Setelah Peter Parker digigit oleh laba-laba radioaktif, ia memiliki kemampuan layaknya laba-laba. Peter memiliki kemampuan di atas manusia rata-rata seperti kecepatan, kelincahan, menempel di dinding, dan memiliki kepekaan spider-sense. Tapi nih Geeks dalam buku komik, ada momen saat Peter kehilangan kemampuan laba-labanya yang luar biasa. Saat kehilangan kemampuannya, Peter menjadi tak berdaya. Bahkan dalam beberapa kejadian, kondisi tersebut membuatnya dalam bahaya besar. Apa saja moment tersebut? Simak di bawah ini ya Geeks.

Psychosomatic


Kali pertama Spider-Man kehilangan kemampuannya adalah di Amazing Spider-Man Annual #1 yang menampilkan debut tim villain terkenal bernama Sinister Six. Saat itu, Peter Parker merasa putus asa karena kehilangan Uncle Ben, dan Peter merasa bertanggung jawab atas kematiannya. Peter lantas meragukan dirinya sendiri. Kemudian, Peter kehilangan kemampuan tersebut setelah ia berharap agar tidak mendapatkan kemampuan itu. Namun, ketika nyawa Betty Brant terancam dan Peter Parker dalam bahaya, kemampuan Peter Parker kembali, dan ia menjalani kembali hari-harinya sebagai Spider-Man.

Virus Flu

Spider-Man memang memiliki sejarah yang kelam saat bertarung dengan Doctor Octopus. Pasalnya, Spider-Man beberapa kali mengalami kekalahan. Kekalahan pertamanya dari ilmuwan dengan banyak kaki tersebut diperlihatkan dalam komik The Amazing Spider-Man #12. Setelah Aunt May memperingatkan bahwa Peter terkena flu, Peter menyadari bahwa karena flu tersebut, dia sekarang lebih sulit menempel di dinding. Saat melakukan pertempuran dengan Doctor Octopus, Peter masih menderita penyakit flu tersebut, yang menyebabkan Peter pada akhirnya kehilangan kemampuannya dan kalah dari Doctor Octopus.

Gas Green Goblin

Persaingan antara Green Goblin dan Spider-Man semakin menjadi terutama setelah identitas mereka berdua terbongkar. Pada akhirnya persaingan antara mereka berujung dengan kematian memilukan dari Gwen Stacy. Sebelumnya, Green Goblin sempat mencoba menguji senjata baru berupa gas yang ia gunakan untuk melawan Spider-Man di komik The Amazing Spider-Man #98. Gas tersebut dapat merembes masuk ke dalam kostum Spider-Man dan membuat Spider-Man kehilangan kemampuannya untuk menempel di dinding. Untungnya, Spider-Man kembali mendapatkan kemampuannya dan mampu mengalahkan Green Goblin.

Serum Laba-Laba

Ketika Gwen Stacy kembali hidup, Peter terpaksa membuat keputusan sulit di komik Amazing Spider-Man #100. Peter tahu dia tidak bisa hidup bahagia bersama Gwen saat masih menjadi Spider-Man, karena Gwen menyalahkan Spider-Man atas kematian ayah Gwen. Peter kemudian memutuskan untuk menyerahkan hidupnya sebagai Spider-Man dan menciptakan ramuan yang dia yakini akan menghapus kekuatan laba-laba miliknya. Dia meminumnya tanpa melalui uji tes dan pingsan selama semalam. Namun ketika terbangun, Peter dikejutkan dengan empat tangan ekstra di tubuhnya. Ia kemudian mampu menghilangkan lengan tersebut berkat serum yang dibuat oleh The Lizard.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2