Diantara keempat Yonko yang ada, Kaido adalah salah satu yang terkuat. Dia diketahui sebagai “makhluk paling kuat yang ada di dunia.” Hal ini dibuktikan juga melalui nilai buruannya yang mencapai 4,611,100,00 Belly, yang mana dia menjadi bajak laut paling tinggi nilai buruannya saat ini – setelah Whitebeard dan Roger tewas.

Sebagai salah satu anak buah dari kelompok bajak laut Rocks D. Xebec, Kaido pernah berusaha untuk menantang Whitebeard – yang juga rekan di kelompok Rocks – untuk bertarung. Hanya sedikit orang yang berani melakukannya. Kaido juga sering bertarung melawan Shanks. Di masa kejayaannya dulu, Gecko Moria pernah bertarung melawan Kaido dan dia harus merasakan kekalahan dari Kaido, bahkan seluruh krunya harus hancur di tangan Kaido.

Kaido juga berhasil menghancurkan salah satu Worst Generation terbaik, Eustass Kidd, yang nilai buruannya 470.000.000 Belly, dengan sangat mudah. Kaido merupakan sosok yang memiliki tekad kuat, seperti yang diperlihatkan dalam pertarungannya melawan Luffy, dia tidak terpengaruh oleh Haki penguasa Luffy. Yang menjadi “ciri khas” dari Kaido adalah kuatnya pertahanan tubuhnya, meskipun tanpa menggunakan Armament Haki.

Ada banyak bukti mengenai hal tersebut, misalnya ketika dia bertarung melawan Big Mom dan setelah pertarungan tersebut dia sama sekali tidak mengalami luka sedikitpun. Red Scabbards, yang mengeluarkan seluruh tenaga dan kemampuan mereka, berhasil membuat Kaido menjerit dan terluka. Namun, kembali, luka yang dihasilkan oleh Red Scabbards nyatanya tidak berpengaruh banyak terhadap Kaido.

Kaido mampu bertahan menghadapi serangan Boro Breath miliknya sendiri setelah teknik Maki Maki milik Raizo memantulkan serangannya balik ke arah Kaido. Semua serangan-serangan Red Scabbards diterima oleh Kaido, namun tidak ada satupun serangan yang membuatnya terluka. Inilah mengapa kemudian Kaido mendapatkan reputasi dari banyak orang sebagai makhluk yang susah mati, makhluk yang abadi.

Diketahui Kaido pernah dieksekusi dan disiksa puluhan kali, namun semuanya tidak ada yang berhasil. Dia pernah melompat dari ketinggian 10.000 meter, tapi dia hanya merasakan sakit kepala. Efek gelombang kejut yang dihasilkan ketika Kaido terjatuh membuat sebuah kapal tenggelam. Dengan semua kelebihan dan kedahsyatan Kaido, pertanyaanya kemudian bagaimana Luffy akan bisa menghadapi Kaido?

Dalam salah satu wawancara, Eiichiro Oda sempat mengatakan bahwa dia tidak tahu bagaimana carany memenangkan pertarungan terebut karena Kaido sangat kuat: “ketika Kaido muncul untuk pertama kali, aku mengatakan bahwa Luffy masih belum cukup kuat untuk bisa menghadapi karakter tersebut. Aku juga belum tahu bagaimana cara Luffy mengalahkannya. Mungkin para pembaca tidak akan puas jika alasan mengalahkan Kaido adalah karena serangan Luffy sangat kuat. Luffy dan aku harus mencari sebuah solusi lain.

Pertarungan melawan Kaido mungkin akan menjadi pertarungan tersulit lainnya yang akan dihadapi oleh Luffy di sepanjang seri One Piece, setelah sebelumnya dia harus mengalami kesulitan menghadapi Katakuri. Luffy sendiri sekarang sudah memiliki kemampuanm Ryuo, yang diharapkan mampu untuk menembus pertahanan kuat Kaido.

Tapi, seperti yang disampaikan oleh Oda, mungkin para fans tidak akan puas jika kemudian hanya melihat Luffy menghajar dan mengalahkan Kaido. Mungkin harus ada sesuatu lainnya yang harus disiapkan oleh Oda Sensei dalam pertarungan tersebut. Hal apa yang akan dipersiapkan oleh Oda Sensei dalam pertarungan ini? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.