak akan mampu bertahan sampai ceritanya berakhir. Apapun bisa terjadi dan tidak ada satu orang pun yang mengetahui apa rencana yang dimiliki Isayama, namun hal itu bukan berarti tidak ada teori atau spekulasi yang muncul berkaitan tentang hal ini. Dan berikut adalah beberapa karakter yang diprediksi tidak akan mampu bertahan sampai akhir cerita.

Zeke

Sambil memikirkan sebuah strategi bagaimana menghentikan Eren Yaeger tanpa harus membunuhnya, Survey Corps dan Warrior Unit sadar bahwa mereka bisa saja lebih memilih untuk membunuh Zeke. Karena tujuan utama dari Eren hanya bisa terwujud ketik keduanya melakukan kontak, peristiwa Rumbling (hancurnya tembok pelindung oleh para Titan) mungkin akan bisa dihentikan jika Zeke tidak menjadi bagian dari titan Eren.

Tapi, dengan pertarungan akhir yang sudah dimulai, para Beast Titan pun mulai bermunculan dan melemparkan batu ke arah musuh Eren. Karena tujuan dari Zeke hanyalah mengubah para penduduk dari Eldian, sehingga mereka tidak lagi bisa memiliki anak, Zeke kemungkinan dikendalikan oleh Eren. Akan menjadi sangat sulit bagi kedua organisasi tersebut untuk mengalahkan Zeke, tapi ini mungkin adalah peluang terbaik untuk menyelamatkan dunia.

Levi

Meskipun bisa dipastikan akan ada banyak sekali fans Attack on Titan yang akan hancur dan sedih jika Levi tewas, namun dia adalah salah satu anggota kelompok yang akan tewas dalam ceritanya. Levi mungkin adalah pasukan yang paling kuat yang pernah ada, tapi setelah pertarungannya melawan Zeke, dia tidak berada dalam kondisi yang sempurna untuk menghadapi Eren dan ribuan Colossal Titans.

Levi harus kehilangan dua jaringan dan terluka sangat parah dalam pertarungan sebelumnya. Keputusannya untuk tetap bertarung dalam kondisi yang sangat parah, justru bisa menjadi bumerang baginya – yang paling buruk adalah tewas. Dan kematian Levi bisa dipastikan akan banyak menghancurkan hati para fans.

Reiner

Belum lama ini, Reiner mengungkapkan keinginannya bahwa dia sangat ingin mati. Dia hampir saja mengakhiri hidupnya sendiri dan berada dalam sebuah situasi yang mana dia bisa saja tewas seketeika. Meskipun dia sudah setuju untuk menggabungkan aliansi yang dia buat dan menghentikan Rumbling bersama-sama, bukan sesuatu yang mengejutkan bahwa salah satu alasan dia melakukan hal itu karena dia memang ingin tewas.

Ketika peristiwa Rumbling membutuhkan pengorbanan seseorang untuk bisa menahannya selama beberapa detik, dia akan menawarkan dirinya untuk melakukan hal tersebut sebelum Hange menghentikannya. Reiner mungkin akhirnya akan mendapatkan kesempatan yang dia inginkan untuk tewas sebagai seorang pahlawan, terutama ketika dia harus menyelamatkan keponakan kecilnya.

Historia

Meskipun Historia adalah salah satu karakter yang banyak mendapatkan sorotan di awal serinya, sang ratu Paradis akhir-akhir ini kurang mendapatkan sorotan seperti dulu. Para fans sudah berspekulasi bahwa dia kemungkinan akan tewas saat melahirkan dan sepertinya sudah waktunya bagi Historia untuk “kembali.” Para penduduk Eldian sendiri sekarang lebih melirik Eren sebagai pemimpin mereka dan bukan Historia.

Maka, rasanya masuk akal jika kemudian Eren menjadi raja baru mereka. Hajime Isayama sendiri sudah mengungkapkan apa yang bisa dinantikan oleh para fans di panel terakhir serinya. Seorang pria, yang banyak fans spekulasikan bahwa itu adalah sosok Eren, akan memegang seorang bayi sambil mengatakan “kau bebas sekarang.”

Meskipun belum ada konfirmasi bayi siapa yang dipegang oleh pria tersebut, besar kemungkinan itu adalah anak dari Historia, dan ironisnya bayi tersebut kemungkinan tidak akan mengetahui tentang sosok ibunya karena dia sudah tewas.

Eren Yaeger

Karena sang protagonis utama serinya sudah menjadi musuh besar bagi setiap bangsa, cerita akhir Attack on Titan kemungkinan akan menghadirkan dua kemungkinan cerita akhir antara Eren Yaeger yang akan tewas, atau semua bangsa kecuali Paradis akan hancur. Buat Geeks yang membaca manganya pasti tahu bahwa alasan Eren memulai peristiwa Rumbling adalah karena dia melihat masa depan, dan dia ingin masa depan tersebut terwujud.

Setiap hal yang dia lakukan selama bertahun-tahun, semuanya dilakukan demi satu tujuan yang sampai saat ini masih belum diketahui. Tentunya akan sangat mengejutkan banyaka fans jika kemudian salah satu hal yang dia lihat di masa depan tersebut adalah kematiannya sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.