Sejak pertama kali Yamato diperkenalkan dalam cerita One Piece, sosoknya memang sudah merebut banyak perhatian para fans. Bagaimana tidak, Yamato adalah salah satu plot twist terbesar dalam seri ini. Yamato adalah anak perempuan dari Kaido, yang selalu dianggap sebagai anak laki-laki. Hidup Yamato tidaklah sebebas dan semenyenangkan orang lain, dimana dia sudah dipenjara sedari kecil.

Yang unik dari sosok Yamato adalah dia justru bersimpati kepada Kozuki Oden, yang notabene adalah musuh ayahnya. Yamato begitu terobsesi kepada Oden, bahkan sampai-sampai dia mengaku sebagai Oden dan bahkan dia memiliki jurnal yang pernah ditulis oleh Oden. Berbicara mengenai jurnal dari Oden, ada hal menarik di chapter 995 kemarin yang juga ada kaitannya dengan Yamato.

Seperti yang kita ketahui di chapter 995 kita melihat bagaimana Yamato berusaha menyelamatkan Shinobu dan Momonosuke yang sudah tidak berdaya menghadapi pasukan Sasaki. Sasaki sendiri mencoba berdiskusi dengan Yamato, agar dia menyingkir dari area pertarungan. Sasaki terus berusaha meminta dengan baik kepada Yamato karena mungkin dia masih menghormati Yamato.
Namun, Yamato terus menolak dan terus melawan. Shinobu dan Momonosuke sendiri sempat mengatakan kepada Yamato untuk menyelamatkan dirinya dan melupakan mereka berdua. Kembali, Yamato menolak hal tersebut dan mengatakan bahwa Momonosuke harus tetap hidup, bagaimanapun caranya. Karena menurut Yamato, Momonosuke adalah orang yang akan memandu seluruh Wano dan dunia menuju fajar yang baru.

Dan berbicara mengenai fajar yang baru, hal ini disebutkan di dalam jurnal milik Kozuki Oden. Oden menceritakan semua hal, termasuk adanya seseorang yang akan menjadi sosok penting untuk menghadirkan cahaya baru kepada dunia ini. Ini artinya, Momonosuke tidak akan tinggal di Wano pasca arc ini selesai, karena dia perlu bersama dengan Luffy untuk membawa fajar baru bagi seluruh dunia.

Selain Momonosuke, mengingat Yamato sekarang mengabdikan dirinya untuk Momonosuke, artinya Yamato juga akan ikut bersama Momonosuke berlayar menjadi bagian dari kru Luffy. Mungkin keterlibatan Yamato disini tidak sebagai kru Topi Jerami. Lebih tepatnya sebagai “anggota kehormatan” seperti yang terjadi kepada Kinemon, sebelum arc Wanokuni dimulai.

Teori ini bisa mendukung teori lainnya yang menyebutkan bahwa Momonosuke memang akan bergabung dengan kru Luffy. Bedanya, di teori lain disebutkan bahwa bergabungnya Momo ke kru Topi Jerami disebabkan oleh mencari pengalaman, sebelum kemudian dia kembali dan mengambil alih kekuasaan Wano. Lagipula, Momo mungkin bisa menjadi sosok “Oden” di kru Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.