Salah satu topik perdebatan paling hangat di kalangan para fans seri Naruto adalah siapa karakter yang dianggap cocok untuk menjadi Hokage selanjutnya, menggantikan posisi Naruto Uzumaki. Naruto Uzumaki akhirnya mewujudkan mimpinya sejak kecil untuk menjadi seorang Hokage, seperti yang diperlihatkan di seri Boruto: Naruto Next Generation. Naruto kini menjadi Hokage ketujuh menggantikan posisi Hatake Kakashi.

Sebagai seorang Hokage, artinya Naruto harus rela menjadi pelindung bagi seluruh penduduk Konoha – bahkan mungkin seluruh penduduk desa ninja lainnya. Naruto harus rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk pekerjaannya, dan inilah yang sedang dilakukan oleh Naruto saat ini. Seperti yang diperlihatkan di beberapa chapter kemarin, Naruto beserta Sasuke dan Boruto harus menghadapi rintangan berat bernama Isshiki Otsutsuki.

Demi mengalahkannya, Naruto kemudian mengaktifkan mode Baryon. Tapi, seperti yang dijelaskan Kurama bahwa mode pamungkas ini bisa membunuh Naruto. Dan di chapter 52 kita sudah melihat bukti dari perkataan Kurama, dimana chakra Naruto sudah berkurang drastis. Itulah yang kemudian memunculkan asumsi bahwa Naruto kemungkinan akan tewas dalam pertarungan ini.

Meskipun banyak spekulasi bahwa sosok yang akan menggantikan posisi Naruto menjadi Hokage adalah Sasuke, atau bahkan Kakashi yang kembali menjabat posisi ini, tapi nyatanya ada juga peluang yang dimiliki oleh mantan rekan satu timnya yang lain yaitu Haruno Sakura. Sakura adalah sosok yang mungkin banyak dibenci para fans, tapi peluang Sakura menjadi Hokage tidaklah nol.

Sasuke memang berpeluang besar menjadi pengganti Naruto, namun kita semua tahu bahwa dia masih mencoba menebus kesalahannya yang lampau setelah dia berusaha menghancurkan Konoha. Lagipula, Sasuke bukanlah sosok yang senang untuk duduk-duduk saja di sebuah ruangan. Dia lebih senang bergerak dan berpetualang. Sasuke bukanlah sosok yang senang dengan pendekatan diplomasi.

Bagaimana dengan Kakashi? Kakashi sudah berbuat banyak sebagai shinobi Konoha. Saat ini, dia sedang menikmati masa pensiunnya dengan nyaman. Jadi, rasanya akan terkesan dipaksakan bila Kakashi kemudian kembali ke tugasnya sebagai Hokage. Lagipula, hal itu pernah diperlihatkan di seri Naruto, ketika Hiruzen Sarutobi kembali menjadi Hokage menggantikan Minato yang tewas karena serangan Kurama.

Inilah yang kemudian membuat Sakura menjadi kandidat yang dirasa tepat. Ada beberapa alasan mengapa Sakura dirasa pantas untuk menjadi pemimpin Konoha selanjutnya. Dia saat ini memiliki tugas sebagai pemimpin, dengan menjadi kepala tim medis Konoha. Dia juga menjadi kepala medis saat perang besar Shinobi melawan Kaguya. Sakura berkorban banyak hal dalam peristiwa epik tersebut, selain menyembuhkan luka para shinobi aliansi, dia juga mengorbati Sasuke dan Naruto. Sakura sendiri bahkan rela chakranya terkuras habis untuk hal ini.

Memang, pasca kejadian tersebut Sakura jarang melakukan misi apapun karena dia berdedikasi menjadi seorang ibu rumah tangga. Namun, dia tetap pada tugasnya sebagai kepala medis Konoha. Baru-baru ini Sakura diperlihatkan melatih kekuatan baru Sarada, yang mana dalam hal tersebut membuktikan bahwa Sakura masih menjadi sosok shinobi yang tangguh.

Kita juga tahu bahwa Sakura adalah sosok “kembar” dari Tsunade Senju. Sakura belajar banyak dari sosok Tsunade, bahkan Sakura sendiri berhasil melampaui kemampuan Tsunade. Tsunade sendiri adalah Hokage kelima, yang mana artinya ketika Sakura menjadi Hokage maka hal itu akan membuat semuanya kembali seperti semula siklusnya (full-circle).

Memilih Sakura menjadi Hokage juga akan menunjukan sisi feminisme di seri Boruto. Contohnya, ketika Sakura menjadi Hokage maka kemungkinan Shikamaru akan beristirahat sebagai penasihat Hokage. Ino, Hinata, dan Temari yang akan menjadi pengganti Shikamaru. Sama seperti Sakura, kebanyakan para shinobi wanita di Konoha banyak yang memilih menjadi ibu rumah tangga.

Dibandingkan Tsunade dulu, cara pendekatan Sakura dirasa lebih hangat yang mana hal itu bisa meningatkan diplomasi Konoha, mengingat diplomasi adalah aspek penting di era damai seperti sekarang. Meskipun belum ada konfirmasi mengenai hal ini, tapi bisa jadi sebenarnya Tsunade selain mempersiapkan Sakura menjadi sosok shinobi hebat, dia juga mempersiapkan Sakura menjadi sosok pemimpin Konoha suatu hari nanti.

Sakura adalah karakter yang dibenci dan kurang begitu disukai banyak fans, dan menjadikannya sosok Hokage akan “membantah” itu semua. Menjadikan Sakura sebagai Hokage juga akan membuat Sarada semakin termotivasi untuk menjadi Hokage. Selama ini, Sarada selalu mengagumi sosok Naruto, namun dengan ibunya menjadi Hokage, sosok idola Sarada akan berubah.

Dan dari segi romantisme sendiri, dengan Sakura menjadi Hokage maka dia akan memiliki waktu banyak untuk bersama Sasuke yang merupakan “wakil Hokage.” Kesimpulannya adalah Sakura bisa jadi kandidat kuat menggantikan Naruto sebagai Hokage. Seperti yang Naruto pernah ungkapkan tentang Sakura, dia bukanlah sososk shinobi yang lemah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.